Sukses

Jangan Dibuang Dulu, Simak 6 Manfaat Pemakaian Minyak Goreng Bekas di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Minyak goreng bekas atau jelantah memang sebaiknya tidak dipakai berulang kali. Meski begitu, bukan berarti minyak yang sudah dipakai harus selalu dibuang. Membuang minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng ke saluran pembuangan merupakan ide yang buruk.

Alasannya, minyak akan mengeras di saluran pembuanga. Hal itu bisa menyebabkan penyumbatan. Anda mungkin belum menyadari, kalau sebenarnya minyak goreng bekas atau jelantah bisa didaur ulang kembali dengan cara yang mudah dan simpel.

Minyak bekas ini bisa Anda daur ulang sendiri untuk keperluan rumah tangga. Seperti telah dirangkum dari laman Mahoneyes 10 Maret 2021, setidaknya ada enam manfaat minyak goreng bekas untuk kebutuhan rumah tangga Anda.

[bacajuga:Baca Juga](4366136/ 4508636 4508595) 

1. Pelumas Alat Rumah Tangga

Minyak goreng bekas merupakan pelumas efektif yang dapat digunakan untuk banyak hal di sekitar rumah mulai dari engsel yang berdecit hingga kunci pintu. Minyak goreng bekas dapat membantu mencegah karat pada permukaan logam dan benda seperti perkakas rumah.

2. Pelindung furnitur

Kalau memiliki furnitur kayu atau rotan yang terlihat kusam dan rentan retak di rumah, Anda bisa menggunakan minyak goreng bekas untuk dioleskan pada permukaan kayu atau rotan untuk mengembalikan tampilan kayu. Caranya, cukup buat campuran minyak jelantah dan cuka secukupnya dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan untuk memoles furnitur Anda.

3. Menghilangkan Noda Cat dari tangan

Kalau Anda baru saja selesai mengecat dinding atau bagian lain di rumah, biasanya terdapat sisa noda cat di tangan. Cat merupakan salah satu benda yang paling sulit dibersihkan jika mengenai tangan.

Tapi ternyata, Anda bisa memakai [minyak goreng](4366136/ "") bekas. Caranya, gosokkan sedikit minyak bekas ke tangan Anda dan diamkan selama sekitar lima menit, Lalu, cuci tangan hingga bersih dan cat akan menghilang.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 3 halaman

4. Pelindung Panci dan Wajan

Manfaat lainnya, minyak goreng bekas dapat melindungi panci dan wajan agar lebih tahan lama. Caranya, oleskan sedikit minyak goreng bekas pada permukaan panci dan wajan. Usahakan cuci panci dan wajan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengoleskan sedikit minyak goreng bekas ke permukaanya.

5. Sebagai Pembersih Mobil

Minyak goreng bekas ternyata dapat menghilangkan kotoran yang membandel dari semua permukaan mobil milik Anda termasuk runtuk em dan bodi.

Caranya cukup taruh sedikit minyak goreng bekas di atas lap atau tisu dapur dengan menyeka area yang terkena kotoran. Minyak goreng bekas dapat menghilangkan kotoran seperti karat, noda, dan kotoran lainnya secara efektif.

6. Kompos untuk Tanaman

Minyak goreng bekas dapat diolah dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai pupuk kompos. Dengan menambahkan minyak jelantah ke tanaman Anda juga memberi makan cacing yang membantu proses pengomposan.

Pastikan Anda hanya menggunakan minyak nabati, karena menggunakan minyak hewani akan menarik hewan pengganggu dan menyebabkan pembentukan patogen atau mikroorganisme parasit. (Muhammad Thoifur)

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah