Sukses

Viral Emak-Emak Kompak Tangkap Ular Piton di Perkebunan, Sukses Bikin Warganet Terheran-heran

Beragam cerita tentang emak-emak di media sosial selalu sukses mencuri atensi publik. Salah satunya datang dari sebuah video yang mengabadikan emak-emak yang kompak menangkap ular piton di perkebunan.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cerita tentang emak-emak di media sosial selalu sukses mencuri atensi publik. Salah satunya datang dari sebuah video yang mengabadikan emak-emak yang kompak menangkap ular piton di perkebunan.

Momen tersebut diabadikan dalam sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @paridaharun. Video berdurasi 50 detik itu menunjukkan para ibu yang bekerja di perkebunan gotong-royong berupaya menangkap ular piton.

Salah seorang ibu tampak memegang ekor ular piton dengan santai. Lantas yang lainnya ada yang membawakan karung, ada yang menekan kepala ular agar tak bergerak, sembari emak lainnya berupaya mengangkat tubuh ular tersebut dan memasukkannya ke dalam karung.

"Guys, kami dapat ular guys. Itu kepalanya guys," kata perekam video.

Aksi kompak emak-emak menangkap ular piton ini juga dijalani dengan semangat dan penuh tawa. Setelah selesai menangkap, mereka pun tertawa bahagia sambil bertepuk tangan.

Video tersebut sontak menjadi perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang terheran-heran dan kagum dengan aksi emak-emak ini.

"Bener ras terkuat di bumi emak emak," tulis salah seorang warganet.

"🐍 : hadeh ilang harga diri gw😭," lanjut lainnya.

Warganet lain menambahkan, "nangkap ular kek nangkap ayam😭."

"baru kali ini lihat emak-emak nangkep ular, seumur hidup baru kali ini," kata seorang warganet yang terheran-heran.

Komentar lainnya berbunyi, "Sepertinya ibu-ibu ini sudah biasa dengan keberadaan ular😁."

"Ular pun tunduk sma ras terkuat di bumi," tambah warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Emak-Emak Bawa Timbangan Usai Petugas Damkar Evakuasi Ular Piton

Sebelumnya, sebuah kejadian unik terjadi saat evakuasi ular piton di sebuah permukiman di Depok, seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @arifdamkar_ pada Senin, 4 September 2023. Akun TikTok yang diketahui dimiliki seorang petugas damkar bernama Arif ini semula hanya ingin membagikan momen ketika ia dan tim dari pemadam kebakaran berhasil menangkap seekor ular piton berukuran besar.

Video tersebut memperlihatkan bagaimana mereka berupaya keras untuk mengevakuasi ular dari kawasan pemukiman. Tak disangka, setelah ular piton tersebut berhasil diamankan dan dimasukkan ke dalam karung, sebuah kejutan datang dari seorang emak-emak. Ia datang dengan percaya diri sambil membawa timbangan, seperti yang biasa digunakan untuk menimbang bahan-bahan kue di rumah.

Dengan langkah cepat, emak-emak yang mengenakan baju berwarna kuning tersebut meletakkan karung berisi ular piton di atas timbangan. Semua mata yang ada di lokasi seketika tertuju pada jarum timbangan yang bergerak dan menunjukkan angka sekitar 5 kilogram.

3 dari 4 halaman

Suguhkan Es Teh dan Gorengan

Ternyata, rasa penasaran emak-emak tersebut bukan tanpa alasan, ia tampak sangat ingin tahu seberat apa ular piton yang berhasil ditangkap. Tentu saja, momen ini menjadi salah satu bagian yang mencuri perhatian dan membuat video tersebut menjadi lebih menarik di mata warganet.

"Emang ada bae kelakuan ibu² kalau kita lagi kerja," tulis akun tersebut pada unggahannya.

Tak hanya berinisiatif membawa timbangan, emak-emak yang berdomisili di dekat lokasi evakuasi ular juga memberikan es teh untuk petugas pemadam kebakaran. Minuman yang tersaji dalam kantong plastik itu ditemani dengan aneka gorengan yang tersaji di sebuah piring.

Perilaku emak-emak tersebut dengan cepat menjadi sorotan bagi netizen. Banyak dari mereka yang merasa terhibur dengan tindakan spontan dari emak-emak tersebut.

"Ditimbang biar lebih seru kalo ngerumpi ama desa sebelah," tulis salah satu akun di kolom komentar.

"Tadi di rumah tetangga ada uler gede banget, beratnya se anak elu"," tulis warganet lain.

"Baru kali ini nemu ular yang dibahas "berapa kilo mak?" biasanya "berapa meter tuh ularnya 😂" ungkap akun lainnya.

4 dari 4 halaman

Banyak Ular di Plafon

Evakuasi serupa juga pernah dilakukan petugas damkar lain dalam kesempatan berbeda. Berdasarkan laporan dari kanal Citizen6 Liputan6.com, pengguna TikTok dengan akun @baju_skoda mengunggah video yang menunjukkan petugas kebakaran sedang mengevakuasi ular di plafon rumah milik warga. 

Video berdurasi 1 menit 31 detik yang diunggah pada Minggu, 12 Februari 2023, itu awalnya memperlihatkan detik-detik seekor ular piton berukuran besar yang menjuntai dari plafon sebuah rumah, yang kemudian terlihat beberapa pemadam kebakaran menarik ular tersebut dengan alat bantu.

Dari plafon yang setengah bolong, tampak ekor ular yang menggantung. Petugas damkar segera mengambil alat khusus mereka untuk menangkap ular tersebut. Plafon sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan parah dan tidak stabil.

Saat petugas mencoba menarik ular itu, tak diduga plafon rumah malah ambruk. Tapi, kejutan sesungguhnya adalah saat terungkap bahwa di dalam plafon bukan hanya ada satu ular, melainkan ada dua ular piton sekaligus dengan ukuran yang mengejutkan.

Ular pertama, yang ekornya tampak pertama kali, belum sempat jatuh ke lantai ketika plafon runtuh karena ditahan oleh petugas. Namun, saat petugas memilih untuk mundur, ular tersebut jatuh dan terguling di atas kasur yang ada di ruangan itu. Sementara itu, ular kedua tampak mencoba merayap keluar dari reruntuhan plafon.

Mereka menarik badan ular pertama, dan dengan hati-hati membawanya keluar ruangan. Ular raksasa itu kemudian diamankan dalam kandang besi yang telah disiapkan, sementara tim lain bekerja untuk menangani ular kedua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.