Sukses

5 Cara Simpel Membersihkan Kulkas untuk Mencegah Bakteri

Membersihkan kulkas secara berkala dapat mencegah timbulnya bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap segar. Namun, jika lemari pendingin tak dibersihkan secara berkala, dapat membuat makanan tidak higienis karena terkontaminasi bakteri.

Setidaknya, Anda perlu membersihkan kulkas sebulan sekali. Langkah tersebut guna mencegah timbulnya bau dan bebas dari bakteri yang bisa menyebabkan makanan basi.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kulkas? Simak rangkumannya dikutip dari laman MarthaStewart, Minggu, 11 Juli 2021, berikut ini.

1. Keluarkan Isi Kulkas

Sebelum Anda memulai membersihkan kulkas, keluarkan isi kulkas terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk memudahkan proses pembersihan. Tempatkan barang penyimpanan yang ada di kulkas ke tempat lebih aman sampai Anda siap untuk mengembalikannya setelah dibersihkan.

2. Lap Bagian Dalam

Setelah mengeluarkan barang penyimpanan, mulailah membersihkan bagian dalam kulkas. Jangan lupa lepas kerangka kulkas, lalu siapkan larutan dua sendok makan soda kue dan satu liter air panas.

Mulai membersihkan dengan cara menyekanya menggunakan kain lembap untuk menjaga kulkas agar tidak rusak. Setelah itu, rendam bagian yang dapat dilepas dalam larutan yang sama dengan gosok, bilas, dan keringkan. Perlu diingat untuk mengerikan menggunakan handuk supaya memudahkan proses pengeringan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bersihkan Bagian Lemari Es

Bagian freezer juga jangan lupa dibersihkan. Caranya, singkirkan dulu es yang sudah membeku. Bersihkan bagian terpisah menggunakan sabun khusus untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan dari makanan.

4. Bersihkan Debu

Agar kulkas tetap bekerja secara efisien, bersihkan coil kondensor yang berada bagian belakang kulkas supaya alat pendingin bekerja dengan baik kembali. Alat tersebut umumnya banyak debu karena letaknya berada di bawah.

Caranya vakum secara perlahan-lahan untuk membersihkannya. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk pasang kembali dengan benar.

 
3 dari 4 halaman

5. Bersihkan Bagian Luar

Jangan lupa membersihkan bagian luar kulkas agar tampak seperti baru. Caranya dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan sabun lembut dan air, lalu perlahan-lahan membersihkanya.

Untuk eksterior berbahan baja, gunakan semprotan baja tahan karat khusus dan lap searah serat serta keringkan untuk mencegah goresan. Setelah membersihkan semua bagian kulkas, jangan lupa untuk memasang kembali bagian yang dilepas.

Setelah itu, tunggu benar-benar kering dan baru memulai untuk menyalakan kembali. Anda juga bisa meletakkan isi kulkas kembali, apabila ada barang atau bahan makanan yang sudah tidak layak segera buang. (Muhammad Thoifur)

 
4 dari 4 halaman

3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.