Sukses

Aksi Penjual Minuman Keliling Layani Pembayaran dengan Mesin EDC

Penjual itu menyediakan berbagai minuman hangat dan dingiin seperti pedagang keliling lainnya, tapi menerima pembayaran dengan kartu debit.

Liputan6.com, Jakarta - Kedai kopi belakangan ini semakin menjamur di sejumlah daerah. Varian minuman kopi pun semakin bertambah dengan sentuhan kekinian. Meski begitu, penjual kopi keliling tetap masih eksis dan banyak disukai karena racikannya yang khas dan harganya yang murah.

Umumnya kopi keliling dijajakkan menggunakan motor atau sepeda kayuh. Biasanya ketika berhenti, para penjual kopi keliling akan membuatkan pesanan di gerobak belakang kendaraan yang digunakannya.

Dengan persaingan yang semakin ketat, sejumlah penjual berusaha membuat inovasi agar tidak ditinggal pembeli. Belum lama ini warganet dibuat terheran-heran sekaligus takjub dengan potret penjual kopi keliling di media sosial.

Jika biasanya penjual kopi keliling hanya menerima uang tunai, lain halnya dengan penjual minuman yang satu ini. Pada foto yang diunggah kembali oleh salah satu akun Twitter, tampak seorang penjual pria menjual berbagai jenis minuman sachet, mulai dari kopi, susu sampai berbagai minuman rasa buah.

Pria itu juga menjual air mineral botolan. Seperti penjual minuman lainnya, ia juga terlihat membawa termos berisi air panas dan es batu agar bisa menjual minuman panas ataupun dingin.

Yang menarik perhatian, ia terlihat menerima pembayaran dengan mesin Electronik Data Capture (EDC) atau biasa disebut mesin debit. "Canggih banget," tulis akun Twitter@txtdroffstore yang mengunggah kembali foto penjual kopi keliling pakai mesin EDC tersebut pada 2 Januari 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semakin Banyak

Abang penjual minuman keliling berbaju sederhana tersebut tengah menggesek kartu debit milik seorang driver ojek online (ojol) ke mesin yang ada di gerobak dagangan miliknya. Melihat penjual minuman keliling pakai mesin EDC sebagai alat pembayaran tersebut banyak warganet yang kemudian memberikan berbagai tanggapan melalui kolom komentar.

"Eh seriusan, gue butuh abang-abang kayak gini plis diperbanyak lah. Soalnya gue malas pegang uang cash kalau di rumah lagi nggak pegang duit mau jajan. Abang-abang lewat gitu jadi nggak bisa karena nggak ada cash," komentar seorang warganet.

"Semoga semakin banyak pedagang yang begini. Kalau nggak ada mesin EDC, minimal barcode e-wallet deh hehe," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, foto penjual kopi keliling pakai mesin debit tersebut telah disukai lebih dari 14 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 420 komentar.

3 dari 4 halaman

Es Robot

Beberapa waktu lalu aksi penjual es juga sempat viral. Seorang pedagang es di Padalarang, Jawa Barat, punya cara unik untuk menarik perhatian pembeli. Ia memodifikasi mesin printer untuk menyajikan minuman yang diberi nama Es Robot.

Meski sekilas terlihat canggih, nyatanya es robot ini masih dioperasikan secara manual. Dengan menggunakan sebuah printer kertas bekas, si penjual awalnya hanya memencet tombol di sisi kiri.

Mesin berwarna merah muda tersebut nampak langsung mengaduk minuman dengan sendirinya. Setelah selesai, si penjual menaruh satu gelas plastik berisikan es batu di sisi depan printer untuk menampung minuman dari dalam mesin.

Si penjual pun tak segan mengizinkan pembeli untuk mencoba mesin itu hingga menghasilkan minuman es yang siap diteguk. Kendati cara kerjanya sederhana, es robot ini sukses mencuri perhatian para pembelinya. Terlebih, es robot tersebut dibanderol dengan harga hanya Rp2 ribu per gelas. Banyak warganet memberikan pujian atas kreativitas si penjual.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.