Sukses

Resep Praktis Sambal Tempe Kecap Pedas yang Gurih untuk Menu Sahur

Resep Praktis Sambal Tempe Kecap Pedas yang Gurih untuk Menu Sahur

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam pilihan menu yang pas untuk sahur maupun berbuka puasa di bulan Ramadan. Sebaiknya kita menyantap makanan yang membuat kita berselera di saat sahur dan mudah dimasak. Misalnya saja sambal tempe kecap pedas yang bahan dasarnya hanya tempe .

Siapa yang tak suka tempe yang hampir selalu ada di menu makanan di mana pun. Tempe mudah diperoleh, murah, bergizi dan enak tentunya. Tempe juga bisa diolah dalam waktu yang relatif singkat sehingga sangat cocok dijadikan menu sahur praktis maupun menu buka puasa Ramadan.

Tempe bisa dibuat banyak varian makanan, misalnya saja dimasak dengan sambal dan kecap. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah membuat sambal tempe kecap pedas yang gurih yang pasti menggugah selera. Sambal tempe kecap pedas pas dimakan bersama nasi putih maupun sayuran dan lauk lainnya.

Cara membuatnya pun mudah dan cepat. Dilansir dari laman Fimela.com, berikut resep membuat sambal tempe kecap pedas untuk menu sahur.

Bahan yang disiapkan

1 kotak tempe (potong dadu sesuai selera)

6 buah cabai rawit (iris tipis)

2 buah cabai merah besar (iris tipis)

3 siung bawang merah (haluskan)

2 siung bawang putih (haluskan)

Gula (secukupnya)

Garam (secukupnya)

Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Kecap manis (secukupnya)

1 batang daun bawang (jika suka, cincang halus).

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan

1. Goreng tempe yang sudah dipotong dadu sampai kering atau garing. Angkat jika sudah matang dan tiriskan.

2. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bawang yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan cabai rawit dan cabai merah besar ke dalamnya.

3. Tambahkan tempe yang sudah digoreng, lalu aduk rata. Tambahkan garam, gula, kaldu ayam dan kecap manis secukupnya. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang.

4. Tambahkan daun bawang agar rasa sambal tempe kecap ini semakin mantap. 

5. Sambal tempe kecap pedas siap disajikan.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.