Sukses

Detail Upacara Pemakaman Pangeran Philip, dari Daftar Pelayat sampai Tidak Mengikuti Tradisi

Liputan6.com, Jakarta - Istana Buckingham mengungkap 30 orang yang akan menghadiri upacara pemakaman Pangeran Philip pada Sabtu, 17 April 2021. Prosesi ini rencananya akan berlangsung di Kapel St George di Windsor, barat London, pukul 15.00, waktu setempat.

Melansir CNN, Jumat (16/4/2021), pengaturan pemakaman sebenarnya telah dirancang selama bertahun-tahun, tapi praktiknya harus menyesuaikan kondisi pandemi COVID-19. Salah satunya, jemaat pelayat hanya terdiri dari keluarga dekat dan teman-teman Duke of Edinburgh.

Kendati, peringatan itu akan mempertahankan tradisi pemakaman kerajaan dan "merupakan cerminan dari afiliasi militer Duke dan elemen pribadi kehidupan Yang Mulia," kata juru bicara Istana Buckingham.

Juru bicara istana menambahkan bahwa keluarga kerajaan berterima kasih atas pesan belasungkawa yang dikirim dari seluruh dunia. "Penghargaan dari (orang) tua dan (anak) muda benar-benar merupakan bukti luar biasa akan upaya abadi Yang Mulia," tambahnya.

Lebih dari 700 personel angkatan bersenjata dari Angkatan Laut Kerajaan, Marinir Kerajaan, Angkatan Darat Inggris, dan Angkatan Udara Kerajaan akan mendukung seremonial selama pemakaman.

Pangeran William dan Pangeran Harry pun akan berjalan di belakang peti mati mendiang suami Ratu Elizabeth II itu bersama ayah mereka, Pangeran Charles. Juga, anggota keluarga kerajaan lain sebagai bagian dari prosesi pribadi menjelang upacara pemakaman.

2 dari 5 halaman

Tidak Mengikuti Tradisi

Sementara Ratu Elizabeth II tidak akan ambil bagian dalam prosesi sebelum kebaktian. Pangeran Charles dan saudara perempuannya, Putri Anne, akan mengikuti Land Rover yang dimodifikasi khusus untuk membawa peti mati Duke ke kapel. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar delapan menit, di mana Pangeran Edward dan Pangeran Andrew akan ikut berpartisipasi.

Pangeran William dan Pangeran Harry akan datang berikutnya meski akan berjalan terpisah satu sama lain, diselingi sepupu mereka, Peter Philips. Di belakang mereka akan ada anggota keluarga lain, yakni suami Putri Anne, Wakil Laksamana Tim Laurence, dan Earl of Snowdon.

Anggota keluarga kerajaan yang tidak terlibat dalam prosesi, seperti Duchess of Cornwall dan Duchess of Cambridge, akan bergabung dengan Yang Mulia Ratu untuk menonton parade pemakaman di luar serambi Kapel Galilea. Ini juga termasuk kerabat sedarah dari pihak Duke yang akan hadir, termasuk keponakan laki-laki Pangeran Philip, Pangeran Herediter Baden dan Pangeran Hohenlohe-Langenburg.

Prosesi pun diantisipasi tidak seperti pemakaman kerajaan lain akibat pandemi. Pelayat akan memakai masker selama kebaktian, kata juru bicara istana.

Sejalan dengan keinginan Duke, itu akan jadi pemakaman seremonial, bukan acara kenegaraan, dan semua pengaturan bakal berlangsung di dalam Kastil Windsor tanpa keterlibatan publik. Di samping, tradisi anggota keluarga kerajaan mengenakan seragam militer juga akan ditinggalkan. Sebagai ganti, mereka akan mengenakan mantel dengan medali atau day dress, tambah juru bicara itu.

3 dari 5 halaman

Daftar Pelayat Upacara Pemakaman Pangeran Philip

1. Ratu Elizabeth II

2. Pangeran Charles

3. Duchess of Cornwall Camilla

4. Pangeran William

5. Kate Middleton

6. Pangeran Harry

7. The Duke of York

8. Putri Beatrice

9. Edoardo Mapelli Mozzi

10. Putri Eugenie

11. Jack Brooksbank

12. Earl of Wessex

13. Countess of Wessex

14. Lady Louise Windsor

15. Viscount Severn

16. Princess Royal

17. Vice Admiral Sir Timothy Laurence

18. Peter Phillips

19. Zara Phillips

20. Mike Tindall

21. Earl of Snowdon

22. Lady Sarah Chatto

23. Daniel Chatto

24. Duke of Gloucester

25. Duke of Kent

26. Putri Alexandra

27. Bernhard, Hereditary Prince of Baden

28. Pangeran Donatus, Landgrave of Hesse

29. Pangeran Philipp of Hohenlohe-Langenburg

30. Countess Mountbatten of Burma

4 dari 5 halaman

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: