Sukses

Jadikan Rumah Lebih Berwarna dengan Adopsi Gaya Pop Art dalam Interior Rumah

Salah satu yang bisa jadi alternatif pilihan adalah interior berkonsep Pop Art.

Liputan6.com, Jakarta Kamu sudah bosan dengan desain interior rumah yang itu-itu saja? Ingin membuat sesuatu yang baru dan berbeda? Mungkin ini saatnya untuk kalian melakukan kreasi dengan dekorasi yang lebih artsy dan unique.

Salah satu yang bisa jadi alternatif pilihan adalah interior berkonsep Pop Art. Dengan konsep tersebut, rumah kamu akan terlihat lebih berwarna dan hidup. Kamu bisa berekspresi sesuka hati, dengan imajinasi yang kamu miliki untuk membuat rumah jadi berbeda.

Apa Itu Pop Art?

Menurut Oxford Dictionary, Pop Art merupakan kepanjangan dari “Popular Art” merupakan seni yang didasari oleh budaya populer modern dan media masa, terutama sebagai sebuah komentar kritis atau ironis pada seni tradisional. Pop Art ditemukan oleh sekelompok seniman muda yang dipimpin oleh Andy Warhol, Claes Oldenburg, dan Roy Lichtenstein di era tahun 1960-an.

Karakteristik Pop Art adalah penerapan teknik dan tema dari budaya populer. Warna yang paling banyak digunakan oleh para seniman Pop Art adalah warna-warna primer (merah, kuning, dan biru). Warna yang digunakan merupakan warna-warna komplementer yang mencolok, bermacam-macam, dengan kontras yang tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Gaya Pop Art Interior Rumah

Dalam menerapkan konsep Pop Art, kita tidak boleh asal pilih ya. Berikut ini tips yang harus kalian ikuti agar konsep Pop Art interior rumah tetap nyaman di mata.

1. Tetapkan Tema

Yang pertama, kamu harus menentukan tema terlebih dahulu. Langkah ini akan menentukan konsep apa yang akan kamu pilih dalam menentukan jenis Pop Art ke depannya.

Memang secara umum, yang menjadi acuan dari konsep ini, meliputi tema komik, film, kartun, dan musik. Setelah tema sudah ditentukan, saatnya kamu pilih ruangan mana yang akan diaplikasikan jenis Pop Art.

Biasanya konsep pop art akan lebih cenderung pada kreasi dan juga eksplorasi yang lebih jauh lagi. Untuk itu konsep tersebut sangat pas jika diaplikasikan pada interior rumah yang memiliki ruangan dengan dimensi yang lebih luas.

2. Pilih Warna Cat

Kedua, kamu bisa memilih warna cat apa saja untuk diaplikasikan dalam interior rumah. Ini bertujuan untuk membuat suasana di ruangan menjadi lebih ceria dan semarak.

Pilih dua jenis warna yang cukup kontras dengan jenis warna yang netral di satu bagian tembok dan dinding ruangan itu sendiri. Sedangkan untuk bagian dinding yang lainnya bisa menggunakan warna cat hitam. Pilihan lainnya dalam pemilihan warna cat ini adalah aplikasikan warna putih untuk keseluruhan bagian tembok ruangan tersebut.

Kamu harus pilih kualitas cat yang baik ya. Bisa bertahan lama dan tahan pudar, supaya ruangan tetap terlihat ekspresionis dan menarik. Kamu bisa cari di marketplace kesayangan kamu ya!

3. Pilih Mebel yang Unik

Setelah memilih cat dinding dan melakukan komposisi antara warna cat dan sebagainya, kamu bisa menempatkan mebel yang unik atau yang anti-mainstream. Karena, dalam konsep Pop Art, mebel memiliki peran yang krusial untuk memberikan nuansa ruangan yang hidup. Kamu bisa memilih mebel dengan warna yang mencolok dan desain yang unik ya!

Semisal, kamu bisa memilih sofa dengan warna yang terang seperti biru, kuning, atau hijau yang mencolok. Warna sofa tersebut akan pas jika dikombinasikan dengan interior rumah yang bergaya Pop Art tersebut. Kamu juga bisa tambahkan mebel vintage, agar kesan klasik dalam ruangan bisa didapatkan.

4. Tata Ruangan

Ini adalah langkah terakhir untuk membuat ruangan kamu hidup dengan gaya Pop Art. Kamu harus menata mebel dengan sangat apik, tapi tetap mempertahankan fungsionalitas dan juga aksesbilitas ruangan ya. Dengan itu, warna cerah yang mendominasi tidak akan terlalu berlebihan atau malah membuat pusing.

Ya, memang, menentukan interior ruangan dengan gaya Pop Art tidak mudah, tetapi kamu bisa bebas mengkreasikannya sesuka hati dan imajinasi. Untuk membeli berbagai cat dan mebel untuk mendukung gaya Pop Art, kamu bisa kunjungi marketplace dan juga toko mebel di sekitar Serpong untuk menemukan kualitas dan harga yang terbaik!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini