Sukses

Mi Instan hingga Produk Kecantikan di Blibli Jadi Sasaran Belanja Online Favorit Arek-Arek Suroboyo

Di e-commerce seperti Blibli, arek-arek Suroboyo mendominasi beberapa kategori.

Liputan6.com, Surabaya - Belanja online kini bertransformasi menjadi kebiasaan yang begitu melekat di masyarakat. Begitu pula dengan arek-arek Suroboyo, sapaan akrab bagi orang-orang Surabaya yang menyasar ragam barang kebutuhan sehari-hari sampai produk kecantikan secara daring.

Di e-commerce seperti Blibli, arek-arek Suroboyo mendominasi beberapa kategori. AVP of Branch Surabaya, Blibli, Didi Tjandra menyebut beberapa alasan mereka belanja di Blibli. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan untuk menyambut ulang tahun ke-12, pihaknya mengklaim konsumen di Kota Pahlawan suka belanja online di marketplace tersebut karena produknya orisinal alias asli.

"Produk-produk yang dijual di Blibli 100 persen dijamin originalitasnya. Kalau misalnya ada barang-barang ditemukan tidak ori, bisa langsung ke customer care nanti cepat ditindaklanjuti. Banyak banget customer experiencenya bagus. Mereka tidak ragu belanja karena proses retur cepat," kata Didi dalam "12 Serba Serbi Rahasia Layanan Blibli di Surabaya" di The Gourmet Kitchen, Galaxy Mall 3 Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 26 Juli 2023.

Didi menjelaskan alasan lain yang mendukung semangat konsumen berbelanja adalah barang yang cepat sampai setelah dipesan. Hal tersebut didukung dengan fitur e-commerce ini yang dinamai "2 jam sampai".

"Barang-barang yang ada di gudang, kita garansi pengiriman dua jam sampai. Biasanya kalau buka aplikasi Blibli cari barang ada keterangannya dua jam sampai, kita jamin barang akan sampai maksimal dua jam," terangnya. Lantas, produk apa saja yang banyak dicari arek-arek Suroboyo ketika belanja online di Blibli?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produk Favorit Konsumen di Surabaya

Didi menyebut kategori favorit saat belanja di Blibli ada di Bliblimart. Konsumen mendominasi belanja online kebutuhan sehari-hari.

"Sembako dan bumbu masak ini adalah barang-barang favorit yang dibeli di kategori Bliblimart. Top product bahan pokok ada tisu, mi instan, beras, gula," katanya.

Kategori favorit lainnya ada pada fitur bayar tagihan, top-up e-money, HP, serta tablet. Didi menyebut, kategori kesehatan dan kecantikan turut masuk dalam daftar favorit konsumen yang berbelanja online.

"Surprisingly, trennya naik terus juga. Belakangan, barang-barang kecantikan juga jadi tren yang lumayan growth," ungkapnya

Di sisi lain, pihaknya juga menghadirkan layanan nilai tambah bagi konsumen, seperti 15 hari garansi retur barang serta customer care 24/7 yang telah menerima 85 penghargaan. Layanan lainnya terdiri atas gratis ongkos kirim, complete payment method, seperti nol persen cicilan, e-wallet, Blibli Tiket Paylater, dan tukar tambah.

3 dari 4 halaman

Alasan Berbelanja di Blibli

Didi menerangkan alasan lain konsumen di Surabaya suka belanja online harian di Bliblimart, yakni karena harga dan promosi menarik, termasuk gratis ongkos kirim (95 persen), kemudahan dan keamanan pembayaran (80 persen), kualitas produk terjamin (74 persen), dan beragam pilihan pengiriman, termasuk pengiriman cepat (61 persen). Ia juga menyebutkan value yang didapatkan konsumen yang berbelanja di Blibli.

"Value of money, kita terintegrasi belanja di Blibli dapat poin yang bisa dipakai di aplikasi Ranch Market dan Tiket.com," katanya.

Selanjutnya adalah value of quality, yakni beragam produk segar melalui ekosistem seperti click and collect. Opsi ini memberi kemudahan konsumen untuk berbelanja selalui preferensi.

Terakhir, value of time, seperti pengiriman dua jam sampai dengan barang sesuai kebutuhan. "Mereka biasanya urgent butuh barang ini cocok banget menjawab kebutuhan konsumen yang butuh praktis," tambahnya.

Didi menyebut, "Kami berinovasi memfasilitasi konsumen setia untuk lebih mudah belanja di Blibli. Kita juga bekerja sama dengan mitra bisnis untuk kolaborasi."

4 dari 4 halaman

Sepak Terjang 12 Tahun Blibli

Dikutip dari Saham Liputan6.com, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli mengaku telah melewati sepak terjang dalam berbagai perubahan dan dinamika bisnis. Bahkan, Blibli mengklaim telah memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia hampir 90 persen. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan harian konsumen ritel dan institusi, mitra pemegang merek, para penjual dan mitra usaha lainnya seperti mitra pembiayaan dan logistik. 

CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto menuturkan, pihaknya tidak hanya dapat memberikan dampak positif yang mampu memberikan imbal balik optimal kepada stakeholders maupun shareholders tetapi juga dapat mendorong kemajuan ekosistem perdagangan di Indonesia.

"Saat ini menurut survei yang ada kami secara ekosistem sudah memenuhi hampir 90 persen potensi konsumsi masyarakat indonesia dari hp, elektronik, kecantikan, sport, grocery, digital product, kebutuhan konser kita bisa melayani," kata Kusumo dalam media briefing Blibli Annive12sary di Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. 

Dia bilang, sejak Blibli berdiri 12 tahun lalu, banyak sekali yang berubah. Terutama dunia ini sudah berubah, kebutuhan konsumen sudah berubah, kebutuhan mitra sudah berubah. 

"Untuk itu kami pun harus berubah mengarah ke lebih baik. Banyak sekali solusi-solusi maupun inovasi dari sisi bisnis maupun teknologi yang kami terus lakukan untuk menjawab kebutuhan konsumen," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.