Sukses

Koleksi Busana Lebaran Syar'i dari Si.Se.Sa, Gamis Pastel sampai Sarimbit Keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Raya 2023 Collection," jenama fesyen syar'i Si.Se.Sa merilis koleksi busana Lebaran mereka, pekan lalu. Rangkaiannya kian istimewa karena menandai kolaborasi pertama lini busana syar'i tersebut, menggandeng Instaperfect sebagai partner.

Dijelaskan tiga bersaudara pemilik brand tersebut, Siriz, Senaz, dan Sansa bahwa persiapkan koleksi busana Lebaran kali ini "cukup singkat." "Tapi Alhamdulillah, bersama InstaPerfect, kami bisa menyajikan koleksi yang cukup mengemas berbagai macam warna," kata mereka dalam presentasi koleksinya di bilangan Jakarta Selatan, Kamis, 16 Maret 2023.

Pihaknya terutama mengambil garis besar warna yang jadi ciri khas merek kosmetik tersebut, yakni rose gold dan pink. "Tapi, karena menghadirkan koleksi sarimbit, kami juga menghadirkan warna gelap supaya masih cocok dipakai bapaknya," sambung pihaknya.

Pergelaran busana yang terdiri dari 64 artikel ini dibuka dengan rangkaian gamis warna pastel. Disebutkan bahwa palet warna itu masih diusung sebagai tren pakai Lebaran tahun ini, supaya penampilannya "tidak berat."

Ledakan warna-warna lembut, mulai dari oranye, hijau, biru, mauve, hingga lilac, mendominasi sesi-sesi awal show. Hijab menutupi dadanya pun punya beberapa potongan, termasuk segitiga di bagian bawah maupun asimetris yang memberi kesan flowy.

Tidak banyak aksen yang disematkan untuk menjaga kesan sederhana dalam busana syar'i. Hanya detail ruffle kecil, yang sesekali juga berlapis, di bagian pergelangan tangan atau bawah gamis yang muncul secara berulang.

2 dari 4 halaman

Koleksi Sarimbit untuk Lebaran

Berlanjut, giliran koleksi sarimbit yang mendominasi runway. Dijelaskan bahwa ada enam family set yang mereka hadirkan dalam koleksi ini dengan warna-warna netral, termasuk cokelat, krem, biru, dan hitam.

Tahun ini, merujuk pada permintaan pelanggan, mereka juga menghadirkan busana anak laki-laki dalam koleksi sarimbit. Secara general, motif printing bunga dengan "warna tidak terlalu bunga" jadi gagasan utama visual busana-busana tersebut.

"Kemudian, untuk kerudung anak, kami buat dari bahan kaus, karena mereka kan keringatan, terus suka licin kalau pakai bahan sifon, selain desainnya juga lebih simpel," ucap pihaknya.

Kendati secara garis besar mengusung warna-warna pastel, mereka juga tidak meninggalkan busana berpalet warna gelap. "(Busana) syar'i itu sudah identik sekali dengan hitam, jadi itu pun tidak kami tinggalkan," sebutnya.

Benar saja, beragam koleksi gamis hitam telah diperlihatkan dalam rentetan model. Ada yang polos, namun berdetail ruffle. Ada pula yang desainnya berkilauan sehingga menambah kesan elegan secara visual.

3 dari 4 halaman

Eksplorasi Material Busana

Walau mengaku tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan selama memakai koleksi busana mereka, Si.Se.Sa juga menambah berbagai bahan dalam karya teranyar pihaknya. "Kalau dilihat tadi ada (busana bermaterial) tulle, brokat, organdi, dan rajut," sebutnya. "Sengaja kami padu-padankan, supaya tidak bosan itu-itu saja."

Secara segaram, keseluruhan koleksinya berpotongan longgar, merujuk pada aturan busana syar'i. Beberapa ada yang tampak dilapisi dengan aksen serupa outerwear yang menambah layer dalam penampilan. Namun, kebanyakan hanya mengulang format gamis dan hijab panjang menutupi dada.

Di beberapa potongan, terdapat juga detail bordir yang menambah kesan elegan dalam keseluruhan look busana. Hingga akhirnya, pertunjukan ditutup dengan duta merek Si.Se.Sa, Citra Kirana dan Priska Paramita.

Juga, muse Vinna Karlina, Amelia Natadipura, serta Meggy Wulandari yang berjalan di landasan pacu. Tidak berbeda dari model-model lain, mereka membawakan koleksi busana syar'i dalam potongan gamis berwarna pastel yang tampak lebih lebar di bagian bawah.

4 dari 4 halaman

Satu Paket Busana dan Makeup untuk Lebaran

Terkait kolaborasi dengan Instaperfect, mereka tidak hanya mengambil palet warna khas merek kosmetik itu saja. Kerja sama keduanya bermaksud menggenapkan penampilan para pelanggan di hari Lebaran nan istimewa.

"Jadi, satu paket: baju dan makeup. Setiap pempelian satu set dress koleksi Lebaran Si.Se.Sa akan mendapat satu rangkaian makeup yang terdiri dari lima produk," sebut pihaknya.

Menyambung keterangan itu, Nurul Adriani, Instaperfect and Crystallure brand building, menyebut bahwa rangkaian produk makeup yang dimaksud terdiri dari foundation, powder, lipstik, blush on, dan eyeliner.

"Kami mau mendorong para muslimah tampil percaya diri, terutama saat Lebaran dengan makeup yang glam. Karena itu, kami siapkan paket basic makeup yang bisa menunjang penampilan itu," katanya.

Koleksi Lebaran ini sudah bisa didapatkan di seluruh kanal penjualan Si.Se.Sa dengan harga retail mulai dari Rp4 juta. "Tidak ada sistem PO, semua item koleksi Lebaran kami ready stock," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.