Sukses

6 Fakta Menarik Belgia, Negara yang Dipimpin Raja Konstitusional

Sejak kemerdekaannya pada 1830, Belgia menjadi sebuah demokrasi perwakilan yang dipimpin oleh seorang raja konstitusional turun-temurun.

Liputan6.com, Jakarta - Belgia berada di kawasan Eropa barat laut, merupakan salah satu negara Eropa terkecil dan terpadat. Sejak kemerdekaannya pada 1830, berbentuk negara demokrasi perwakilan yang dipimpin oleh seorang raja konstitusional turun-temurun.

Mengutip dari Britannica, Rabu (2/11/2022), awalnya Belgia memiliki bentuk pemerintahan kesatuan. Namun, pada 1980an dan 1990an, instabilitas politik membuat Belgia menjadi negara federal dengan kekuasaan dibagi di antara wilayah Flanders, Wallonia, dan Wilayah Ibu Kota Brussel.

Secara budaya, Belgia adalah negara heterogen yang melintasi perbatasan antara rumpun bahasa Romawi dan Jerman di Eropa Barat. Dengan populasi kecil, bahasa Jerman di bagian timur itu, Belgia dibagi antara orang-orang Prancis yang secara kolektif disebut oleh Walloons sekitar sepertiga dari total populasi, yang berada di lima provinsi selatan yaitu Hainaut, Namur, Lige, Walloon Brabant, Luksemburg, dan Flemings yaitu orang Flemish (Belanda) yang populasinya lebih dari setengah dari total penduduk.

Penduduk mendiami lima provinsi utara dan timur laut yaitu Flanders Barat, Flanders Timur yaitu Vlaanderen Barat, Oost-Vlaanderen, Flemish Brabant, Antwerpen, dan Limburg. Tepat di perbatasan utara antara Walloon Brabant dan Flemish Brabant memiliki dua bahasa resmi yaitu Belanda dan Prancis tetapi mayoritas berbahasa Prancis.

Masih banyak hal lainnya mengenai Belgia, berikut enam fakta menarik Belgia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (2/11/2022).

1. Sistem Pemerintahan

Belgia memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Konstitusi Belgia pertama kali diumumkan pada 1831 dan telah direvisi beberapa kali sejak saat itu. Amandemen konstitusi tahun 1991, misalnya, memungkinkan aksesi seorang wanita ke takhta.

Di bawah ketentuan konstitusi Belgia, kekuasaan eksekutif nasional dipegang oleh raja dan Dewan Menterinya, sedangkan kekuasaan legislatif dibagi oleh raja, parlemen bikameral yang terdiri dari Kamar Perwakilan dan Senat, dan dewan komunitas dan regional. Dalam praktiknya, peran raja sebagai kepala negara terbatas pada fungsi perwakilan dan resmi tindakan kerajaan harus ditandatangani oleh menteri, yang pada gilirannya bertanggung jawab untuk mereka ke parlemen.

Perdana menteri merupakan kepala pemerintahan secara aktual, posisi perdana menteri diciptakan pada 1919 dan wakil perdana menteri pada 1961. Biasanya pemimpin partai mayoritas atau koalisi di parlemen, perdana menteri ditunjuk oleh raja dan disetujui oleh parlemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah

Kebangsaan Belgia umumnya dianggap berasal dari rezim Burgundia di Low Countries (1363–1477). Dengan cakupan provinsi selatan yang wilayahnya termasuk Belgia dan Luksemburg serta provinsi utara yang wilayahnya kira-kira sesuai dengan wilayah Kerajaan saat ini.

Kebangsaan Belgia umumnya dianggap berasal dari peristiwa pengambilalihan Spanyol pada 1579. Serta persatuan Belgia dengan Belanda yang kemudian berakhir karena revolusi tahun 1830.

