Sukses

Momen Pengantin Pria Sentuh Kaki Pengantin Perempuan India Viral, Apa Sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video pernikahan di India mendadak viral lantaran pengantin pria tiba-tiba menyentuh kaki pengantin perempuan. Padahal, dalam tradisi pernikahan India memiliki ritual setelah pernikahan selesai pengantin perempuan harus menyentuh kaki pengantin pria.

Hal tersebut sebagai tanda hormat kepada suami. Ritual tersebut bagian dari pernikahan yang sudah berlangsung sejak zaman dahulu.

Namun, tindakan menyentuh kaki suami juga dianggap terbelakang atau seksis oleh orang di zaman sekarang, seperti melansir dari laman India.com, Jumat, 17 September 2021. Banyak yang percaya kenapa harus wanita saja yang menyentuh kaki pengantin pria, kenapa pengantin pria tidak bisa melakukan hal yang sama?

Namun, pada abad ke-21 ini, banyak pasangan tidak merasa kuat tentang kebiasaan dan ritual kuno itu. Mereka lebih memilih untuk tidak melakukannya sama sekali atau melakukannya secara setara.

Dalam tren video pernikahan terbaru, yang ini istimewa karena pengantin pria memberikan contoh sempurna tentang bagaimana pasangan dan pernikahan secara keseluruhan harus setara. Ia dengan penghormat, menyentuh pengantin perempuan.

Video menunjukkan pasangan pengantin baru berdiri saling berhadapan setelah semua ritual lainnya selesai. Pengantin wanita membungkuk untuk menyentuh kaki pengantin prianya sebagai bagian dari ritual pernikahan tetapi apa yang terjadi sangat menyegarkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Contoh

Saat pengantin wanita membungkuk, pengantin pria menghentikannya dan bahkan membungkuk juga untuk menyentuh kaki pengantin wanita. Video tersebut dinilai menjadi contoh seperti apa pernikahan yang setara dan bagaimana seharusnya.

Pernikahan pasangan pengantin tersebut berlangsung di sebuah pura.Video viral tersebut pertama diunggah di Instagram oleh akun bernama Piyush Avchar @mr_robin_hudd, pada 5 September 2021.

Pengantin perempuan yang mengenakan sari merah mendadak terkejut saat sang penganti pria yang mengenakan kemeja merah dan celana biru itu menyentuh kakinya. Ia tak menyangka jika sang suami menyentuh kakinya.

3 dari 4 halaman

Pernikahan India

Warganet ramai membicarakan sikap pengantin pria yang sangat menghormati istrinya. Mereka ramai mengucapkan selamat kepada pengantin yang sedang berbahagia itu.

"Kalian berdua beruntung," komentar seorang warganet. "Luar biasa," seru warganet yang lain.

Acara inti pernikahan di India adalah upacara pemberkatan nikah. Acara ini dilakukan sesuai dengan adat dan agama masing-masing mempelai, meskipun sama-sama Hindu, tata cara pemberkatan nikahnya bisa berbeda, dilansir dari KapanLagi.

Biasanya hanya keluarga dan sahabat yang paling dekat yang menjadi saksi. Keluarga dalam pandangan masyarakat India adalah seluruh anggota yang masih berhubungan darah.

4 dari 4 halaman

Infografis Terjerat Modus Kawin Pesanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.