Sukses

Puing Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Bersama Diduga Sisa Tubuh Manusia

Puing-puing kapal selam wisata Titanic yang meledak telah ditemukan bersama "diduga sisa tubuh manusia" dari dasar laut. Hal tersebut disampai United States Coast Guard pada Rabu, 28 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Puing-puing kapal selam wisata Titanic yang meledak telah ditemukan bersama "diduga sisa tubuh manusia" dari dasar laut. Hal tersebut disampaikan United States Coast Guard pada Rabu, 28 Juni 2023.

Dikutip dari CNN, Kamis (29/6/2023), diduga sisa tubuh manusia itu ditemukan "di dalam reruntuhan" kapal selam wisata Titanic. Pengumuman itu datang hampir sepekan setelah pihak berwenang menetapkan kapal selam itu meledak di Atlantik Utara, menewaskan lima orang di dalamnya.

Sisa-sisa diduga tubuh manusia, yang menurut cabang militer akan dianalisis profesional medis AS, adalah bukti yang dibawa kapal selam yang tiba di dermaga Kanada pada Rabu, 28 Juni 2023. Perusahaan yang memiliki kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh itu membawa sisa-sisa Titan ke permukaan, dan saat ini telah "berhasil menyelesaikan" pekerjaan lepas pantai, katanya pada CNN.

Bagian seperti panel putih yang lebih tinggi dari dua pria dan bagian lain berukuran serupa kabel yang dibungkus terpal putih berada di antara puing-puing yang diambil dari kapal pengangkut jangkar Horizon Arktik di dermaga Penjaga Pantai Kanada di St. John's, Newfoundland dan Labrador. Momen itu diabadikan Paul Daly dari The Canadian Press.

Tidak jelas apa potongan-potongan itu. Kapal selam Titan terbuat dari serat karbon dan titanium dengan berat 10.432 kg. Kapal selam tersebut berisi ruang hanya untuk lima orang dewasa, menurut Ekspedisi OceanGate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Ekstrem dan Mahal

Ekspedisi OceanGate adalah operator kapal itu yang menawarkan wisata ekstrem untuk mendekati reruntuhan Titanic yang berusia seabad dengan tarif 250 ribu dolar AS (Rp3,7 miliar) per orang.

Anggota kru telah "bekerja sepanjang waktu selama 10 hari, melalui tantangan fisik dan mental dari operasi ini, dan sangat ingin menyelesaikan misi dan kembali ke orang yang mereka cintai," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pelagic Research Services menunda mengajukan pertanyaan pada US Coast Guard, menambahkan timnya tidak dapat mengomentari atau menginformasikan apapun terkait penyelidikan atas meledaknya Titan. Perusahaan akan mengadakan konferensi pers di pangkalan operasi East Aurora, New York, setelah "tim kami berkumpul kembali," katanya.

Seorang juru bicara Dewan Keselamatan Transportasi Kanada menolak berkomentar pada CNN, mengatakan lebih banyak informasi tentang penyelidikannya akan datang sesuai kebutuhan. Kapal selam OceanGate dan lima penumpangnya mulai turun ke reruntuhan Titanic yang berusia 111 tahun pada Minggu pagi, 18 Juni 2023.

3 dari 4 halaman

Belum Banyak Komentar

Sekitar satu jam 45 menit setelah menyelam, kapal selam itu kehilangan kontak dengan kapal induknya dan tidak muncul seperti yang diharapkan. Tragedi ini memulai operasi pencarian dan penyelamatan multinasional selama berhari-hari yang menarik perhatian dunia.

Pada Kamis, 22 Juni 2023, US Coast Guard mengumumkan bahwa kapal tersebut mengalami "ledakan dahsyat" yang mungkin menewaskan semua penumpang. Kerucut ekor dan puing-puing lain dari kapal selam ditemukan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh.

Selama akhir pekan, cabang militer mengatakan telah mengadakan Dewan Investigasi Kelautan untuk menyelidiki apa yang menyebabkan ledakan itu dan menawarkan kemungkinan rekomendasi untuk "mengejar sanksi perdata atau pidana yang diperlukan."

Dalam siaran persnya, Rabu, 28 Juni 2023, US Coast Guard mengatakan mereka yang bekerja di dewan investigasi sedang mengumpulkan bukti dan mewawancarai para saksi.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan bencana hilangnya Titan dan membantu memastikan tragedi serupa tidak terjadi lagi," kata Kapten Jason Neubauer, yang mengepalai dewan investigasi, Rabu, 28 Juni 2023.

4 dari 4 halaman

Ada Kemungkinan Kecelakaan

Seorang reporter CBS yang bepergian bersama Ekspedisi OceanGate pada Juli 2022 lalu melaporkan bahwa surat pernyataan yang ia tanda tangani menyebutkan kemungkinan kematian sebanyak tiga kali di halaman pertama. Tapi, ia menyebut, pengabaian tidak selalu bersifat tegas.

Bahkan, tidak jarang hakim menolaknya jika ada bukti kelalaian atau bahaya yang tidak diungkap sepenuhnya. Di sisi lain, OceanGate juga dapat berargumen bahwa pihaknya tidak lalai, karena mereka sepenuhnya menggambarkan bahaya yang melekat pada pipa ledeng di bagian terdalam samudra dalam kapal selam seukuran minivan.

Tingkat potensi kelalaian dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi penerapan keringanan, tapi insiden kecelakaan juga bergantung pada penyebabnya, yang masih dalam penyelidikan.

Situs web OceanGate mencantumkan bahwa mereka memiliki tiga kapal selam. Namun, hanya Titan yang mampu menyelam mencapai bangkai kapal Titanic. Titan berbobot 10.432 kilogram dan diklaim dapat mencapai kedalaman hingga 3.962 meter.

Titanic, yang merupakan kapal terbesar pada masanya, menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada 1912. Dari 2.200 penumpang dan awak kapal, lebih dari 1.500 meninggal. Puing-puing kapal Titanic telah dieksplorasi secara ekstensif sejak ditemukan pada 1985.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini