Sukses

Melania Trump Lelang Topi Putihnya, Penawaran Minimum Rp3,5 Miliar

Salah satu barang yang akan dilelang Melania Trump adalah topi putih yang ia kenakan saat menyambut keluarga Presiden Prancis Emmanuel Macron di Gedung Putih 2018 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Melania Trump akan melelang topi putih yang ia kenakan selama kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron ke Gedung Putih pada 2018 lalu. Kabar ini disampaikan Melania melalui situs resminya pada Selasa, 4 Januari 2022.

Dilansir dari CNN, Rabu (5/1/2022), istri Donald Trump ini menyampaikan dalam sebuah pernyataan dari kantornya, selain topi, lelang juga akan termasuk car air karya Marc-Antoine Coulon. Ia adalah seorang seniman Prancis yang menarik perhatian Melania untuk NFT-nya bulan lalu.

Karya itu disebut didefinisikan sebagai "sebuah NFT karya seni digital eksklusif dengan gerak." NFT kedua Melania terjual dalam waktu kurang dari sebulan yang menampilkan gambar topi dengan beberapa animasi.

Kantor Melania menyebut hasil lelang akan digunakan untuk inisiatif bagian dari program Melania, Be Best. Namun, tidak jelas berapa banyak dana yang akan disumbangkan.

Topi putih yang akan dilelang ditandatangani oleh Melania. Topi bundar berbentuk agar besar tersebut dirancang oleh stylist pribadi mantan ibu negara AS itu, Hervé Pierre.

Rancangan topi dibuat agar sesuai dengan setelan white crepe Michael Kors Collection yang senilai 2.105 dolar AS atau setara Rp30 juta. Topi tersebut digunakannya saat acara siang hari di Gedung Putih menyambut kehadiran Emmanuel Macron dan Brigitte Macron.

Kunjungan Presiden Prancis dan istrinya adalah kunjungan kenegaraan resmi pertama pemerintahan Donald Trump dari seorang pemimpin asing. Momen ini terjadi pada April 2018, beberapa minggu setelah berita utama skandal tentang dugaan perselingkuhan mantan Presiden itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bersejarah

Penampilan Melania Trump dengan topi untuk kunjungan ke Prancis itu diawasi ketat oleh media. Mengingat, acara tersebut adalah pertama kalinya dia muncul bersama suaminya setelah berita tentang pernikahannya.

Ketiga barang tersebut akan memiliki tawaran pembukaan sebesar 250 ribu dolar AS atau setara Rp3,5 miliar. Penawaran hanya akan diterima melalui SOL, suatu bentuk mata uang kripto.

Penjelajahan Trump ke dunia NFT dan mata uang kripto bukanlah cara tradisional untuk mantan ibu negara. Banyak dari mereka menulis memoar atau melanjutkan pekerjaan amal di luar Gedung Putih.

3 dari 4 halaman

Gaya Melania

Banyak ibu negara menyumbangkan barang-barang penting berupa pakaian atau barang-barang pribadi lainnya yang terkait dengan momen-momen bersejarah suatu pemerintahan ke perpustakaan kepresidenan yang terkait dengan suami mereka untuk dipamerkan atau ke lembaga atau organisasi tingkat museum lainnya. Yang dikenakan ibu negara biasanya untuk acara-acara resmi tertentu, seperti kunjungan kenegaraan seperti keluarga Presiden Prancis.

Kala itu, Melania Trump mengenakan topi dan menjadi bagian dari catatan sejarah administrasi dan dianggap sebagai aset nyata untuk periode politik Amerika. Misalnya, beberapa item pakaian Jacqueline Kennedy sebagai ibu negara adalah bagian dari pameran di Perpustakaan & Museum Kepresidenan John F. Kennedy.

Pada 16 Desember 2021, Melania mengumumkan NFT pertamanya yang rilis terbatas dan ditutup pada 31 Desember 2021. Item tersebut terdiri dari gambar cat air matanya oleh Coulon untuk dijual seharga 150 dolar AS (Rp2,1 juta).

Sementara, preview barang-barang di situs Melania Trump dimulai Selasa, 4 Januari 2022. Tampilan tersebut dengan penawaran pada lot, berjudul "Koleksi Kepala Negara," dan akan dibuka 11--25 Januari 2022.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.