Sukses

Invasi Rusia ke Ukraina Ubah Kehidupan Warga dan Kota Tempat Mereka Melarikan Diri

Invasi Rusia ke Ukraina berdampak luas kepada banyak warga Ukraina dan kota-kota tempat mereka melarikan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia ke Ukraina berdampak luas pada jutaan orang. Tak sedikit dari warga Ukraina yang terlantar, kehilangan dan terpisah dari orang-orang tercinta, hingga harus meninggalkan tanah kelahirannya dan kabur ke negara lain untuk menyelamatkan diri.

Dikutip dari ABC, Selasa (19/4/2022), salah satu kisahnya datang dari pengungsi Ukraina Marichka Kritenko yang menuju ke barat setelah meninggalkan rumahnya di Kiev bersama suami dan kucingnya. Ia menyebut melarikan diri dari konflik seperti berada dalam keadaan darurat di pesawat.

Setelah mengatur ulang hidup mereka di kota Rivne, Kritenko dan suaminya mulai menjadi sukarelawan layanan mereka dan memberikan bantuan kepada pengungsi Ukraina lainnya. "Seperti aturan di pesawat, pertama-tama kenakan masker oksigen pada diri Anda dan kemudian pada anak," kata Kritenko kepada ABC.

Kritenko melanjutkan, "Berikut adalah aturan yang sama. Anda harus terlebih dahulu dikumpulkan dan menyediakan kondisi yang sesuai untuk anak-anak Anda dan kerabat lanjut usia."

"Di sini kami memiliki kondisi kehidupan yang baik. Kami menyewa sebuah flat besar dan sekarang memiliki kesempatan untuk menjamu teman-teman kami dari Bucha," ungkapnya.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), 7,1 juta warga Ukraina telah mengungsi sejak awal invasi Rusia. Sebagian besar dari mereka telah menetap di bagian barat negara itu dan berusaha untuk melanjutkan hidup mereka sebaik mungkin.

Di antara mereka adalah Galiya Faskhutdinova, yang telah menemukan tempat tinggal yang relatif aman di kota Ternopil, Ukraina barat. Ia meninggalkan Kiev bersama ibunya ketika Rusia pertama kali mulai menembaki ibu kota Ukraina pada 24 Februari 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Mereka

Faskhutdinova menggambarkan rumah barunya yang sementara, yang memiliki populasi sekitar 220.000 sebelum invasi, sebagai "imut". Dia juga mengaku merindukan kampung halamannya. Meski berterima kasih kepada kerabat seorang teman yang telah memberinya tempat tinggal, dia merasa terisolasi lantaran rumah baru mereka berada di pinggiran kota.

"Aku hanya ingin pulang," katanya kepada ABC. "Aku rindu teman-temanku, aku rindu pacarku, dan aku rindu jalan-jalan dan merasa aman."

Faskhutdinova menyebut, "Aku tidak terbiasa dengan ini. Aku terbiasa memiliki kehidupan yang aktif di kota besar, tetapi saya selalu berada di apartemen."

Ia menambahkan bahwa kehidupan di Ternopil tidak sepenuhnya aman. Faskhutdinova mengatakan sirene serangan udara biasanya berbunyi dua kali sehari, mengirim orang ke tempat perlindungan bom untuk bersembunyi.

"Kami tidak boleh keluar rumah setelah jam 10 malam dan wajib mematikan lampu pada jam 9 malam," katanya.

3 dari 4 halaman

Mengubah Kota

Di Uzhhorod, di perbatasan dengan Slovakia, jurnalis lokal Denis Goncharenko mengatakan masuknya pengungsi telah mengubah kota, melipatgandakan populasi dan menyebabkan harga akomodasi dan makanan meroket. Goncharenko menyebut kota itu sekarang "terasa seperti kota metropolitan".

"Orang-orang mengantre karena semuanya sibuk di dalam," katanya.

Untuk mengatasi peningkatan tajam orang di kota dan logistik yang kompleks, sistem kupon telah diperkenalkan untuk pengungsi. Dia mengatakan orang dapat menukar kupon mereka untuk makan tiga kali sehari, dan orang biasanya menunggu dalam antrean selama sekitar 20 menit.

"Ini tidak nyaman, tetapi pemerintah daerah perlu mempertanggungjawabkan uang yang mereka keluarkan," katanya.

4 dari 4 halaman

Cerita Berbeda

Meski demikian, Goncharenko mengatakan pendatang baru mulai "menyesuaikan diri" dan mencoba untuk mencapai rasa normal lagi. "Mereka yang tidak akan melangkah lebih jauh mencoba untuk memperlengkapi hidup mereka, menjadi sukarelawan, melanjutkan bisnis dan kehidupan mereka," katanya.

Kritenko mengatakan lebih dari 50.000 pengungsi internal (IDP) telah secara resmi tiba di Rivne sebelum keluarganya. "Kami tidak terdaftar, yang berarti jumlah pengungsi internal bisa dua kali lipat secara tidak resmi," katanya.

Kota ini sebelumnya hanya berpenduduk 240,00 jiwa. "Sekarang kami mengalami banyak kemacetan lalu lintas di sini," katanya.

"Ketika saya menggunakan layanan taksi, saya hampir selalu dikemudikan oleh pengemudi non-lokal yang merupakan pengungsi dari kota-kota Ukraina lainnya dan dapat memperoleh uang dengan transportasi di sini," tambahnya.

Ia melanjutkan pemerintah daerah memastikan tidak ada harga yang mencongkel di toko-toko. "Mereka tidak mengizinkan bisnis untuk melampaui batas dalam penetapan harga," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.