Sukses

KFC Tutup Layanan 14022 dan Pesan Antar Dialihkan ke Aplikasi, Pelanggan Masih Ada yang Protes

Penutupan layanan pesan antar via telepon 14022 ini sudah dilakukan KFC sejak 1 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara untuk bisa menyantap beragam menu di KFC Indonesia. Selain menawarkan cara belanja dine in untuk makan di tempat, Anda bisa take away untuk dibawa pulang, ojol seperti ShopeeFood atau GoFood, dan lainnya.

Tapi cara belanja KFC yang cukup diminati pada zamannya yaitu layanan pesan antar 14022. Dengan menghubungi nomor tersebut, kita dapat melakukan pemesanan di KFC untuk kemudian diantar ke alamat yang dituju.

Namun kini KFC mengumumkan bahwa layanan pesan antar 14022 sudah resmi ditutup dan digantikan aplikasi. Penutupan layanan pesan antar via telepon ini sudah dilakukan KFC sejak 1 Oktober 2022 lalu melalui akun Instagram @kfcindonesia.

"Mulai 1 Oktober 2022 kami pamit undur diri karena layanan pesan-antar 14022 tidak lagi beroperasi," tulis pihak KFC yang dilansir dari akun Instagram resminya, @kfcindonesia.  Manajemen KFC pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para konsumen yang menggunakan layanan pesan antar 14022.

Meski begitu, nomor layanan 14022 akan tetap aktif, tapi digunakan sebagai layanan customer service untuk menampung saran dan keluhan dari konsumen.  "Meskipun sudah tidak melayani pembelian, layanan 14022 tetap hadir untuk menjadi customer service." tulis pihak KFC lagi.

Sebagai pilihan, pihak KFC menyebut bahwa pembelian online tetap bisa dilakukan melalui aplikasi KFCKU.  Pelanggan KFC bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi KFCKU yang tidak kalah praktis dan menawarkan banyak promo.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store dengan mencari menggunakan kata kunci KFCKU. Pihak KFC juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi para konsumennya, bila mereka melakukan aplikasi KFCku tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Pelanggan Bernostalgia

"Spesial untuk pengguna aplikasi, pastinya KFC sudah menyiapkan banyak keuntungan dong. Kalau penasaran, yuk langsung cobain sendiri," tulis unggahan tersebut. 

Dalam unggahan itu, KFC Indonesia juga mengajak para pelanggan untuk bernostalgia mengenang pengalaman mereka saat memesan dari nomor telepon 14022.  "Mimin jadi ikut sedih 🤧🤧🤧 Mimin open jastip di kolom comment deh supaya KFC Lovers bisa nyampain salam perpisahan.," tulis unggahan tersebut.

"Kamu punya kesan dan pesan apa aja nih untuk layanan pesan antar 14022 yang legend banget dan selama puluhan tahun udah jadi #SeleraOriginal KFC Lovers?⁠" sambung unggahan itu. Para warganet pun mengisi kolom komentar untuk membagikan pengalaman mereka.

"Terimakasih atas pelayanan nya, khususnya ke yang nganter waktu dulu, padahal hujan gede, tapi bener bener di anterin sampai ke rumah, emang di rumah lagi laper banget tapi gg sih hujan gede pun langsung di gasss, di anterin, terimakasih banyak dan salam hangat untuk orang yang udah rela ujan ujanan demi bisa nganterin makanan tepat waktu, sorry panjang :v ❤," komentar seorang warganet.

"Seumur hidup baru sekali pake jasa 14022 krn blm ada ojol, hujan lebat + banjir. Dan makanan kami tiba dirumah masih keadaan hangat. Respect🔥🔥🔥," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Pesanan dalam Jumlah Banyak

Ada juga yang masih berharap layanan 14022 tetap diaktifkan, salah satunya karena bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak. "Mending tetep diidupin si 14022 min, tidak semua orang paham dan mau menggunakan aplikasi," tulis seorang warganet. "Gofood grabfood shopeefood atau semacamnya gabisa ngambil pesanan banyak kaya 50-100, kalo 14022 pasti disanggupin:( dan aplikasi kfcku nya pun error terus belum di maximalkan:(," tulis warganet lainnya.

Di sisi lain, KFC sendiri terus meluncurkan berbagai varian menu. Di Amerika Serikat (AS), bekerja sama dengan Beyond Meat, KFC akan merilis menu berbahan nabati, Beyond Fried Chicken, di gerai mereka di seluruh AS, Senin, 10 Januari 2021. Mengutip USA Today, Jumat (7/1/2022), waktu ini menandai lebih dari dua tahun sejak mereka menguji opsi menu tanpa daging dengan konsumen.

Restoran cepat saji itu akan menjual menu tambahan sementara di seluruh gerai mereka di Negeri Paman Sam. Menu ini akan tersedia selama persediaan masih ada. "Misi dari hari pertama sederhana, membuat (menu) Kentucky Fried Chicken yang terkenal di dunia dari bahan nabati," kata Kevin Hochman, presiden KFC Amerika Serikat.

Beyond Fried Chicken tersedia sebagai makanan kombo nabati pertama KFC, yang terdiri dari "nuget ayam," Secret Recipe Fries, dan minuman ukuran medium. Menu ini dapat dipesan secara ala carte dalam enam atau 12 potong maupun dengan menu kombo.

4 dari 4 halaman

Tahu Crispy dan Martabak

 

Harga bervariasi menurut lokasi gerai, tapi dijelaskan dibanderol mulai dari 6,99 dolar AS (Rp100 ribu) sebelum pajak. Dalam keterangannya, KFC dan Beyond Meat mencatat bahwa produk tersebut tidak "disiapkan dengan cara vegan maupun vegetarian, karena nuget ayam nabati dimasak dengan penggorengan yang sama dengan menu lain.

Produk baru ini disebut menyasar pelanggan "yang ingin makan lebih sedikit protein hewani, tapi belum jadi vegan atau vegetarian," kata Hochman, catat CNN.  Pengumuman menu ini pun menarik perhatian warganet Indonesia.  Akun Twitter @txtfrombrand mengunggah tangkapan layar berita perilisan menu ayam nabati KFC, menuliskan keterangan, 'KFC bakal bikin fried chicken tanpa 'chicken'."Dari situ, ragam komentar pun diberikan.

"Oh jadi jual tahu crispy juga ternyata," salah satu pengguna Twitter menanggapi foto menu yang dimaksud. "Ini mah martabak tahu," yang lain mengomentari.

"Apakah ini hanya pengubahan bentuk ucapan tahu crispy agar menaikkan nilai jual?" sambung pengguna lain. "Kalau masuk ke Indonesia, tagline-nya (KFC) jadi berubah dong, bukan 'Jagonya Ayam' lagi," yang lain menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.