Selama periode kekuasaan asing yang panjang, hanya untuk selang waktu yang singkat di bawah Republik Prancis Pertama dan Napoleon, integrasi dengan sistem asing dapat ditegakkan. Periode Burgundia pun dimulai, Philip II adalah salah satu prestise politik dan kemegahan ekonomi dan artistik. "Adipati Agung Barat", sebutan bagi para pangeran Burgundia, secara efektif dianggap sebagai penguasa nasional, wilayah kekuasaan mereka terbentang dari Zuiderzee hingga Somme.

Belgia merdeka sebelum Perang Dunia I Kongres Nasional telah memutuskan bahwa Belgia harus menjadi monarki, tetapi menemukan seorang raja terbukti sulit. Pada akhirnya, Pangeran Leopold dari Saxe-Coburg, yang terkait dengan keluarga kerajaan Inggris dan bertunangan dengan putri raja Prancis, dapat diterima baik oleh Inggris maupun Prancis.

Pada 21 Juli 1831, Leopold naik takhta, berjanji untuk mendukung konstitusi liberal yang memberikan sebagian besar kekuasaan pemerintahan kepada parlemen yang dipilih oleh pemilik properti. Beberapa hari kemudian, tentara Belanda menyerbu Belgia. Belgia, yang tidak memiliki tentara reguler dikalahkan namun intervensi tentara Prancis membuat Belanda terpukul mundur.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Pendudukan Nazi

Pada 10 Mei 1940, Jerman menginvasi Belgia, Luksemburg, dan Belanda. Belanda menyerah setelah 6 hari, Belgia setelah 18 hari. Prancis, yang bersama dengan Inggris telah mengirim pasukan ke Belgia, harus meletakkan senjata tiga minggu kemudian.

Pasukan Inggris, yang dilindungi oleh tentara Belgia, mundur dari Dunkirk, Prancis, dalam keadaan yang sangat dramatis. Pemerintah Belgia melarikan diri dari negara itu, pertama ke Prancis, dengan harapan dapat kembali ke Belgia yang diduduki dan kemudian ke London.

Raja Leopold III, panglima tertinggi tentara, menolak untuk mengikuti pemerintah dan ditawan oleh Jerman, kemudian dikurung di istananya di Laeken. Empat tahun berikutnya pendudukan Nazi dibedakan oleh organisasi perlawanan yang berkembang.

Ketika pasukan Sekutu mencapai Belgia pada tanggal 3 September 1944, tentara bawah tanah Belgia mampu mencegah penghancuran pelabuhan Antwerpen. Di mana tempat ini berfungsi sebagai titik penyediaan benua terpenting bagi pasukan Sekutu selama sisa perang.

4. Etnis

Populasi dari Belgia dibagi menjadi tiga komunitas linguistik. Di utara Flemings ada lebih dari setengah penduduk Belgia berbicara Flemish yang setara dengan Belanda dan kadang-kadang disebut Netherlandic. Di selatan Walloons penduduk yang berbahasa Prancis membentuk sekitar sepertiga dari populasi negara itu.

Sekitar sepersepuluh orang benar-benar bilingual, tetapi mayoritas memiliki pengetahuan tentang bahasa Prancis dan Flemish. Wilayah tersebut berbahasa Jerman di provinsi Liège timur, yang terdiri dari sebagian kecil penduduk Belgia.

Kota Brussel terdiri dari sejumlah komune resmi dwibahasa, meskipun wilayah metropolitannya meluas jauh ke komune Flemish dan Walloon di sekitarnya. Populasi berbahasa Prancis jauh lebih besar di wilayah ibu kota. Bruxellois, dialek regional yang berbeda yang dipengaruhi oleh bahasa Prancis dan Flemish juga dituturkan oleh sebagian kecil penduduk kota.

Penduduk kelahiran asing berjumlah kurang dari sepersepuluh dari populasi. Warga negara Uni Eropa merupakan sebagian besar penduduk kelahiran asing, tetapi ada juga sejumlah besar imigran dari bagian lain dunia—khususnya Afrika Utara dan Tengah, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya.

