Sukses

Pangeran Philip Meninggal, Mengapa Pangeran Charles Dilimpahkan Gelar Duke of Edinburgh?

Duke of Edinburgh merupakan gelar yang diberikan pada Pangeran Philip saat menikah dengan Ratu Elizabeth II pada tahun 1947.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Charles telah dianugerahi gelar Duke of Edinburgh setelah kematian Pangeran Philip pada usia 99 tahun, Jumat, 9 April 2021. Suami Camilla ini mewarisi gelar ayahnya saat bangsa berduka atas meninggalnya anggota senior kerajaan yang "bekerja paling keras setelah tujuh dekade mengabdi."

Ratu Elizabeth II sendiri telah mengungkap "kesedihan mendalam" atas kepergian suami tercinta yang meninggal "dengan damai" di Kastil Windsor, Inggris. Melansir laman The Sun, Sabtu (10/4/2021), Pangeran Philip dianugerahi gelar Duke of Edinburgh pada hari pernikahannya dengan Ratu Elizabeth pada 20 November 1947.

Sesuai tradisi kerajaan, gelar Duke of Edinburgh segera diberikan pada putra tertuanya, Pangeran Charles. Kendati, gelar tersebut akan diwarisi pada putra bungsu Philip, Pangeran Edward, pada aksesi akhirnya Charles ke takhta.

Pada tahun 1999, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Edward akan menggantikan ayahnya di Dukedom dengan restu dari Ratu dan Pangeran Philip. Saat Charles naik takhta, gelar tersebut akan bergabung dengan mahkota, yang berarti Raja baru dapat memberi Edward gelar Duke of Edinburgh.

Pangeran Edward, yang saat ini jadi Earl of Wessex, telah mengambil sejumlah peran perlindungan ayahnya. Ia adalah wali dari skema Penghargaan Duke of Edinburgh yang bergengsi dan pelindung Edinburgh International Festival.

Itu juga berarti bahwa istri Edward, Countess of Wessex, akan jadi Duchess of Edinburgh, gelar yang pernah dipegang Yang Mulia Ratu. Menurut konvensi, pangkat bangsawan diberikan pada bangsawan senior pada hari pernikahan mereka, kasus yang ditemukan pada Duke of Cambridge alias Pangeran William dan Duke of Sussex atau Pangeran Harry.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemberian Gelar Prince of Wales

Setelah Pangeran Charles diangkat jadi Raja Inggris, ia akan memutuskan siapa yang mewarisi gelar Prince of Wales karena itu tidak secara otomatis diturunkan dalam keluarga kerajaan. Di masa lalu, putra tertua raja telah diberi gelar, jadi Pangeran William kemungkinan besar akan jadi Prince of Wales berikutnya.

Pangeran Philip tercatat meninggal dua bulan satu hari sebelum hari ulang tahunnya yang ke-100. Stasiun radio BBC segera menyela siaran dengan berita kematiannya dan memutar lagu kebangsaan tak lama kemudian sebagai tanda penghormatan.

Mengumumkan berita tersebut, situs web resmi Keluarga Kerajaan diganti dengan satu halaman dan penghormatan sepenuh hati pada Duke.

3 dari 3 halaman

Pewaris Kerajaan Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.