Sukses

Digelar Malam Ini, Ada Alasan Khusus Ajang Puteri Indonesia Selalu Mengundang Pemenang Kontes Kecantikan Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Malam puncak atau grand final pemilihan Puteri Indonesia 2022 sudah mulai digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Perhelatan spesial tersebut akan dihadiri oleh tiga Ratu dunia sekaligus.

Mereka adalah Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu dari India, Miss International 2019 Sireethorn Leeramwart dari Thailand, dan 1st Runner Up Miss Supranational 2021 Karla Guilfu Acevedo dari Puerto Riko. Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia (YPI) - Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan, setiap tahunnya YPI dan Mustika Ratu selalu mengundang Miss Universe untuk menghadiri malam penobatan Puteri Indonesia.

Ada alasan khusus kenapa pihaknya selalu mengundang perwakilan dari Miss Universe maupun kontes kecantikan lainnya yang berafiliasi dengan Yayasan Puteri Indonesia (YPI).

"Dengan kehadiran Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational yang berasal dari negara lain tentunya akan menambah exposure terhadap negara kita. Baik media atau para penggemar kontes kecantikan dari banyak negara akan mengikuti kiprah mereka, jadi nama Indonesia ikut tersorot," jelas Putri Kus Wisnu Wardani dalam jumpa pers di JCC, Jumat (27/5/2022).

"Dengan banyaknya exposure terhadap Indonesia, apalagi kalau berkaitan dengan hal-hal yang positif, bisa sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia dan membuat banyak orang tertarik datang kesini. Para ratu kecantikan ini saat kembali ke negaranya, bisa menceritakan pengalamannya selama di Indonesia," tambahnya.

Bukan itu saja, kedatangan para pemenang ajang kecantikan internasional itu bisa menambah motivasi dan diharapkan jadi inspirasi para finalis Puteri Indonesia. "Kita ingin mereka bisa makin terpacu karena mereka akan berkompetisi bukan hanya di tingkat nasional, tapi juga di ajang internasional kalau mereka bisa meraih juara," tutur Putri Kus Wisnu Wardani.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3 Mahkota

Di malam puncak ini, 44 finalis Puteri Indonesia akan berkompetisi memperebutkan tiga mahkota Borobudur yang baru. Mahkota itu disebut-sebut akan lebih mewah, agung, dan memesona persembahan dari Hartono Wira Tanik.

Ketiga mahkota itu akan dibedakan menjadi Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Putri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Putri Indonesia Pariwisata.

Nama-terkenal akan mengisi kursi juri ajang Puteri Indonesia 2022 seperti Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Ketua DPR Puan Maharani, Komut PT Aviasi Pariwisata Indonesia Triawan Munaf, Anya Geraldine, Ketua Bidang Organisasi YPI Kusumadewi Sutanto dan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

Selain itu, ada Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia 2022, Kusuma Ida Anjani dan Ketua Bidang Komunikasi YPI Mega Angkasa.

Ada beberapa gelar yang telah disiapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2022, yaitu Puteri Indonesia Lingkungan 2022, Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit.

3 dari 4 halaman

44 Finalis

Untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan juga akan mendapatkan beasiswa S2 dari Universitas Indonesia, IPMI dan BSI.

Ketiga ratu dunia bersama tiga Puteri Indonesia 2020 dan 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan tampil memukau dengan sentuhan makeup dari Mustika Ratu Beauty Queen Series dan Bengkoang Series yang berkolaborasi dengan makeup artist (MUA) Bubah Alfian dan tim MUA Mustika Ratu.

Selain itu, ada busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Jawa Tengah sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desainer anak bangsa seperti, Anaz Khairunaz, Intan Avantie, Evelin Gunawijaya, Opulence, Lukman Abadi, dan Soni Wicaksono.

Mereka semua punya ciri khas Touch of Jawa Tengah dibantu stylist Doley Tobing bersama Revashion dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Bening Luxury dan Monliesmade serta sepatu dari Rotelli.

4 dari 4 halaman

Siaran Langsung

Pada saat karantina, 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan di antaranya pembekalan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pembekalan Kementerian Kordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pembekalan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Lalu ada pembekalan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Kelas Milenial bersama Kaesang Pangarep dan Anandita Makes, Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, kelas koreografi.

Dan yang tak kalah menarik adalah penampilan finalis Puteri Indonesia pada acara Fashion Show Indonesia berbasis Budaya dilanjutkan dengan malam Seni dan Budaya serta Fashion Show Jakarta Muslim Fashion Week di Gandaria City, Jakarta dan kegiatan lainnya. 

Acara ini juga akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional SCTV mulai pukul 20.00 WIB. Selain itu, ada live streaming melalui YouTube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat disaksikan dari seluruh dunia.