Sukses

Jajanan Jadul Murah Meriah, Martabak Mini Seharga Rp500

Martabak mini ini juga disebut martabak jadul karena dulu banyak dijual di sekolah-sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka martabak? Penikmatnya banyak, penjualnya pun mudah dijumpai di berbagai tempat, baik martabak manis ataupun martabak telur. Harganya beragam, biasanya mulai dari Rp20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Ternyata, masih ada martabak manis yang harganya murah meriah. Ukurannya mini karena itu biasa disebut martabak mini.

Martabak jenis itu saat ini biasa dijual seharga Rp5 ribu. Tapi, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp500.

Informasi itu diketahui lewat video yang diunggah oleh seorang foodies dengan akun Instagram @nantikitamakanini. Dalam unggahan pada 3 Agustus 2021 itu, ada seorang penjual martabak mini yang menawarkan per potongnya Rp500.

Martabak mini ini juga disebut martabak jadul karena sudah dijual sejak dulu, terutama di sekolah-sekolah. Tampilan dari martabak mini ini sangat berbeda dengan martabak manis pada umumnya yang tebal dengan isian melimpah.

Martabak mini ini warnanya terlihat lebih pucat dan dipotong-potong berukuran kecil. Satu potongan kecil itulah yang bisa Anda beli dengan harga Rp 500. Penjualnya tidak menggunakan gerobak, tapi pikulan yang sudah jarang dijumpai belakangan ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kental Manis dan Margarin

Martabak dengan potongan yang kecil itu disusun rapi dalam wadah plastik. Martabak mini ini sepertinya juga tidak punya isian di bagian dalamnya. Saat menyajikannya, si penjual memasukannya terlebih dahulu ke dalam plastik berisi gula halus.

Sekilas cara menyajikannya seperti donat kampung. Tapi bedanya, martabak mini ini juga menambahkan kental manis rasa cokelat dan margarin di atas potongan martabak itu.

"Siapa yg dulu suka beli ini? Di daerah kalian namanya apa sih ini? 😅," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Video singkat yang sudah dilihat lebih dari 195 ribu kali itu mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang bilang jajanan murah itu sudah jarang dijumpai saat ini.

"Asli dulu SD beli ini tuh namanya martabak jablay soalnya murah trus enak," komentar seorang warganet. "Iya namanya martabak jg, ada lg satu jajanan yg martabak mini, iya dulu beli cm ada gula halus aja, gak ada blue band nya, duhh jadi pengen 😂," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Tanpa Kulit

Selain martabak manis, martabak telur juga banyak disukai. Makanan ini biasanya kulitnya renyah dan rasa telur serta campuran dagingnya yang gurih.

Tentunya kulit martabak dengan telur sudah menjadi satu kesatuan. Namun, seorang wanita mencoba untuk membeli martabak telur tanpa kulit karena ia tak bisa makan tepung. Pengalaman ini dibagikan melalui akun TikTok @bellaandgerry yang diunggah pada 3 Agustus 2021.

Wanita bernama Bella ini menghampiri sebuah gerobak martabak di pinggir jalan. Ia bertanya apakah bisa membeli martabak telur tanpa kulitnya. Pedagang ini kemudian mengocok telur yang sudah dibumbui dan diberi daun bawang serta bumbu-bumbu lainnya.

Campuran telur itu dituang ke wajan rata yang sudah terisi minyak panas. Telur tersebut kemudian dilipat dan dibolak-balik seperti martabak biasa. Saat matang, bentuknya mirip telur dadar. 

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.