Sukses

KFC Melawai Ajak Pengunjung Bernostalgia ke 1979, Rombak Dekorasi hingga Hadirkan Menu Jadul

KFC Melawai menawarkan pengalaman menyantap berbeda bagi pelanggannya karena serba jadul.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja langkah yang diambil pengusaha kuliner agar bisa tetap eksis. Menyentil memori lama lewat nostalgia, misalnya, seperti yang dilakukan KFC Cabang Melawai, Blok M. Dari bangunan hingga menu makanan, semuanya seolah membawa pengunjungnya untuk kembali ke 1979.

Ada apa dengan tahun itu? Ternyata itu merupakan tahun restoran KFC pertama dibuka di Indonesia. Dilansir dari akun Instagram Pramborsfm, Kamis, 3 Juni 2021, Dick Galael melalui PT Fast Food (FAST) Indonesia membeli izin pemegang merek tunggal KFC di tanah air pada 1978.

Bangunan restoran pertama itu, jelas Kenny Djafar dalam video yang diunggah di akun tersebut, sebenarnya berada di seberang gedung restoran KFC Melawai sekarang. Meski begitu, pengelola gedung sedapat mungkin menghadirkan ambience tahun 70an ke bangunan baru. Terlihat mulai dari pinggir jalan, sign box berwujud bucket ayam yang merupakan logo lama KFC dipasang di parkiran.

Selanjutnya, bangunan putih bergaya retro klasik dengan beberapa tiang dicat merah mengingatkan KFC di awal berdiri. Begitu masuk, area tempat duduk langsung terasa jadulnya, lengkap dengan gorden merah sederhana yang mengingatkan pada situasi rumah nenek di desa. Area pemesanan pun didesain satu tema dengan lantai diganti tegel motif. 

Di video itu juga diperlihatkan seragam staf yang melayani pemesanan kembali ke masa lalu. Seragam yang sekarang sebenarnya berwarna merah, diganti dengan seragam putih atas bawah, lengkap dengan topinya. Penanda bahwa restoran itu sebenarnya modern terletak pada mesin pesan touch screen dan penggunaan sistem pembayaran kartu.

Beranjak ke lantai 2, interior restoran pada 1979 ditunjukkan lewat penempatan bangku kayu dan kursi beralas merah. Di lantai itu juga terdapat museum mini yang menyajikan perjalanan KFC dari awal hingga masuk ke Indonesia.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Jadul

Selain bangunan, KFC juga mengajak pelanggan bernostalgia lewat menu KFC yang pertama kali diluncurkan pada 1979. Menu andalan saat itu berupa paket Classic Combo dengan satu potong ayam original, roti atau dinner roll, jagung rebus, mashed potato, dan coleslaw sederhana dengan tambahan mayonnaise, kol, dan juga wortel. Paket Classic Combo tidak menyediakan minuman di dalamnya.

Satu paket menu Classic Combo dibanderol dengan harga Rp45.455. Harga yang tertera belum termasuk pajak yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan paket KFC lainnya. Menu nostalgia ini hanya bisa didapatkan di gerai Melawai. 

Tak hanya menu jadul, restoran juga menawarkan beberapa menu camilan, seperti kue pukis aneka rasa ala KFC. Ada pula es cendol yang khas Indonesia. Tema nostalgia itu memancing penasaran milenial yang belum lahir pada tahun itu. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Camilan Tradisional Tampil Lebih Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.