Sukses

Tanggapan Intan Wisni Soal Gugup dan Pakai Penerjemah di Miss Eco International

Lewat media sosial, Intan Wisni menceritakan pengalaman dan perasaannhya saat tampil di Miss Eco International.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Eco Indonesia 2020, Intan Wisni Permatasari menjadi perbincangan saat tampil di ajang kontes kecantikan Miss Eco International 2021 yang digelar di South Sinai, Mesir, pada Minggu, 4 April 2021 waktu setempat. Ia membutuhkan penerjemah saat mendengar pertanyaan maupun saat menjawab pertanyaan dari juri. Intan bahkan terkesan bingung menjawabnya dan terlihat sangat gugup.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @dpbm19 pada 5 April 2021. Saat menjawab pertanyaan dari juri, Intan Wisni ditanya oleh salah seorang juri tentang imigrasi illegal,

Video Intan yang menjawab pertanyaan ini pun viral di TikTok. Banyak warganet, terutama dari Indonesia yang merasa gemas dengan jawaban Intan, karena merasa ia tak bisa menjawab pertanyaan juri dengan benar.

Belum ada pernyataan dari Intan maupun pihak yang mengirimnya ke ajang Miss Eco International itu. Baru pada 7 April 2021, Intan akhirnya angkat bicara melalui unggahan di akun Instagramnya. Ia menuliskan, dirinya tetap tegap dan kuat karena punya visi dan misi untuk menguatkan orang lain.

"Seribu orang menentang dan menertwakan perjuangan saya, 1 kalimat dari Ibu saya yaitu “Ibu bangga sama kamu dek”. Menjadi sumber kekutan saya," tulisnya.

Ia mengaku pada 2017, sempat tidak diakui anak karena keinginannya untuk mengikuti berbagai kontes kecantikan, tapi kemudian mendapat restu dari sang ibu.

"Tapi 2021, Ibu saya mengucapkan kata “Bangga” kpd saya. Itu sudah jauh lebih cukup untuk saya dan menjadikan perkataan tersebut bahan bakar saya agar tetap Kuat dan Menguatkan “mereka” yang membutuhkan. “Mereka” yang ditertawakan dan “mereka” yang di remehkan. #KuatUntukMenguatkan For #OurBetterEarth," tulisnya lagi.

Tak hanya di akun Instagram miliknya, Intan Wisni juga membagikan video di akun Instagram @lambe_turah pada 7 April 2021. Dalam video tersebut Intan mengaku tak menjawab bahasa Inggris karena pernah mengalami trauma. "Aku ada trauma ngomong bahasa Inggris depan publik. Kenapa? karena aku pernah dibully, se-dibully itu, se-trauma itu, dan aku pernah sampai se-stres itu," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meminta Maaf

Intan juga meminta maaf atas jawaban yang tidak baik. Wanita berusia 24 tahun ini mengaku bahwa pertanyaannya tak sesuai dengan ketentuan yang ia pahami.  "Aku bener-bener syok pertanyaan aku tentang politik, dan setahu aku untuk Miss Eco pertanyaannya hanya seputar wanita dan lingkungan," ujarnya.

Komentar warganet pun beragam melihat unggahan Miss Eco Indonesia 2020 itu. Ada yang mendukung dan ada juga yang mengkritik. "tapi kan tapi kan maaf nih maaf ketika sudah memutuskan ikut suatu kompetisi internasional berati harusnya sudah terima konsekuensi kalo harus public speak pake bahasa inggris kan 😢," komentar akun @oktayangbaru.

"Semangat Ntan. Kamu sudah berprestasi. Yg nyinyir kebanyakan nol besar," tulis selebritas Gandhi Fernando, pemain dan produser film yang pernah mengikuti ajang Mister Supranational 2018 di Polandia. Gandhi bahkan membuat video di Insta Stories mliknya demi membela Intan.

"Sungguh sangat kecewa dengan pemberitaan Intan Wisni Miss Eco International yang berujung banyak yang menghujat. Jadi pengin ngebelain sih. Pertama, kalian-kalian yang nyinyir dan menghina Intan itu enggak lebih baik," kata Gandhi.

Gandhi menyebut bahwa Miss Eco International mengadvokasi masalah lingkungan, dan mungkin tentang perempuan. Sementara jurinya, justru hanya bicara tentang imigrasi ilegal.

3 dari 3 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.