Sukses

Soraya Haque Ajak Warganet Donasi Koper Bekas untuk Tempat Tidur Anjing di Penampungan Hewan

Artis dan model senior Soraya Haque punya solusi bagi Anda yang punya koper bekas. Ia memilih mendonasikan koper-koper bekasnya untuk dijadikan tempat tidur anjing.

Liputan6.com, Jakarta - Barang bekas seperti koper ternyata bisa menjadi barang yang berguna. Daripada dibuang atau ditaruh di gudang, artis dan model senior Soraya Haque punya solusi lain. Ia lebih memilih mendonasikan koper-koper bekasnya untuk dijadikan tempat tidur anjing.

"Donasi koper-koper bekas untuk tempat tidur anjing! 🐶 @erika_kusuma @rainbowsanctuary_indonesia," tulis Soraya dalam unggahan di akun Instagramnya @sorayahaque pada 22 September 2023. 

Unggahan yang sama juga dibagikan di akun TikTok @belmiroallie pada tanggal yang sama. Dalam unggahannya, wanita yang akrab disapa Aya ini terlihat mengumpulkan beberapa koper bekas yang sudah tidak digunakan lagi bersama putranya, Belmiro Allie Soekarno.

Koper-koper itu dimasukkan ke dalam mobil untuk dikirim ke Yayasan Rainbow Sanctuary di kawasan Bogot, Jawa Barat. Yayasan itu merupakan tempat penampungan hewan yang merawat ratusan ekor anjing.

Selain koper, kakak dari Shahnaz Haque dan adik dari Marissa Haque itu juga menyumbangkan makanan anjing. Saat sampai di Yayasan yang dikelola Erika Kusuma Wardani itu, koper-koper yang ada dibersihkan dan disusun dengan rapi dalam posisi terbuka.

Setelah itu koper diberi alas kain lalu tiap koper dinamai anjing yang akan menggunakan koper sebagai tempat tidur mereka. Setelah semua koper diberi nama dan alas kain, anjing-anjing yang ada di yayasan itu pun masuk ke dalam koper yang sesuai nama mereka untuk tidur dan beristirahat.

Dengan punya tempat tidur, anjing-anjing di sana tidak berkeliaran ke sembarang tempat dan tentunya mereka berada di tempat yang lebih aman. Unggahan itu mendapat banyak pujian dari warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyumbang Koper dan Selimut

"Trimakasih infonya Mba Soraya , sy mau ikutan juga nyumbang koper dan selimut kesana ...😍😍😍," komentar seorang warganet.

"Semoga anjing-anjing di sana bahagia menerimanya!🐾🦴,” kata warganet lainnya.

"Masyaa Allah, Mbak Aya.. Makasih ya, sudah peduli sama mereka," komentar warganet yang lain.

"Bagus bgt idenya, Mbak Aya @sorayahaque, saya terinspirasi dan semoga banyak lagi yg terinspirasi 🙏♥️," ujar warganet lainnya.

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Melihat hewan peliharaan duduk menunggu Anda di balik pintu saat jam pulang kantor, membuat siapa saja kembali bersemangat.

Terlebih lagi mata polos anjing atau kucing peliharaan Anda bisa dengan mudah meluluhkan hati Anda dan bisa dengan mudah memanipulasi Anda untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Namun, secara praktis, menurut dokter hewan, beberapa hal yang Anda lakukan tidak hanya berbahaya bagi Anda tetapi juga bagi hewan peliharaan Anda.

Dilansir dari kanal Citizen6 Liputan6.com, 27 April 2023, meski terasa menyenangkan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan tetapi fakta yang sulit diterima adalah bahwa Anda mengundang bakteri dan lebih banyak lagi hal-hal yang menjijikkan.

3 dari 4 halaman

Keracunan pada Hewan Peliharaan

Vivek Arora, dokter hewan senior di Rumah Sakit Hewan Dr. Gandhi, New Delhi mengatakan  "Bakteri dari air liur anjing dapat menyebabkan infeksi kulit, iritasi, dan respons alergi. Juga bulu anjing memiliki beberapa bakteri, dermatofita, tungau dan kutu, yang biasa disebut 'komensal'. Flora ini dapat menyebabkan berbagai macam infeksi kulit, penyakit imunologis, dan kondisi dermatologis pada manusia," terangnya dilansir dari Times of India.

Bakteri mereka berbahaya bagi kita, tetapi pernahkah Anda menyadari bahwa dengan mereka menjilati Anda, mereka juga menjilati keringat asin Anda dan kosmetik yang bisa menjadi racun bagi mereka?

"Satu pertimbangan penting adalah tidak membiarkan hewan peliharaan menjilat wajah atau bibir kita. Kosmetik yang kita gunakan pada wajah, bibir, dan kulit kita dapat menyebabkan infeksi perut atau bahkan keracunan pada hewan peliharaan. Juga, jika hewan peliharaan memiliki masalah gigi, mereka dapat mentransfer bakteri ke manusia, menyebabkan infeksi," kata Shilpy Minz di Wiggles MyVet.

Anda juga tidak boleh memberi mereka makan dari piring atau tangan Anda. Dr Arora menunjukkan bahwa praktik ini tidak hanya mendorong mereka untuk meminta makanan manusia tetapi juga memberi makan dengan tangan bukanlah kebiasaan yang sehat.

4 dari 4 halaman

Hewan Peliharaan di Tempat Tidur

Jika Anda memanjakan diri dengan membawa hewan peliharaan Anda di tempat tidur atau sofa, pastikan Anda merawat hewan peliharaan Anda setiap hari. Periksa cakarnya setelah hewan peliharaan kembali dari jalan-jalan.

Dr. Arora mendukung beberapa tips penting yang harus diperhatikan jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Jika Anda membawa hewan peliharaan Anda ke tempat tidur maka jangan lupa untuk menjaga kebersihan dasar. Cuci dan posisikan tempat tidur Anda di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri dan juga untuk menghilangkan bau yang dimiliki hewan peliharaan.

Gunakan pula sabun antibakteri untuk mencucinya. Selain itu penting juga untuk Anda menggunakan pembersih wajah anti-bakteri yang baik. Selain itu pemeriksaan gigi secara teratur, vaksinasi, obat cacing, dan menjaga kebersihan yang baik sangat penting untuk hewan peliharaan.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda membersihkan membersihkan kaki dan tubuh hewan peliharaan Anda setelah selesai berjalan di luar rumah untuk menghindari transfer kotoran dan bakteri ke kasur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini