Sukses

Resor Ski Prancis Jadi yang Pertama di Eropa Membuat Larangan Merokok

Les Get di Pegunungan Alpen Prancis jadi resor ski pertama di Eropa yang melarang pengunjungnya merokok di seluruh area komunalnya.

Liputan6.com, Jakarta Tanda larangan berwarna merah dan putih di atas rokok hitam yang menyala yaitu simbol dilarang merokok akan menyambut para penggemar ski dari seluruh dunia di desa kecil Les Gets di Pegunungan Alpen Prancis bulan ini.

Sejak pertengahan Desember 2022 lapangan ski Les Gets dibuka untuk musim bersalju, tempat ini juga menjadi resor ski pertama di Eropa yang buat larangan merokok di seluruh area komunalnya. Mereka mengutip slogan kampanye barunya: Lets Gets "Wilayah tanpa puntung rokok."

"Sudah bertahun-tahun sejak kami mulai membagikan asbak saku gratis dan itu tidak mengubah apa pun (tentang) berapa banyak puntung rokok yang akan kami temukan di akhir musim ski," kata Benjamin Mugnier, direktur pemasaran di resor ski Les Gets dikutip dari CNN, Kamis (22/12/2022). 

Ia menyambung, "Kami mengadakan hari pembersihan musim semi lalu dengan 100 sukarelawan dan setelah melewati gunung, kami menemukan 3 ribu puntung rokok,". Mugnier menambahkan bahwa dia yakin masih ada lagi yang belum mereka temukan.

Saat itulah dia memutuskan untuk menyarankan larangan merokok. Polisi kota akan melakukan patroli di sepanjang landasan, dan mereka yang ketahuan sedang menyalakan lampu bisa didenda.

Resor ski bebas rokok sudah beroperasi di bagian lain dunia, seperti Jepang, Selandia Baru, dan Kanada. Tapi Les Gets termasuk baru, sekitar 32 persen orang dewasa Prancis berusia antara 18 dan 75 tahun diidentifikasi sebagai perokok, menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Prancis, dibandingkan dengan hanya 12,5 persen di AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampah Tumpukan Rokok

Mugnier mengatakan keputusan untuk bebas rokok sulit tetapi perlu. Aturan tersebut pun tidak hanya berlaku untuk pemain ski dan snowboarder, tapi semua pengunjung resor.

Les Gets, yang terletak di Prancis timur dekat perbatasan Swiss, memiliki musim yang aktif sepanjang tahun, dengan aktivitas mendaki, panjat tebing, dan berkemah. Tempat itu juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung 2022.

Meskipun salju dapat menyembunyikan tumpukan puntung rokok selama sebagian tahun, hal itu menyebabkan kejutan yang tidak menarik ketika pencairan salju dimulai pada musim semi. Namun, Les Gets tidak menerapkan larangan merokok total. Pihak resor telah menyiapkan lima zona khusus merokok di bagian atas lift mereka bagi mereka yang mendambakan rasa tembakau selama liburan ski. 

Semua puntung rokok yang dikumpulkan di area ini akan didaur ulang untuk penggunaan energi, kata resor tersebut dalam siaran pers. Tetapi dengan menjadi yang pertama mencoba pendekatan tanpa asap ini, Les Gets berharap dapat memulai tren baru dalam keramahan sekaligus merawat Bumi.

3 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok

Meskipun ada kekhawatiran bahwa beberapa pengunjung mungkin membatalkan reservasi mereka atau tidak kembali tahun depan karena larangan merokok, Mugnier mengatakan hal itu tidak menjadi masalah. Ketika resor memberi tahu tamu yang datang pada putaran pertama tentang larangan baru ini, mayoritas menyatakan dukungannya bahkan para perokok mendukung larangan tersebut.

"Ada beberapa yang mengatakan, 'kami tidak akan datang dan bermain ski dengan Anda,' tetapi mereka bukanlah yang membuat reservasi dengan kami," kata Mugnier.

Sementara itu, salah satu penyakit yang menjadi ancaman bagi seorang perokok berat adalah kanker paru-paru. Lantaran, setiap isapan rokok mengandung banyak racun yang masuk ke tubuh. Untuk perokok berat yang sudah berencana untuk berhenti merokok, Anda bisa menggunakan sejumlah cara.

Mengutip laman Brighside.me, Rabu, 27 November 2022, hal pertama yang bisa dilakukan yaitu tentukan secara jelas kapan Anda akan benar-benar berhenti mengisap rokok. Buat perjanjian dengan diri sendiri, jikapun ingin merokok maka tentukan kapan waktu yang tepat.

4 dari 4 halaman

Mengurangi Keinginan Merokok

Seperti saat sedang stress akibat pekerjaan dan sebagainya, itupun juga harus dibatasi. Kemudian bersihkan rumahm buang semua asbak, korek api, dan rokok yang Anda miliki. Apabila ada orang yang merokok yang tinggal bersama Anda dan tidak akan menyerah, mintalah mereka menghargai pilihan Anda dan cobalah untuk tidak merokok saat mereka berada di dekat Anda.

Jika ada hasrat untuk merokok, maka segeralah ambil segelas air lalu minum. Lalu kurangi konsumsi kopi dan minuman manis lainnya, karena Anda terbiasa minum kopi dengan rokok.

Selanjutnya beri tahu teman atau pengikut di media sosial. Hal ini akan jadi motivasi Anda dan teman menjadi saksi keputusan Anda. Apabila melanggar, tentu akan ada rasa malu.

Coba tantang diri Anda untuk tidak membawa rokok kemana pun Anda pergi, seperti saat pergi ke luar kota Anda meninggalkan rokok di rumah dan tidak membawanya sama sekali. Anda juga bisa mengunjungi rumah sakit terdekat tempat orang dengan kanker paru-paru dan tanyakan apa pendapat mereka tentang merokok karena pengalaman itu akan mengejutkan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.