Sukses

Pemandian Alam Sembahe, Destinasi Wisata di Deli Serdang yang Diterjang Banjir Bandang

Destinasi wisata pemandian alam Sembahe yang berlokasi Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, diterjang banjir bandang pada Minggu, 30 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Destinasi wisata pemandian alam Sembahe yang berlokasi Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, diterjang banjir bandang pada Minggu, 30 April 2023. Banjir bandang Sembahe terabadikan dalam video yang diperoleh Liputan6.com yang menunjukkan debit air tinggi dibarengi arus deras menerjang pondok-pondok yang berada di pinggir sungai.

Sebelum diterjang banjir bandang, Sungai Sembahe menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Senin (1/5/2023), untuk menuju pemandian alam Sembahe dapat ditempuh dengaan kendaraan sekitar 1 jam dari Kota Medan.

Pengunjung kerap mandi dan berenang di Sungai Sembahe. Wisata ini digemari karena arusnya yang tak terlalu besar dan suhu air yang dingin membuat tubuh segar. Kondisi menyenangkan lain juga ditunjang dengan udara yang segar, wilayah yang asri mengingat ini adalah kawasan pedesaan.

Dikutip dari direktoripariwisata.id, Senin (1/5/2023), lokasi pemandian alam Sembahe berada tepat di tepi jalan lintas Medan - Berastagi dengan jarak sekitar 37 km dari Kota Medan dengan kondisi jalan yang sangat baik. Destinasi wisata ini adalah aliran Sungai Betimus yang berhulu di Gunung Sibayak.

Aliran Sungai Sembahe relatif tidak dalam dengan karakteristik bebatuan. Selain itu, ada beberapa pengelola setempat yang menyediakan fasilitas pelayanan pengunjung, sebut saja areal parkir, pondok peristirahatan sekaligus menyediakan tikar untuk disewakan kepada pengunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diterjang Banjir Bandang

Dikutip dari Regional Liputan6.com pada Senin (1/5/2023), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang, Amos F Karo-karo mengatakan, permukaan air Sungai Sembahe naik sejak sekitar pukul 12.30 WIB pada Minggu, 30 April 2023. "Tadi, kita bersama relawan langsung mengingatkan pengunjung untuk naik," kata Amos.

Diterangkan Amos, air berasal dari Kabupaten Karo, karena di kawasan dataran tinggi Sumut tersebut sedang hujan dengan intensitas deras sejak pagi. "Di depan pabrik Aqua (Desa Doulu), air cukup tinggi," terangnya lagi.

Amos menjelaskan bahwa belum ada laporan soal korban jiwa yang diterima BPBD terkait banjir bandang di Sembahe. Saat ini pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lapangan. "Kondisi cuaca di kawasan Sembahe masih hujan gerimis," ungkapnya.

Berdasarkan video yang diperoleh Liputan6.com, tampak 1 unti mobil minibus berwarna putih hanyut terbawa derasnya arus Sungai Sembahe. Terkait video itu, Amos megatakan, "Kita sudah cek. Mobil dalam keadaan kosong," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Imbauan Bobby Nasution

Wali Kota Medan Bobby Nasution turut merespons terkait banjir bandang yang menerjang pemandian alam Sembahe. Suami Kahiyang Ayu ini pun turut mengimbau masyarakat yang berada di bantaran Sungai Deli.

Hal tersebut disampaikan Bobby dalam sebuah unggahan video singkat yang ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu, 30 April 2023. Bobby memulai video dengan mengucapkan salam.

"Hari ini telah terjadi banjir bandang di aliran Sungai Sembahe, yang di mana ini adalah hulu dari aliran Sungai Deli. Oleh karena itu, Sungai Deli yang melintasi Kota Medan, kami mengimbau untuk masyarakat Kota Medan agar mengantisipasi untuk terjadinya luapan air sungai di sekitar dan di aliran Sungai Deli," ungkap Bobby.

Ia kembali menegaskan, "Saya tekankan sekali lagi, untuk masyarakat Kota Medan yang berada di bantaran Sungai Deli untuk bisa mengantisipasi dalam waktu beberapa jam ke depan untuk mencari tempat yang lebih tinggi, terima kasih."

4 dari 4 halaman

Cerita Komika Babe Cabita

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Babe Cabita sempat mengajak anak-anaknya, Bambino Aleki dan Nebula Alena Tanjung, mandi di Sungai Sembahe, Sumatera Utara. Aktivitas mandi di salah satu destinasi pariwasata yang terletak di Kabupaten Deli Serdang ini dilakukan Babe Cabita dan anak-anaknya pada 29 April 2023.

Selang sehari setelah bermain air, bintang film Caleg By Accident dan Epen Cupen The Movie mengabarkan Sungai Sembahe diterjang banjir bandang. Melalui unggahan video di akun Instagram terverifikasinya, Babe Cabita membagikan musibah banjir bandang menerjang destinasi wisata yang dikenal dengan air yang bersih dan suasananya yang sejuk itu.

"Innalillahi wainna ilaihi roziun.. ya Allah baru aja kmaren sore nebula & bambino mandi mandi di sungai sembahe," tulis Babe Cabita sebagai status teks unggahannya di Instagram, Minggu, 30 April 2023.

Babe Cabita berharap musibah banjir bandang di Sungai Sembahe tak sampai merenggut korban jiwa. "dapat kabar skrg disana banjir bandang, semoga ga ada korban jiwa disana," dia menuliskan.

Babe Cabita menunjukkan posisi dirinya bersama anak-anaknya saat bermain air dan mandi di Sungai Sembahe. Ternyata, tempat yang sempat disinggahi Babe Cabita ikut diterjang banjir bandang. 

"Kmaren kita dipondok hijau sebelah kanan yg terbenam itu," tulis Babe Cabita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.