Sukses

Anak Kosan di Tanggal Tua? Ini Sederet Tips Buat Kalian!

Lantas bagaimana cara anak kos bisa tetap hemat dan bertahan hidup di tanggal tua? Yuk! Simak tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Anak kos identik dengan dompet yang cekak di akhir bulan. Makanan yang ditunggu tiada datangnya, kiriman uang tiada ada hilalnya, namun uang di dompet sudah tiada yang bersisa. Kebiasaan yang seringkali dilakukan anak kos yang menghabiskan uang di awal bulan untuk foya-foya dan mulai merasa bingung di akhir bulan karena tidak ada simpanan uang.

Lantas bagaimana cara anak kos bisa tetap hemat dan bertahan hidup di tanggal tua? Yuk! Simak beberapa tips menariknya.

1. Buat Anggaran Sebulan

Saat dapat uang bulanan, ada baiknya langsung mencatat berbagai keperluan yang dibutuhkan selama satu bulan, mulai dari uang makan, transportasi, kebutuhan sehari-hari, hingga dana seperti fotokopi ataupun print. Hal ini dimaksudkan agar pengeluaranmu dapat dimonitor dan tidak ada uang yang keluar dengan sia-sia. Malas mencatat secara manual? Pakai saja platform pencatatan digital yang tersedia di Playstore atau Appstore di gawai kalian, efektif dan efisien secara waktu ya kan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Belanja Kebutuhan Sebulan Sekali

Ada baiknya mulai deh belanja satu bulan sekali. Supaya uang keperluan sehari-hari bisa tertata sebagaimana mestinya. Apabila membeli barang saat barang tersebut habis saja, seringkali secara impulsif ada saja barang belanja tambahan yang tidak dibutuhkan kita beli juga. Sebaliknya, membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu akan membuat kita lebih fokus pada barang-barang yang diperlukan. Selain itu, karena secara kuantitas dan nominal harga barang yang dibeli sudah besar, kecenderungan untuk membeli barang-barang tambahan jadi berkurang.

Nah yang harus kalian perhatikan untuk belanja kebutuhan kayak gini adalah promo. Iya promo yang ditawarkan oleh minimarket atau supermarket tempat kalian belanja. Terkadang lumayan loh potongan harga yang diberikan, bisa dialokasikan ke barang yang lain deh kalau buat anak kosan!

3. Masak dan Bawa Bekal Sendiri

Nah, kala tips ini, cocok buat mereka yang di kosannya itu ada dapur, kalau gak ada dapur, kalian yang punya kompor portable juga cocok gunain tips ini. Kan enak ya kalau bisa masak sendiri, jadi gak perlu keluarin uang lagi buat jajan di luar yang kadang borosnya gak ketulungan. Dan satu lagi, jangan lupa di kosan siapin air mineral galon! Ini penting, biar kalian bisa bawa botol air minum ke mana pun kalian aktivitas. Kalau lagi lapar di kelas atau di jalan, bisa kalian minum air yang kalian bawa sebagai penahan lapar. Tapi ingat, air mineralnya yang asli dari pegunungan ya, bukan hasil dari sulingan.

3 dari 3 halaman

4. Cari Penghasilan Sampingan

Tips yang terakhir sih ini buat nambah uang jajan di tanggal tua ya. Semisal kalian emang gak bisa buat belanja sebulan sekali atau masak sendiri, tips ini yang paling ampuh. Kerja sampingan sebagai pelayan atau barista kedai kopi menjadi hal yang lumrah dilakukan anak kosan demi menyambung nasib di tanggal tua, tapi ada juga yang jadi freelancer.

Apalagi sekarang semakin mudah mencari pekerjaan sampingan, sudah ada situs atau platform yang bisa memudahkan anak kosan buat cari kerja sampingan, daftarnya gratis, tapi hasilnya bisa buat akhir bulan gak meringis.

Beberapa tips di atas bisa diterapkan buat bertahan hidup di tanggal tua. Perlu diingat, kunci dari semua cara tersebut adalah disiplin dan hemat. Tak perlu menjadi anak kosan untuk melakukan langkah-langkah di atas sih. Kalian bisa melakukan langkah tersebut untuk belajar menabung agar kalian mampu mengatur kebutuhan finansial di masa depan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.