Sukses

Berat Badan Turun 25 Kg, Simak 9 Makanan yang Rutin Dikonsumsi Tika Panggabean

Tika Panggabean kini memilih untuk mengonsumsi makanan yang hanya dibutuhkan oleh tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah berat badan bisa dialami siapa saja, termasuk selebritas seperti Tika Panggabean. Berat badannya pernah sampai 110 kg. Namun kini, personel Project Pop itu tampil lebih ramping karena berat badannya turun drastis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tika menjalani diet dan pola hidup yang lebih sehat. Rutin berolahraga dan menjaga asupan makan menjadi salah satu hal yang diterapkan perempuan berdarah Batak ini. Hasilnya, Tika sukses menurunkan berat badan hingga 25 kg.

Dia menyadari bahwa pola hidup yang dijalani semasa muda sangatlah tidak baik. Berat badannya pun terus bertambah karena ia menyantap semua jenis makanan. Tak ada istilah memilih makanan baginya. Tapi akhirnya, dia bertekad untuk lebih mengatur asupan makanannya. Ia memilih untuk mengonsumsi makanan yang hanya dibutuhkan oleh tubuhnya.

"Aku memang menjalankan pola hidup sehat, gitu. Karena memang di masa muda dulu hidup sangat tidak sehat. Apa saja dimakan, ditambah lagi malas olahraga, senang yang manis-manis, senang yang berlemak," jelas wania berusia 51 tahun ini, dilansir dari Kapanlagi.com.

Beberapa makanan yang dikonsumsinya mendukung pola hidup sehat yang dia terapkan sekaligus membantu menurunkan berat badannya. Lalu, apa saja makanan yang disantap Tika? Dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lainnya, berikut makanan dan minuman yang rutin dikonsumsi Tika Panggabean.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Makan Sayur

Makanan paling utama dalam menjalani pola hidup sehat tentunya adalah sayuran. Dalam pengaturan pola makan sehat yang dijalani, Tika Panggabean memilih sayuran sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Kaya serat, sayuran dikenal sebagai makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan diet penurunan berat badan.

Dilansir dari eatingwell, serat dalam sayuran dapat memperlambat saluran pencernaan sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kalori yang terkandung di dalamnya juga cenderung lebih sedikit.

2. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga sangat penting dalam menjalani pola makan sehat atau mereka yang menjalani diet. Tika juga kerap mengonsumsi buah-buahan sebagai pencuci mulut atau camilan sehat.

Selain rasanya yang manis, buah juga menawarkan berbagai nutrisi berbeda pada setiap jenisnya. Buah dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama karena serat yang terkandung di dalamnya.

3. Beras hitam

Menjalani diet atau pola makan sehat bukan berarti harus menghindari nasi. Tika tetap mengonsumsi nasi, tapi memilih nasi dari beras hitam. Jika dibandingkan beras putih, beras hitam cenderung lebih kaya serat dan rendah kalori sehingga baik untuk diet. Selain itu, beras merah juga memiliki nutrisi lain yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari healthline.com, beras hitam memiliki antioksidan tinggi serta mengandung lebih banyak protein dibandingkan jenis beras lainnya. Walaupun tampilannya kurang menggugah selera, beras hitam memiliki manfat yang menyehatkan.

Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Bahkan, rasa nasi dari beras hitam dinilai lebih enak dan pulen daripada beras putih atau beras merah. Beras hitam merupakan warisan nenek moyang Indonesia

3 dari 4 halaman

4. Makanan tinggi protein

Selain sayuran, Tika mengonsumsi makanan tinggi protein sebagai lauk. Misalnya ayam, daging, ikan, tempe, atau telur. Protein menjadi nutrisi penting dalam proses diet sehat.  Asupan protein yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mengubah beberapa hormon yang mengatur berat badan.

5. Ubi

Ubi menjadi jenis sayur yang kerap dikonsumsi Tika sebagai camilan. Namun untuk memastikan kandungan ubi tetap baik, pemilik nama lengkap Kartika Rachel Setia Redjeki Panggabean ini cukup memasaknya dengan cara direbus. Ubi mengandung serat dan glukosa yang dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus memberi energi lebih pada tubuh.

6. Makanan yang dibakar

Cara memasak turut menentukan makanan sehat yang biasa dikonsumsi oleh Tika. Dia biasa memiliki makanan yang dimasak dengan cara dibakar supaya lebih sehat dan cenderung minim minyak.

Membakar atau memanggang makanan dapat mengurangi asupan lemak dan kalori pada makanan tersebut. Hal ini tentu baik untuk manajemen berat badan dan mendukung pola makan yang lebih sehat.

7. Singkong

Mengandung karbohidrat dan serat, singkong bisa jadi alternatif sumber energi yang baik untuk tubuh. Tika pun mengonsumsi singkong rebus sebagai menu harian sehingga mengurangi bisa konsumsi minyak berlebih.

Makanan ini berfungsi meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan. Singkong rebus untuk diet juga bisa menjadi alternatif konsumsi nasi putih.

4 dari 4 halaman

8. Makanan yang direbus

Merebus menjadi alternatif proses memasak yang lebih sehat dibandingkan menggoreng makanan. Tika pun memilih makanan yang dimasak dengan cara rebus sebagai menu utama atau camilan sehat.

Mengonsumsi makanan rebus sama dengan menyantap hidangan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi. Untuk camilan, Tika Panggabean biasa mengonsumsi pisang rebus.

Pisang memiliki rasa manis alami dan kaya serat. Pisang mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk pencernaan, seperti serat, prebiotik, dan probiotik. Nutrisi ini juga bisa membantu memangkas berat badan karena membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

9. Air mineral

Untuk minuman, Tika kini lebih memilih air putih atau air mineral saja. "banyak senang, makan enak & air putih yang banyak, asik!" tulis Tika Panggabean dalam salah satu unggahan di Instagram. Ia selalu memenuhi asupan cairan dengan banyak minum air mineral.

Dengan begitu tubuhnya bisa terhidrasi secara baik. Banyak manfaat yang bisa didapat ketika tubuh terhidrasi, salah satunya proses metabolisme jadi lebih lancar dan tubuh makin mudah membakar lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.