Sukses

Jessica Iskandar Ungkap Tips Pertama Kali Beri Anak MPASI

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar tengah menikmati masa-masa menjadi ibu muda. Ia pun sedang sibuk mempersiapkan putra keduanya untuk pertama kali menyuapi makanan MPASI Baby Don yang kini hampir berusia enam bulan.

"Ini adalah MPASI pertama Don, lima bulan lebih tiga minggu. Satu minggu lebih cepat dari 6 bulan, karena apa? biasanya kan MPASI 6 bulan tapi sesuai bayinya aja," ujar Jessica Iskandar di kanal YouTube pribadinya, dikutip Minggu (6/11/2022). 

Wanita yang akrab disapa Jedar ini pun menjabarkan syarat-syarat bayi sudah bisa diberikan MPASI. Pertama, ia menyebut jika berat badan bayi sudah dua kali lipat dari bayi lahir. Kemudian syarat kedua jika bayi sudah mulai mengecap saat melihat makanan.

Kemudian di video Jessica memeragakan seperti bayi sedang mengecap dan memberi tahu tanda lain seperti ada keinginan mengambil makanan. Ketiga, dijelaskan wanita 34 tahun itu ketika tulang belakang bayi sudah kuat. 

"Dia sudah kuat saat digendong, tidak begini dan begini (Jessica memeragakan adegan bayi ketika lehernya tidak bisa tegak)," ungkapnya.

Keempat, bayi mulai perlu diberi MPASI ketika susu sudah tidak mencukupi lagi. Hal tersebut dirasakan Jessica dengan melihat kebiasaan tidur sang anak, yang terbangun di tengah malam karena lapar.

"Biasanya setiap malam Don tidur dari jam 7 hingga jam 5 pagi. Tapi sudah tiga hari ini Don sudah bangun di jam 1 dan jam 3," kata istri dari Vincent Verhaag tersebut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menu MPASI

Kemudian Jedar mendudukan Baby Don di kursi bayi sebelum menyuapinya MPASI. Dibantu sang asisten, ia menyiapkan peralatan bayi dengan botol minum dan mangkuknya yang berisi satu sendok ukuran dewasa MPASI yang disebutnya merupakan apple pure.

"You Like it? Gimana enak?," sebut Jedar mencoba berkomunikasi dengan Baby Don.

Dengan lahap Baby Don mengecap dan memainkan sendok di tangannya sambil diarahkan Jessica. "Guys ini kalau kita lihat Baby Don memang udah siap banget MPASI karena dia terlihat exited banget dengan makanan. Ini udah dua sendok dan ini sendok ketiga," tuturya lagi.

Lalu ia memberikan resep apple pure sebagai menu MPASI yang diberikannya untuk Baby Don. Buah apel dikupas dipotong kotak lalu di rebus selama 5 menit hingga matang. Kemudian ditiriskan dan haluskan menggunakan blender hingga jadi pure apple.

Ia juga bercerita alasan memilih apel untuk pertama kali. Menurutnya apel memiliki banyak manfaat seperti bagus untuk pencernaan, lalu ada kandungan fosfor, serta Vitamin A di dalamnya. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Porsi MPASI

Selain itu Jessica juga mengungkapkan rencananya untuk MPASI Baby Don. Ia akan memberikan 3 kali sehari MPASI yaitu pagi, siang dan sore.

Setelah itu ia juga akan tetap memberikan ASI dan makanan ringan seperti camilan. Makanan MPASI akan dicoba selama tiga hari, setelah tiga hari ia akan mengganti dengan menu MPASI lainnya.

Tak lama di sela-sela suapan terakhir MPASI pertama Baby Don El Barack datang. Jessica pun memberikan tips lain saat memberikan MPASI, seberapa banyak porsi bayi diberi MPASI.  

"Ini satu sendok makan orang dewasa, karena lambung bayi itu hanya sebesar genggaman tangannya aja," tambah Jessica.

Ia menambahkan untuk menu MPASI betul-betul hanya menggunakan buah apel saja. Tidak ada penambahan gula maupun bumbu-bumbu lainnya. 

Tak lama Baby Don selesai makan, El Barack pergi ke sekolah. Di saat itu Vincent Verhaag pun terlihat baru keluar dari kamar. "Good job," kata Jessica ke Baby Don.

4 dari 4 halaman

Menetap di Bali

Sementara itu Jessica Iskandar diketahui telah lama menetap di Bali. Belum lama ia pun kembali melaksanakan ritual melukat. Berbeda dari sebelumnya, kali ini wanita yang akrab disapa Jedar itu mengajak putra pertamanya, El Barack yang baru berusia 8 tahun. Ia juga mengajak sang kakak Erick Iskandar beserta istrinya Vanessa Lima.

"Melukat di Bali, untuk hati yang bersih, melepas, bersyukur dan meminta kepada Tuhan," ungkap Jessica Iskandar, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Rabu 19 Oktober 2022.

Di momen tersebut, Jedar terlihat anggun mengenakan kebaya putih bermotif. Ibu dua anak itu juga menggerai rambutnya yang terlihat basah seusai melukat. Di ritual tersebut, Vanessa Lima juga tampak menawan dengan kebaya putih. Sementara, El dan Erick memakai pakaian payas madya, sebutan untuk busana tradisional Bali untuk pria.

Jessica pertama kali menjalani ritual melukat pada September 2020, saat itu merupakan awal pindah ke Bali. Sebagai cara menghargai budaya setempat, Jessica pun kembali melakukan upacara sakral tersebut.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS