Sukses

Sudah Saatnya Wisatawan Berdampak Positif pada Habitat Laut

Menggandeng WWF-Singapore, platform perjalanan digital global Agoda meluncurkan program Eco Deals. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Menggandeng WWF-Singapore, platform perjalanan digital global Agoda meluncurkan program Eco Deals. Pihaknya mendanai dan meningkatkan kesadaran akan inisiatif restorasi habitat laut di Asia Tenggara, serta membantu korban banjir di Australia dalam rangkaian peringatan Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni setiap tahunnya.

Melalui Eco Deals Agoda, wisatawan juga bisa ikut berdampak positif pada habitat laut, menurut keterangan pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini. Hal tersebut dilakukan dengan memilih sejumlah besar properti yang dapat memberi kesempatan untuk berkontribusi terhadap masyarakat dan inisiatif lingkungan di destinasi wisata.

Ini sejalan dengan preferensi pelancong, menurut Survei Sustainable Travel Trends Agoda 2021. Pihaknya mencatat bahwa konsumen ingin berwisata dengan cara lebih berkelanjutan, di mana pantai dan sungai tercemar jadi keprihatinan nomor satu bagi turis Filipina; kedua untuk turis Indonesia, Australia, dan Malaysia; dan ketiga bagi turis Singapura.

Eco Deal, yang berlangsung pada 8 Juni--8 Desember 2022, menawarkan kesempatan bagi wisatawan yang mengunjungi Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Australia untuk memilih berbagai penawaran akomodasi liburan dengan diskon hingga 15 persen. Agoda nantinya mendonasikan 1 dolar AS dari setiap pemesanan pada konservasi WWF Offices untuk memulihkan habitat laut. Ini termasuk terumbu karang dan hutan bakau di Asia Tenggara, atau melindungi satwa yang terdampak banjir di Australia.

Enric Casals, Regional Vice President Southeast Asia and Oceania, berkata, "Di dunia pascapandemi COVID-19, orang-orang semakin sadar akan dampak yang mereka timbulkan pada tempat dan komunitas yang mereka kunjungi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jejak Ekologi yang Lebih Kecil

Lebih lanjut Casals mengatakan, wisatawan telah "secara aktif mencari cara dan sarana untuk membuat jejak ekologi mereka lebih kecil." "Melalui inisiatif Eco Deals Agoda, kami memberi peluang bagi konsumen untuk give back sebagai bagian dari komitmen mitra kami dan tanggung jawab sosial Agoda," ia menuturkan.

"Banyak orang bepergian ke berbagai wilayah di Asia Tenggara dan Australia untuk melihat pantai-pantai yang cantik, laut sebening kristal, dan kesempatan luar biasa untuk menyelam di sekeliling terumbu karang," tutur Casals. "Namun, untuk memastikan tempat-tempat ini berkembang bagi generasi mendatang agar mereka bisa menikmatinya, kita harus berwisata dengan cara yang lebih bertanggung jawab."

"Kemitraan dengan WWF akan membantu wisatawan mengambil langkah maju menuju wisata berkelanjutan," imbuhnya.

Laut adalah ekosistem terbesar di planet ini mencakup lebih dari 70 persen permukaan Bumi. "Namun, banyak ekosistem laut menghadapi ancaman eksistensial karena aktivitas manusia, dan kita harus mengambil tindakan sekarang," tutur CEO WWF-Singapore, R. Raghunathan.

Menyoroti urgensi tersebut, WWF-Singapore "berada di posisi yang baik" untuk mendorong perubahan positif di Segitiga Terumbu Karang. Juga, wilayah lebih luas yang merupakan rumah bagi pusat keanekaragaman hayati laut. "Kami menantikan bekerja sama dengan Agoda dalam kemitraan ini untuk mendukung konservasi ekosistem laut di wilayah ini," Raghunathan mengatakan.

3 dari 4 halaman

Diskon Akomodasi

Bagi wisatawan yang sedang mencari destinasi wisata pantai untuk keluarga, atau pasangan yang ingin menikmati wisata budaya, kunjungan mereka bisa membantu ekosistem laut secara lebih luas saat memesan Agoda Eco Deal. Sebagai inspirasi, cek akomodasi yang sedang memberi diskon di negara-negara yang berpartisipasi atau kunjungi agoda.com/c/EcoDeals.

Indonesia

Bersantai sambil mengagumi lautan luas dari salah satu dari tiga kolam yang menghadap laut di Bali Garden Beach Resort, resor menakjubkan yang menghadap laut di Kuta, Bali ini bisa jadi ide menarik. Selain, Anda juga bisa memilih The Aveda Boutique Hotel di daerah Seminyak.

Memiliki akses mudah ke pantai, pusat perbelanjaan, pemandangan, dan pilihan restoran yangsangat banyak, termasuk Potato Head Beach Club, hotel ini juga sudah berrsertifikat CHSE. Untuk pengalaman yang benar-benar unik, menginaplah di Pacific Palace Hotel yang berlokasi di Batam, Kapulauan Riau. Terinspirasi mitologi Yunani, kapal di akomodasi ini merupakan landmark tersendiri dan lokasinya dekat dengan Harbor Bay Ferry Terminal.

4 dari 4 halaman

Malaysia

Terletak di Coral Triangle, di mana lebih dari 75 persen spesies karang di dunia ditemukan, Malaysia juga merupakan rumah bagi pantai-pantai indah yang tersebar di Malaysia Timur, Malaysia Barat, dan Pulau Kalimantan. Menikmati pemandangan laut tenang, Anda bisa mengunjungi Lexis Hibiscus Port Dickson, resor pantai mewah berbintang lima yang memiliki vila luas menghadap pantai dan didesain mirip bunga hibiscus. Resor ini punya berbagai kegiatan outdoor yang cocok untuk tamu dari segala usia, termasuk aktivitas olahraga air dan memberi makan ikan dari kapal dengan lantai kaca.

Di seberang lautan Sabah terdapat KK Waterfront Hotel, hotel butik urban yang terletak di tengah kesibukan Kota Kinabalu CBD. Dikelilingi berbagai fasilitas, ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai akhir pekan dengan menjelajahi pulau-pulau Tunku Abdul Rahman Marine Park yang bisa di akses dari terminal Jesselton Point yang berjarak hanya dua kilometer.

Filipina

Bagi mereka yang mencari keseimbangan antara ketenangan dan petualangan, kunjungilah Misibis Bay, resor pulau pribadi yang berlokasi di Provinsi Albay, Filiina. Dikenal dengan gunung berapi Mayon, resor pulau seluas lima hektare ini menawarkan tempat paling eksklusif bagi tamu untuk menikmati kenyamanan tiada banding.

Juga, pilihan berpetualang mencari sensasi, seperti aktivitas trail blazing hingga ke puncak Cagraray Eco Park, windsurfing, dan Hobie Cat Sailing. Sementara itu, La Carmela de Boracay Resort Hotel adalah tempat berlibur terjangkau dengan pemandangan pantai yang terletak di episentrum White Beach. Di sini, wisatawan memiliki akses, mulai dari restoran dan aktivitas pantai, hingga kehidupan malam yang ramai.

Singapura

Di seluruh Singapura ada beberapa reservasi dan konservasi alam, termasuk Bukit Timah Nature Reserve dan Pulau Ubin. Bepergian baik untuk urusan bisnis maupun berlibur, Concorde Hotel Singapore merupakan oasis ketentraman di tengah surga belanja terbaik kota ini.

Dengan jaringan transportasi umum kelas satu yang bisa dicapai dengan berjalan kaki, pengunjung bisa menjelajahi seluruh kota, baik untuk melihat flora dan fauna di Gardens by the Bay, atau berbelanja. Nikmati budaya lokal dan komunitas di Hotel NuVe Stellar hotel butik yang berlokasi di Farrer Park,  hanya 10 menit berjalan dari Little India. Di sini, wisatawan bisa menyusuri jalan yang penuh toko berwarna-warni, sekaligus menikmati pemandangan, suara, dan aroma distrik India di Negeri Singa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.