Sukses

6 Cara Praktis Merawat Jaket Denim, Dimulai dari Memilih Ukuran yang Tepat

Kuncinya, jaket denim memerlukan perawatan dasar untuk membuat bahannya tidak rusak

Liputan6.com, Jakarta - Jaket denim telah jadi salah satu opsi mode yang digandrungi publik lintas generasi. Pemakaiannya acap kali dimanfaatkan untuk tampil gaya, tapi tetap effortless. Denim on denim look pun menarik untuk diadopsi para pecinta fesyen. 

Sebagaimana fashion item lain, jaket denim juga perlu perawatan yang untungnya tergolong cukup mudah. Kuncinya, seperti semua pakaian luar, jaket denim memerlukan perawatan dasar untuk membuat bahannya tidak rusak.

Seperti dirangkum dari laman Make Your Own Jeans, Selasa, 23 Maret 2021, berikut cara praktis merawat jaket denim yang Anda miliki.

1. Memilih ukuran yang tepat

Langkah awal untuk merawat jaket denim justru dengan memilih ukuran yang tepat. Jaket cenderung cepat rusak jika tidak tidak pas dengan tubuh Anda.

Ukuran kebesaran akan menimbulkan kain berlebih yang dapat mengganggu penampilan. Di sisi lain, jaket yang terlalu kecil bisa merusak bahan, membuatnya melar saat dikenakan.

2. Mencuci dengan warna serupa

Misal, jika jaket denim berwarna biru muda, Anda harus mencuci dengan pakaian biru muda lain. Jangan mencampur warna berbeda karena dapat berisiko luntur.

Dengan tidak mencampurkan jaket denim dengan pakaian warna berbeda, itu juga dapat melindungi keaslian warnanya. Usahakan juga mencucinya dengan deterjen khusus tahan warna atau produk lain yang dirancang untuk menjaga warna pakaian Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan dicuci pakai air panas

Mencuci pakaian, termasuk jaket denim, dengan air panas tidak disarankan. Faktanya, air panas dapat merusak kain, sekaligus menyebabkannya menyusut.

4. Pakai lint roller

Lint roller merupakan alat untuk membersihkan debu dan bulu. Dalam kasus pakaian denim, alat ini dapat membersihkan seratnya secara instan. Juga, bisa menangkap kotoran yang membandel. 

5. Jangan dikeringkan di mesin cuci

Apabila jaket denim Anda basah, disarankan untuk dijemur dengan cara digantung. Proses tersebut dinilai lebih ramah pada material denim ketimbang dikeringkan dengan mesin cuci, kendati memakan waktu lebih lama.

6. Mencuci dengan cuka

Jika sering digunakan, bahan jaket denim mungkin saja jadi kasar. Karenanya, disarankan mencuci jaket denim menggunakan cuka. Tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke mesin cuci Anda. Menerapkan cara ini justru membuat pakaian jaket denim jadi lembut dan lebih bersih. Perlu diingatkan mencuci jaket denim cukup hanya sekali setiap beberapa bulan. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.