Mayoritas orang Belgia beragama Katolik Roma, namun kehadiran reguler di kebaktian keagamaan bervariasi. Meskipun ditandai di wilayah Flemish dan Ardennes, kehadiran rutin di gereja sudah menurun di kawasan industri Walloon dan di Brussel, sementara hampir sepertiga orang Belgia tidak beragama. 

4 dari 4 halaman

5. Kuliner

Tradisi masakan lezat Belgia yang kuat diekspresikan dalam sejumlah besar restoran kelas atas. Negara ini terkenal dengan moules frites yaitu kerang yang disajikan dengan kentang goreng serta wafel, makanan ringan yang populer. Cokelat Belgia terkenal di seluruh dunia dan dapat dianggap sebagai institusi budaya. Cokelat seperti Neuhaus, Godiva, dan Leonidas, antara lain, diakui secara internasional karena truffle dan permen mereka yang dijual dalam kotak kardus kecil yang khas. Cokelat adalah salah satu ekspor makanan utama Belgia, dengan mayoritas dikirim ke negara-negara Uni Eropa lainnya.

Bir adalah minuman nasional Belgia, negara ini memiliki beberapa ratus pabrik dan kafe yang tak terhitung jumlahnya di mana orang Belgia menikmati beragam bir lokal, termasuk varietas Trappist dan lambic yang terkenal. Sementara reputasi bir Belgia sering dibayangi oleh tetangganya yang lebih besar, Jerman, pembuatan bir dan konsumsi bir di dalam negeri adalah institusi budaya itu sendiri.

Kebanyakan bir memiliki gaya gelas tertentu di mana mereka disajikan, dan berbagai bir musiman identik dengan berbagai hari libur dan perayaan. Juga umum untuk membuat bir khusus untuk acara-acara seperti pernikahan, sebuah tradisi yang dilaporkan telah dimulai pada awal 1900-an, ketika hampir setiap desa memiliki tempat pembuatan bir.

Di banyak desa kecil di Belgia, pembuat bir juga menjadi walikota. Festival fokus pada sejarah daerah dan perayaan musim. Di daerah Walloon ada festival musim semi yang menggembirakan, seperti karnaval Binche dan Stavelot festival musim panas, seperti prosesi raksasa di Ath dan pertempuran naga diMon dan festival musim dingin St. Nicholas , Natal, dan Tahun Baru.

6. Pariwisata

Plesiran ke Belgia tentunya harus menyambangi arsitektur ikoniknya yaitu Royal Palace of Brussels atau Palais de Bruxelles. Istana Kerajaan Belgia di Brussels ini digunakan sebagai kantor atau ruang bekerja dan sejumlah ruangan di Istana ini dibuka untuk publik pada musim panas dan musim gugur tanpa memungut biaya.

Istana ini dipenuhi taman indah bangunan istana yang megah. Jika membawa barang bawaan sebaiknya titipkan pada petugas front office museum. Anda dapat mengambil barang bawaan setelah Anda selesai menyusuri museum.

Di daerah sekitar Istana Kerajaan Brussels, pelancong akan menemukan banyak museum. Museum instrumen musik, museum BELvue yang terletak di sebelah Istana Kerajaan Brussels. Ada pula Magritte Museum sebagai museum yang didedikasikan kepada Rene Magritte, seorang pelukis surealis. 

Sambangi juga Royal Greenhouses of Laeken yang terletak dibagian utara kota Brussels. Pengungjung akan menemukan sebuah tempat tinggal keluarga Kerajaan Belgia. Lahannya sangat luas sekali dan memeiliki taman yang sangat indah. 

Tamu yang datang bisa mengunjungi ke dalam rumah kaca botani Kerajaan dan beragam tamannya yang mempunyai tema sendiri yaitu Chinese Pavilion, Japanese Garden di samping itu terdapat Monument Leopold. Karena sudah ke Belgia, sambangi juga Poechenellekelder, sebuah bar yang menjual 150 tipe bir. Tempat ini merupakan surga bagi Anda yang suka bir atau penasaran ingin mengicip bir Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.