Sukses

Pangeran Abdul Mateen Jadi Sorotan Saat Dampingi Sultan Brunei di KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

Pangeran Abdul Mateen menemani sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah ketika menghadiri KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Putra Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam dikenal kerap mendampingi sang ayah dalam berbagai tugas kenegaraan. Salah satunya ketika Pangeran Abdul Mateen turut menghadiri KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10--11 Mei 2023.

Momen Pangeran Abdul Mateen mendampingi Sultan Brunei terlihat dari unggahan yang ia bagikan di akun Instagram pribadinya. Pangeran berusia 31 tahun tersebut membagikan tiga potret di sela penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo.

"Labuan Bajo, Indonesia 42nd ASEAN Summit," tulisnya singkat dalam unggahan pada Rabu, 10 Mei 2023.

Potret pertama menampilkan Pangeran Brunei tengah berjalan dan berada di belakang Sultan Brunei. Ayah dan anak ini kompak tampil rapi mengenakan setelan jas.

Selanjutnya, Pangeran Abdul Mateen mengunggah potret pemandangan indah Labuan Bajo dengan laut yang biru dan kapal-kapal tengah berlalu-lalang. Potret terakhir dibalut dengan nuansa hitam putih menampilkan dirinya dari sisi samping di antara para pemimpin negara.

Sosok pangeran kelahiran 10 Agustus 1991 itu selalu berhasil mencuri perhatian, termasuk ketika menghadiri KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Potret yang ia bagikan telah disukai lebih dari 179 ribu kali dengan lebih dari 2.200 komentar.

"Assalamualaikum ....selamat petang tuanku @tmski alhamdulillah semoga Allah mempermudahkan urusan Tuanku di Jakarta kirim salam kepada Perdana Menteri kami disana yea Ampun Tuanku ,Daulat Tuanku," tulis seorang warganet di kolom komentar.

"ternyata kita dibawah langit yg sama," tambah warganet lainnya. "UDA SATU NEGARA MAS, masih sulit aja jumpa," tulis lainnya. "Ngopi sini jombang," lanjut warganet. "Mampir kesini sayang, ke jakarta?," timpal warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesan Pangeran Abdul Mateen di Labuan Bajo

Dikutip dari Global Liputan6.com, para pemimpin ASEAN dan pendamping mereka pun tampak antusias karena bisa melepas penat sejenak setelah seharian melakukan pertemuan pada gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo. Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam yang turut berlayar bersama kepala negara ASEAN juga mengaku sangat menikmati perjalanan dengan pinisi Lako Di'a tersebut.

"Kami senang dan ini pertama kalinya kami di Labuan Bajo, jadi kami senang berada di kapal ini melihat sisi berbeda dari KTT ASEAN. Ya sangat bagus, sangat santai terutama setelah pertemuan yang panjang," ujar Pangeran Abdul Mateen.

"Saya tahu Bali sangat terkenal, tetapi Labuan Bajo tidak setenar Bali. Saya pikir KTT ASEAN ini akan menarik lebih banyak orang untuk datang," tambahnya.

Sultan Brunei Darussalam memilih menginap di Nusa Dua, Bali, selama KTT ASEAN 2023. "Delegasi negara tersebut yang memang memilih menginapnya di Bali. Tentunya kita hormati. Jadi, bukan karena terpaksa," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin, 8 Mei 2023.

Pemilihan Bali sebagai alternatif penginapan kepala negara lain selain NTT, menurut Bey Machmudin, juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki konektivitas yang baik.

3 dari 4 halaman

Hadir di Pelantikan Jokowi

Sebelumnya, Pangeran Abdul Mateen turut mendampingi sang ayah di pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019--2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, diselenggarakan dalam upacara kenegaraan pada Minggu, 20 Oktober 2019 lalu. 

Sultan Hassanal Bolkiah langsung menghadiri acara penting bagi Indonesia itu. Ia terlihat berjalan di sayap kanan Gedung Paripurna, tempat duduk para kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan negara-negara sahabat.

Pangeran Abdul Mateen mencuri perhatian dengan tampilan necisnya, berjalan di belakang sang ayah. Anak ke-10 Sultan Hasanal Bolkiah tersebut mengenakan setelan jas berwarna abu-abu tua dengan dasi warna senada.

Ia tak hanya hadir di gedung parlemen, tetapi juga di Istana Merdeka. Pada pagi hari, ia menyambangi Jokowi bersama sang ayah untuk bertukar sapa. Dalam unggahan akun Instagram @sekretariat.kabinet, ia berdiri di samping Sultan Brunei Darussalam yang menandatangani buku tamu.

Kunjungan sang pangeran ke Indonesia bukanlah yang pertama kali. Sultan Brunei juga sempat mengajaknya pada tahun lalu. Saat itu, ia sempat bertanding bulu tangkis bersama Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

4 dari 4 halaman

Sosok Pangeran Abdul Mateen

Dikutip dari Business Insider, Pangeran Abdul Mateen memiliki empat saudara laki-laki dan tujuh saudara perempuan. Dari unggahan potret yang dibagikannya di media sosialnya, ia terlihat senang berolahraga, terbang dengan pesawat pribadi serta memiliki berbagai jenis hewan peliharaan eksotis.

Meski demikian, saat sang pangeran diwawancara oleh majalah dari Thailand, mereka menggolongkan pangeran sebagai orang yang rendah hati dan tidak suka memamerkan kekayaan keluarganya. Ia juga dikatakan sebagai sosok yang suka menghabiskan waktu bersama teman serta kerabat terdekat.

Pangeran Mateen lahir pada 10 Agustus 1991. Ayahnya merupakan Sultan Brunei Darussalam sementara ibunya Puan Hjh Maryam adalah istri kedua sultan.

Pangeran Abdul Mateen merupakan lulusan University of London dan mengambil jurusan School of Oriental and African Studies (SOAS). Pangeran berparas rupawan ini senang menguji nyali dengan beragam kegiatan ekstrem, seperti terjun payung dan menembak. Dalam kesempatan lain, ia juga mengisi waktu dengan bermain polo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.