Sukses

Mantan Model Linda Evangelista Ungkap Insiden Sedot Lemak yang Membuatnya Cacat Permanen

Supermodel era 90an, Linda Evangelista mengaku takut melihat cermin setelah mengalami efek samping dari prosedur sedot lemak yang dijalaninya.

Liputan6.com, Jakarta - Sempat menyandang status sebagai supermodel di era 90-an membuat Linda Evangelista akrab dengan fashion show dan jepretan kamera. Hingga insiden prosedur sedok lemak mengubah hidupnya dan memilih untuk mengasingkan diri selama hampir lima tahun.

Dikutip dari People, Kamis (17/2/2022), Linda Evangelista mencurahkan kisah rasa sakit, baik emosional dan fisik, yang membayangi hidupnya dalam beberapa tahun terakhir. Semua ini berawal ketika ia menjalani CoolSculpting, prosedur "pembekuan lemak" populer yang disetujui FDA yang dipromosikan sebagai alternatif non-invasif untuk sedot lemak.

Prosedur yang dijalani itu dikatakan Evangelista membuatnya "cacat permanen". Ia mengajukan gugatan pada September menuntut perusahaan induk CoolSculpting, Zeltiq Aesthetics Inc., sebesar 50 juta dolar AS (Rp713 miliar) sebagai ganti rugi.

Evangelista mengatakan dirinya tidak bisa bekerja sejak menjalani tujuh sesi CoolSculpting di kantor dokter kulit dari Agustus 2015 hingga Februari 2016. "Saya senang berada di atas catwalk. Sekarang saya takut bertemu dengan seseorang yang saya kenal," katanya kepada People sembari menangis.

"Saya tidak bisa hidup seperti ini lagi, dalam persembunyian dan rasa malu. Saya hanya tidak bisa hidup dalam rasa sakit ini lebih lama lagi. Saya bersedia untuk akhirnya berbicara," lanjut perempuan berusia 56 tahun ini.

Tiga bulan setelah perawatan, model era 90-an ini mulai melihat tonjolan di dagu, paha, dan area bra. Area yang sama yang ingin dia kecilkan tiba-tiba membesar, mengeras, dan jadi mati rasa.

"Saya mencoba memperbaikinya sendiri, mengira saya melakukan sesuatu yang salah," kata Evangelista. Ia pun mulai berdiet dan berolahraga lebih banyak. "Saya sampai di masa saya tidak makan sama sekali. Saya pikir saya kehilangan akal sehat," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Efek Samping

Pada Juni 2016 dia berobat ke dokter. "Saya menurunkan jubah saya. Saya menangis, dan saya berkata, 'Saya belum makan, saya lapar. Apa yang saya lakukan salah?'" jelasnya.

Ketika dokter mendiagnosisnya dengan Paradoxical adipose hyperplasia (PAH), dia berkata, "Saya seperti, 'Apa-apaan itu?' Dan dia memberi tahu saya tidak ada diet, dan tidak ada olahraga yang akan memperbaikinya."

PAH merupakan efek samping langka yang memengaruhi kurang dari satu persen pasien CoolSculpting. Proses pembekuan menyebabkan jaringan lemak yang terkena menebal dan mengembang.

"Itulah bagian yang menjengkelkan," kata Dr. Alan Matarasso, ahli bedah plastik di New York City dan profesor di Northwell School of Medicine (dia tidak pernah merawat Evangelista). "Pasien datang untuk mengurangi sesuatu, dan kini itu membesar. Masalah PAH adalah, dalam beberapa kasus, mungkin tidak hilang. Dalam banyak keadaan, area yang terkena tidak lagi dapat dilakukan sedot lemak seperti sebelumnya."

Dalam sebuah pernyataan kepada People, perwakilan CoolSculpting menyebut prosedur "telah dipelajari dengan baik dengan lebih dari 100 publikasi ilmiah dan lebih dari 11 juta perawatan dilakukan di seluruh dunia" dan menambahkan bahwa efek samping langka yang diketahui seperti PAH "terus didokumentasikan dengan baik di informasi CoolSculpting untuk pasien dan penyedia layanan kesehatan." Disetujui FDA pada 2010, CoolSculpting menggunakan proses yang dikenal sebagai cryolipolysis.

3 dari 5 halaman

Prosedur

Berdasarkan cara frostbite (kerusakan pada kulit dan jaringan yang disebabkan oleh paparan suhu beku) memengaruhi manusia, prosedur ini bekerja dengan menempatkan gulungan lemak di antara dua paddles, yang mendinginkan lemak ke suhu di bawah titik beku. Studi menunjukkan bahwa perawatan ini dapat mengurangi timbunan lemak yang ditargetkan hingga 20 persen.

"Saya menganggapnya sebagai perawatan yang aman dan efektif yang bermanfaat dan memiliki tingkat kepuasan pasien yang tinggi," kata Dr. Sue Ellen Cox, seorang dokter kulit di Chapel Hill, NC, yang telah menguji klinis atas nama CoolSculpting dan mengatakan bahwa dia telah berhasil melakukan prosedur ini ribuan kali. "Jika Anda dapat mencubit satu inci (lemak), Anda akan menjadi kandidat yang baik untuk CoolSculpting. Ini adalah standar emas noninvasif (prosedur pengurangan lemak)."

Evangelista menuduh bahwa ketika dokternya menghubungi CoolSculpting tentang PAH-nya, perusahaan mengatakan kepadanya bahwa mereka ingin "memperbaikinya" dan menawarkan untuk membayar sedot lemak dengan ahli bedah yang dipilih perusahaan untuk memperbaiki kerusakan PAH. (Zeltiq menolak mengomentari tuduhan khusus Evangelista, dengan alasan proses pengadilan yang tertunda.) Dalam gugatannya, Evangelista menyebut bahwa "pada malam" sedot lemaknya, dia diberitahu bahwa Zeltiq akan menutupi prosedur hanya jika dia menandatangani perjanjian kerahasiaan.

4 dari 5 halaman

Kondisi Kini

Ia menolak dan menjalani yang pertama dari dua operasi sedot lemak seluruh tubuh yang ia bayar pada Juni 2016. Setelah operasi, Evangelista mengatakan, dia harus mengenakan pakaian kompresi, ikat pinggang dan tali dagu selama delapan minggu. Jika tidak, "PAH mungkin akan kembali." Yang, katanya, kondisi itu memang terjadi, bahkan setelah sedot lemak kedua pada Juli 2017.

"Bahkan tidak sedikit lebih baik. Tonjolannya menonjol dan keras. Jika saya berjalan tanpa ikat pinggang dalam gaun, saya akan mengalami lecet hingga hampir berdarah. Karena tidak seperti menggosok lemak yang lembut, itu seperti menggosok lemak yang keras," jelasnya.

Ia mengatakan posturnya juga telah terpengaruh karena dia tidak bisa lagi "meletakkan lengan saya di sisi tubuh saya. Saya tidak berpikir desainer akan ingin mendandani saya dengan itu". Ia menurunkan kemejanya dan menunjukkan bentuk persegi panjang dari PAH menonjol dari bawah lengannya dan menyebut "mencuat dari tubuhku." "Saya tidak melihat ke cermin," tambahnya. "Itu tidak terlihat seperti saya."

5 dari 5 halaman

Infografis Penghasilan Tertinggi Model Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.