Sukses

6 Rahasia Gaun Pengantin Putri Diana yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 silam merupakan salah satu momentum yang mencuri atensi dunia. Kala itu, Diana mengenakan gaun pengantin yang menjadi paling terkenal sepanjang masa.

Meski pernikahannya dengan Pangeran Charles hanya bertahan 15 tahun, pesona gaun pengantin mewah yang dikenakan Diana tetap bertahan bahkan setelah ia tiada. Ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

Apa saja rahasia di balik gaun pengantin Putri Diana? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari Page Six, Senin, 1 Agustus 2022, berikut ini.

1. Dikira Bercanda

Banyak yang berharap Diana memilih rumah mode Inggris yang lebih mapan untuk hari bahagianya, tetapi pasangan suami-istri David dan Elizabeth Emanuel akhirnya dipilih untuk mendesain gaun pengantinnya. Pasangan itu benar-benar mengira lelucon pada awalnya.

Meski mereka telah membuat beberapa pakaian untuk calon pengantin menjelang pernikahan, keduanya tidak pernah mengira bisa merancang gaun untuk salah satu acara kerajaan terbesar dalam sejarah. "Kami mendapat telepon yang mengatakan, 'Maukah Anda membuat gaun pengantin?'" kata David kepada Hello! pada 2020. "Saya pikir, astaga, mungkin itu telepon untuk menipu? Tetapi kemudian, dia menelepon kembali, itu pasti sekitar sebulan kemudian."

Tidak seperti desainer gaun pengantin Kate Middleton atau Meghan Markle yang sangat tertutup sampai pagi hari pernikahan itu, informasi tentang Diana dirilis ke pers sebelum pernikahan. "Ketika akhirnya diumumkan, studio kecil saya yang kecil dikepung dengan kamera dalam hitungan menit," kata David.

Ia melanjutkan bahwa dia "berlari ke sebuah toko di Oxford Street untuk memesan tirai gulung dengan cepat. Tirai itu tetap dibuat tertutup hingga siang hari".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Sebenarnya tidak berwarna putih

Gaun pengantin Putri Diana menampilkan lengan besar yang mengembang, pita, renda, dan 10.000 biji mutiara, dan bahan taffeta sutra yang menginspirasi tren pengantin sepanjang 1980-an. "Saya menemukan bahwa renda putih cenderung terlihat murahan. Ivory meningkatkan kecantikan alami dan pucat Diana," kata Elizabeth Emanuel kepada Daily Mail.

Terkait siluet gaya yang over-the-top dan poofy, dia mengatakan kepada publikasi bahwa "inspirasi datang dari mana-mana." "Saya melacak setiap buku yang bisa saya temukan tentang pernikahan kerajaan dari sejarah: Ratu Victoria; putrinya, Putri Beatrice; Ratu Maria," katanya. "Dan saya menonton semua film lama favorit saya: 'The Leopard', 'Gone With The Wind', 'Barry Lyndon.'"

3. Terpanjang dalam sejarah kerajaan

Emanuel mulai membuat gaun sepanjang 25 kaki dan gaun tersebut adalah yang terpanjang dari gaun pengantin kerajaan mana pun dalam sejarah. "St. Paul sangat besar, Anda tidak bisa membuat gaun kecil yang sederhana," kata David Emanuel kepada The Guardian.

Saat meneliti gaun pengantin kerajaan, pasangan itu "menemukan gaun terpanjang kerajaan terbesar adalah 20 kaki," kata David kepada Today. "Saya ingat ketika tertawa ke Diana dan berkata, 'Ya ampun, kita harus mengalahkan itu!' Dan dia berkata, 'Oh, oke, haruskah kita mencapai 23 kaki? Haruskah kita membuatnya menjadi 25?' Kami akhirnya membuat sepanjang 25 kaki!"

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

4. Kerutan Gaun

Salah satu aspek gaun Diana yang sering dikritik adalah tampilannya yang kusut di hari pernikahannya. Berbicara selama acara khusus ITV 2018 yang disebut Invitation to the Royal Wedding," Elizabeth mengatakan (melalui The Mirror) bahwa pasangan itu mengira "gaun itu akan sedikit kusut."

"Ketika saya melihatnya tiba di St. Paul's dan kami melihat kerutan, saya benar-benar merasa pingsan,” kenang sang desainer. "Saya ngeri, sungguh, karena lipatannya cukup banyak. Itu jauh lebih banyak dari yang kami kira."

5. Gaun Cadangan

Dalam hal gaun Diana, Emanuel tidak mengambil risiko apa pun. Mereka pun membuat gaun kedua yang berbeda untuk berjaga-jaga. Seperti yang dikatakan Elizabeth kepada Daily Mail, gaun cadangannya mirip dengan aslinya Putri Diana, tetapi sedikit lebih sederhana.

Gaun cadangan itu tidak memiliki semua trim renda, dan menampilkan lengan yang lebih pendek dan korset yang berbeda. "Baru tiga perempat selesai, kami tidak punya waktu untuk membuatnya secara keseluruhan, jadi tidak ada sulaman atau sentuhan akhir yang dilakukan," jelasnya kepada media.

"Pada saat itu, kami ingin memastikan bahwa gaun itu adalah kejutan," tambah David dalam wawancara dengan People. "Kami tidak mencobanya pada Diana. Kami bahkan tidak pernah membahasnya. Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki sesuatu di sana; itu untuk ketenangan pikiran kita sendiri, sungguh."

Jadi, di mana gaun misterius ini kini? Tidak ada yang tahu sebenarnya. "Itu tergantung di studio untuk waktu yang lama, dan kemudian menghilang," kata Elizabeth kepada Daily Mail. "Saya tidak tahu apakah kami menjualnya atau menyimpannya di gudang. Itu adalah waktu yang sibuk."

4 dari 4 halaman

6. Noda Parfum Diana

Menurut People, Putri Diana memilih Quelques beraroma romantis dari parfum Paris Houbigant, untuk hari besarnya. Namun, parfum -yang membutuhkan "lebih dari 15.000 bunga" untuk membuat botol satu ons, menurut merek- berakhir di seluruh gaun Diana hanya beberapa menit sebelum dia berjalan menyusuri lorong.

"Saya baru saja memakai parfum dan saya menumpahkannya di bagian depan gaun saya," kata Putri Diana kepada penata rias Barbara Daly dalam kutipan dari "Diana: The Portrait" yang dibagikan oleh Daily Express.

Pengantin wanita menoleh ke Daly, yang mencoba menghilangkan noda itu tanpa hasil. Meskipun Elizabeth Emanuel mengatakan kepada Daily Mail bahwa mereka menciptakan rok tambahan yang bisa dipasang di atas gaun itu "kalau-kalau dia menumpahkan sesuatu pada dirinya sendiri pada hari itu," ternyata tidak ada cukup waktu untuk itu.

"Apakah menurutmu jika aku memasukkan bagian depan saja, mereka tidak akan pernah menyadarinya?" Diana bertanya kepada penata riasnya, menurut buku, Daly setuju bahwa Diana harus memegang bagian depan gaun untuk menyembunyikan noda, berpura-pura seolah-olah dia sedang berusaha untuk tidak tersandung pada ujungnya yang panjang. Untungnya, itu berhasil.