Sukses

5 Langkah Membersihkan Plafon Rumah dari Debu dan Kotoran

Liputan6.com, Jakarta - Langit-langit rumah atau plafon jadi salah satu bagian yang sulit dibersihkan, meski mudah kotor dan berdebu. Plafon harus sering dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan tampilan apik hunian.

Di sisi lain, membersihkan plafon kerap terlewat. Lantas, bagaimana cara mudah membersihkan plafon rumah? Simak rangkuman selanjutnya seperti dilansir dari laman Wikihow, Senin, 5 April 2021.

1. Menyiapkan alat dan bahan

Alat yang dibutuhkan adalah sapu, ember, penyemprot, dan kain microfiber. Untuk bahan, Anda hanya membutuhkan sabun detergen khusus, cuka putih dan air bersih. Sebelum memulai, alangkah baiknya Anda menyiapkan sabun yang diletakkan di ember bersama air bersih.

2. Membersihkan debu terlebih dahulu

Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sapu dengan gagang panjang untuk memudahkan menjangkau langit-langit rumah. Cara membersihkan cukup hentakan sapu dari atas ke bawah secara perlahan agar debu tidak berserakan ke mana-mana.

3. Mulai membersihkan

Setelah itu, Anda mulai membersihkan langit-langit rumah Anda menggunakan air sabun yang berada di ember dan kain microfiber. Cara cukup mudah, yakni celupkan kain tersebut ke dalam ember dan mulai membersihkan dengan menyeka plafon secara hati-hati. Utamakan seka area kotor dan gunakan tangga atau kursi untuk menjangkau plafon rumah Anda.

2 dari 4 halaman

4. Menggunakan semprotan

Langkah selanjutnya tak kalah penting, yakni menyemprotkan plafon rumah Anda menggunakan alat semprot yang sudah diisi oleh bahan campuran seperti sabun khusus, cuka putih dan air bersih ke dalam alat tersebut.

Caranya cukup mudah dengan menyemprot bagian plafon rumah Anda terutama pada bagian ujung untuk menghindari timbulnya kuman dan debu yang menempel.

5. Membilas hingga kering

Langkah terakhir untuk membersihkan platfon rumah Anda, yakni membilas hingga kering menggunakan kain kering. Kain tersebut nantinya akan menyerap air sisa dan larutan pembersih pada langit-langit rumah Anda.

Pastikan tidak ada tersisa kotoran dan debu yang menempel pada plafon rumah Anda. Setelah selesai membersihkannya, Anda tinggal menunggu hingga kering. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: