Sukses

Daftar Bandara Teraman dari Covid-19 di ASEAN 2021, Bandara Soetta Peringkat Berapa?

Safe Travel Barometer merilis daftar bandara dengan penerapan protokol kesehatan terbaik di ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara atau bandar udara menjadi salah satu tempat yang paling banyak bersinggungan dengan wisatawan. Karena menjadi pintu masuk-keluarnya wisatawan, tak heran beberapa bandara di dunia, khususnya di ASEAN atau Asia Tenggara, juga menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baru-baru ini, lembaga global Safe Travel Barometer merilis daftar bandara dengan penerapan protokol kesehatan terbaik di dunia. Dikutip dari laman Instagram @seasia, Minggu, 29 Agustus 2021, dalam daftar tersebut juga terdapat daftar bandara-bandara dengan penerapan protokol kesehatan terbaik di ASEAN.

Dalam penilaian tersebut, Safe Travel Barometer menggunakan Safe Travel Score dengan melakukan audit independen terhadap lebih dari 200 bandara di dunia. Mereka juga menilai upaya bandara dalam menerapkan berbagai langkah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan traveler.

Hasil Safe Travel Score didasarkan pada beberapa kategori. Misalnya, implementasi dari touchless processing (menghilangkan fasilitas atau proses yang membutuhkan sentuhan tangan), pengecekan suhu tubuh, peraturan kewajiban memakai masker, hand sanitizer, dan adanya kewajiban surat keterangan sehat.

Selain itu, mereka juga menilai tentang keharusan pengetesan Covid-19. Lalu, adanya aplikasi pelacakan kontak, ditetapkannya waktu minimum untuk check-in, mendisinfeksi toilet, eskalator, lift, boarding gate, dan pemakaian face shield bagi staf bandara. Rating atau nilai tertinggi dalam penilaian ini adalah 5, di mana belum ada bandara yang berhasil mendapatkan skor sempurna.

Hasilnya, Bandara Internasional Changi Singapura berhasil menempati urutan pertama sebagai bandara teraman dari Covid-19 dengan skor 4,3. Lalu, bagaimana dengan bandara di Indonesia, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta)?  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Bandara Soetta

Bandara di Tangerang ini ternyata berada di peringkat kedua sebagai bandara teraman dari Covid-19. Bandara Soetta berhasil unggul satu peringkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, yang berada di peringkat ketiga dengan skor 3,9.

Tak hanya Bandara Soetta, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali juga masuk daftar bandara teraman dari Covid-19. Bandara Ngurah Rai berada di peringkat kedelapan.

Berikut daftar 10 bandara teraman dari Covid-19 versi Safe Travel Barometer.

1. Bandara Internasional Changi, Singapura (4,3)

2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang-Indonesia (4,3)

3. Bandara Internasional Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Malaysia (3,9)

4. Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok-Thailand (3,9)

5. Bandara Internasional Cebu-Mactan, Kota Cebu-Filipina (3,9)

6. Bandara Internasional Manila, Manila-Filipina (3,7)

7. Bandara Internasional Phuket, Phuket-Thailand (3,7)

8. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali-Indonesia (3,5)

9. Bandara Internasional Chiang Mai, Chiang Mai-Thailand (3,5)

10. Bandara Internasional Phnom Penh, Phnom Penh-Kamboja (3,4).

3 dari 4 halaman

Layanan Staf Terbaik

Di awal bulan ini, Skytrax merilis daftar Bandara dengan Layanan Staf Terbaik 2021 dalam beberapa klasifikasi wilayah. Di kategori Asia, Bandara Soetta, berhasil menduduki posisi ke-10, melansir World Airport Awards, Senin 9 Agustus 2021.

Penghargaan untuk Layanan Staf Bandara ini dinilai berdasarkan kualitas layanan staf, mulai dari sikap, keramahan, sampai efisiensi di seluruh posisi garis depan di bandara. Ini termasuk staf yang bekerja untuk konter bantuan atau informasi pelanggan, staf imigrasi dan keamanan, toko, serta gerai makanan dan minuman.

Mengungguli Bandara Soekarno Hatta, ada Bandara Taiwan Taoyuan; Chubu Centrair Nagoya, Jepang; Hong Kong; Tokyo Narita, Jepang; dan Kansai, Osaka, Jepang. Sementara, posisi tiga teratas ditempati Bandara Incheon, Korea Selatan; Handea, Jepang; dan, pemenangnya, Changi Singapura.

4 dari 4 halaman

Kecaman Pemimpin Dunia untuk Bom Bandara Kabul Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.