Sukses

Pemilihan Puteri Indonesia 2022 Usung Tema Kekayaan Budaya dan Keindahan Borobudur

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pemilihan Puteri Indonesia akan kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Malam puncak Puteri Indonesia 2022 rencananya bakal diadakan pada 27 Mei mendatang.

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 25 di tahun 2022 ini dengan mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan Borobudur.  Hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadikan Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ada 44 Finalis Puteri Indonesia 2022 dengan berbagai profesi yaitu mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati sampai pengusaha siap berkompetisi untuk memperebutkan tiga mahkota Borobudur yang baru persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Mahkota Puteri Indonesia 2022 ini terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata. 44 finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi ini sudah berada di Jakarta untuk mengikuti konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2022 yang digelar di Padang Room, Hotel The Westin Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan dikalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda.

Mereka ingin mendorong para remaja putri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas dan potensi yang beragam. "Kami berharap melalui penyelenggaraan PPI 2022 ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat kembali Indonesia, khususnya dibidang pariwisata dan industri kreatif," terang Putri saat konferensi pers, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Putri juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Presiden Jokowi yang telah menerima 44 finalis Puteri Indonesia 2022 sebagai representasi generasi muda penerus bangsa di Istana Kepresidenan Bogor beberapa waktu lalu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Memajukan Produk Asli Indonesia

Selanjutnya, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan, jamu dan kesehatan selalu mendukung pemberdayaan dan kemajuan perempuan Indonesia melalui Pemilihan Puteri Indonesia.

Menurut Bingar, Pemilihan Puteri Indonesia merupakan komitmen PT MRAT sejak tahun 1992 yang bertujuan untuk membina remaja puteri Indonesia yang berprestasi agar dapat mengembangkan potensinya menjadi generasi penerus bangsa yang berperan aktif dan positif untuk memajukan produk asli buatan Indonesia, "Mustika Ratu juga akan mempersembahkan produk Beauty Queen Series dan Bengkoang Series sebagai perawatan para puteri," ujar Bingar.

Pada saat karantina, 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan di antaranya pembekalan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pembekalan Kementerian Kordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pembekalan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Lalu ada pembekalan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Kelas Milenial bersama Kaesang Pangarep dan Anandita Makes, Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, kelas koreografi. Dan yang tak kalah menarik adalah penampilan finalis Puteri Indonesia pada acara Fashion Show Indonesia berbasis Budaya dilanjutkan dengan malam Seni dan Budaya serta Fashion Show Jakarta Muslim Fashion Week di Gandaria City, Jakarta dan kegiatan lainnya.

Selama menjalani serangkaian masa karantina, para finalis menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan di official hotel partner Hotel The Westin Jakarta dari tanggal 18 sampai 27 Mei 2022, dan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

3 dari 4 halaman

Seni dan Budaya Daerah

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desainer anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerjasama dengan KADIN Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional (National Costume).

Lalu akan dan Malam Seni dan Budaya, dimana para finalis akan menunjukkan keterampilan dan bakatnya yang mewakili seni dan budaya daerahnya masing-masing. Dari unjuk bakat ini akan terpilih tiga nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan tiga nominasi Puteri Berbakat Terbaik di Mal Gandaria City, Sabtu 21 Mei 2022.

Selanjutnya, bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, 44 finalis Puteri Indonesia akan tampil dalam peragaan busana dalam acara Jakarta Muslim Fashion Week yang dilaksanakan di tempat yang sama pada Minggu, 22 Mei 2022.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2022 akan diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, 27 Mei 2022. Acara tersebut akan dihadiri oleh Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu dari India, Miss International 2019, Sireethorn Leeramwat dari Thailand dan 1st Runner Up Miss Supranational 2021, Karla Guilfu Acevedo dari Puerto Riko.

Ada beberapa gelar yang telah disiapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2022, yaitu Puteri Indonesia Lingkungan 2022, Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit. 

4 dari 4 halaman

Tim MUA

Untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan juga akan mendapatkan beasiswa S2 dari Universitas Indonesia, IPMI dan BSI.

Ketiga ratu dunia bersama tiga Puteri Indonesia 2020 dan 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan tampil memukau dengan sentuhan makeup dari Mustika Ratu Beauty Queen Series dan Bengkoang Series yang berkolaborasi dengan makeup artist (MUA) Bubah Alfian dan tim MUA Mustika Ratu.

Selain itu ada busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Jawa Tengah sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desainer anak bangsa seperti, Anaz Khairunaz, Intan Avantie, Evelin Gunawijaya, Opulence, Lukman Abadi, dan Soni Wicaksono. Mereka semua punya ciri khas Touch of Jawa Tengah dibantu stylist Doley Tobing bersama Revashion dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Bening Luxury dan Monliesmade serta sepatu dari Rotelli.

Acara ini juga akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional SCTV, selain juga live streaming melalui youtube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat disaksikan dari seluruh dunia.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2022 dan kunjungan Miss Universe 2021 tidak terlepas dari dukungan liputan dari official media partner seperti SCTV, Beritastu.Holding, dan para sponsor.