Sukses

Kejutan Manis untuk Seorang Jemaah Haji, Naik Pesawat yang Diterbangkan Anaknya

Perempuan jemaah haji itu tak menyangka anaknya menyambut langsung di pesawat yang ditumpanginya, bahkan menerbangkan pesawat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Perlakuan manis anak kepada ibunya baru saja ditunjukkan seorang pilot pada ibunya yang akan naik haji pertama kali. Dalam video yang viral ditunjukkan bahwa pria yang berprofesi pilot itu diam-diam menyambut ibunya di pintu pesawat saat hendak boarding.

Sang ibu awalnya tak fokus. Wajah perempuan berbusana serba hitam itu pun terkejut mendapati putranya menyambutnya langsung di pesawat. Ia seketika terharu mendapat kejutan manis dari anak lelakinya yang ternyata bertugas menerbangkan pesawat rombongan jemaah haji yang hendak ditumpanginya dari Mesir ke Arab Saudi.

Mengutip laman bnn.network, Selasa, 27 Juni 2023, pilot dimaksud bernama Abdullah Muhammad Bahey. Ia bertugas sebagai co-pilot di maskapai EgyptAir.

"She spent all her life for us…her only dream [was to] to fly with me one day. (Dia menghabiskan seumur hidupnya untuk kami... mimpi satu-satunya adalah untuk terbang bersamaku suatu hari nanti)," tulis Abdullah dalam akun Instagram pribadinya @abdalla_bahey, 22 Juni 2023.

Ia pun berusaha mewujudkan mimpi ibundanya dengan cara tak terduga. Ia mengaku telah bersepakat dengan rekan-rekannya tanpa memberi tahu ibunya.

Pada hari keberangkatan sang ibu, Abdullah mengenakan seragam pilot dan meninggalkan rumah bersama ibunya. Namun, ia mengaku akan menurunkan ibunya di bandara dan kemudian bergabung dengan rekan-rekannya dalam penerbangan EgyptAir ke Kuwait. Faktanya, ia menunggu ibunya di pesawat yang akan mengangkutnya ke Tanah Suci Makkah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelukan Hangat di Pesawat

Begitu tiba di pesawat, sang anak langsung menyambut hangat sang ibu. Sang ibu berulang kali menggelengkan kepalanya tanda tak percaya. Namun, Abdullah hanya tersenyum lebar.

Ia memandu ibunya masuk ke kabin dan berhenti di pojok untuk berbincang sejenak. Abdullah bahkan memeluk hangat dan mencium ibunya dengan sayang.

Setelah video itu diunggah, komentar positif berdatangan dari banyak warganet. Padahal, dia semula hanya memiliki sedikit pengikut. 

"Bismillah, insya Allah, semoga Tuhan melindungi dan memberkati kejutan terindah untuknya, dan untuknya, pencapaian terbesar adalah dia melihat Anda sebagai kapten pesawat yang dia tumpangi," tulis seorang warganet dalam bahasa Arab di kolom komentar.

"Mother's love (kasih ibu)," komentar yang lain.

Abdullah yang berusia 31 tahun mengatakan bahwa ia lulus dari College of Aviation pada 2012 dan bergabung dengan EgyptAir pada 2022. Ia mengatakan telah menunggu 10 tahun untuk mewujudkan mimpinya bekerja sebagai pilot dan juga mewujudkan impian keduanya untuk mengantarkan ibunya menunaikan ibadah haji. Ia pun berterima kasih kepada rekan-rekannya yang telah membantunya mewujudkan mimpi itu. 

3 dari 4 halaman

Jemaah Haji Melaksanakan Wukuf di Arafah

Mengutip kanal Islami Liputan6.com, seluruh jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, tengah melaksanakan wukuf di padang Arafah, pada Selasa, 9 Dzulhijjah 1444 H atau 27 Juni 2023. Sebanyak 209.782 jemaah haji reguler Indonesia telah menempati tendanya masing-masing yang tersebar di 72 maktab di Arafah.

Para jemaah haji akan menjalankan ibadah wukuf dari tendanya masing-masing. Sementara, Amirul Hajj dan sejumlah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melaksanakan wukuf dari masjid tenda Misi Haji Indonesia.

Rangkaian ibadah wukuf ini telah digelar sejak pukul 04.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan diawali sholat subuh berjemaah di tenda masing-masing, kemudian dilanjutkan kajian dan layanan konsultasi manasik, hingga ibadah mandiri. Acara inti dibuka pada pukul 10.45 WAS dengan didahului membaca doa bersama.

Nantinya akan ada sambutan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas selaku Amirul Hajj yang akan disampaikan dari masjid tenda Misi Haji Indonesia. Setelah sambutan-sambutan, akan ada penjelasan tentang tata cara wukuf. Baru setelah itu, khutbah wukuf dijadwalkan disampaikan pada pukul 12.30 WAS atau sekitar 16.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Puasa Arafah dan Keutamaannya

Puasa Arafah menjadi salah satu puasa sunah yang dianjurkan bagi umat muslim yang tidak menjalankan ibadah haji. Puasa Arafah dijalankan pada 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Pemerintah telah memutuskan 1 Zulhijah 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023, melalui sidang isbat yang berlangsung pada 18 Juni 2023. Berarti jadwal puasa Arafah Idul Adha 2023 jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Melansir dari NU Online, Selasa (27/6/2023), keutamaan puasa Arafah ini bisa disimak dalam hadits yang diriwayatkan Abu Qatadah rahimahullah, Rasulullah bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

"Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR Muslim).

Saat hendak berpuasa, kita disarankan mengucapkan niat. Bacaannya adalah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.

Artinya,

Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah ta’âlâ.

Doa buka puasa Arafah

Doa buka puasa Arafah sama seperti doa buka puasa pada umumnya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya,

"Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.