Sukses

6 Cara Pelihara Landak, Binatang Berduri yang Aktif Memanjat

Salah satu cara untuk memelihara landak adalah menyediakan kandang yang besar agar bisa bebas bergerak.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini pecinta hewan banyak yang memelihara landak di rumah karena dinilai lucu dan menggemaskan. Hewan nokturnal ini sangat aktif saat malam tiba dan tidur pada siang harinya.

Landak bukan jenis hewan peliharaan yang suka diemong, karena bagian luarnya yang berduri. Mereka yang memelihara landak adalah landak mini atau Pygmy hedgehog.

Cara merawat landak tidaklah susah, tapi tak bisa dibilang gampang. Hal itu karena bagian luarnya yang berduri. Melansir dari laman Birdexoticsvet, Kamis, 11 Maret 2021, berikut cara memelihara landak.

1. Kenali Karakteristik

Landak berasal dari wilayah negara Eropa, Asia, dan Afrika. Hewan ini memiliki hidung menyerupai babi dan suka berkumpul di semak belukar dan pepohonan. Landak biasanya hidup rata-rata antara empat hingga enam tahun, dengan perawatan yang tepat dan kondisi hidup yang sehat.

2. Sediakan Kandang yang Tepat

Landak sangat aktif memanjat, menggali, berenang dan sering lari malam di alam liar. Oleh karena itu, landak harus punya kandang yang cukup besar untuk memungkinkan perilaku alaminya. Ideal kandang landak minimum sekitar enam kaki persegi, semakin besar ruangan, semakin baik. Bersihkan kandangnya secara teratur untuk menjaga kesehatan landak.

3. Aksesoris Landak

Landak membutuhkan aksesori seperti roda latihan dan tempat persembunyian yang dapat dibuat dari kotak kardus. Aksesori roda latihan sangat penting untuk menjaga kesehatan landak, sementara tempat persembunyian untuk menyelinap pergi dan tidur. Selain itu, agar tetap aktif dan terhibur, landak dapat diberikan aksesori berupa mainan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menjaga Suhu Kandang

Aspek penting lainnya dari kandang adalah menjaga suhu yang tepat. Landak merasa paling baik pada suhu antara 75-85 derajat Fahrenheit atau 23 derajat Celcius. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat landak menjadi lesu. Saat cuaca dingin, kandang landak dapat diberi lampu agar suhu badannya tetap stabil.

5. Makanan untuk Landak

Asupan gizi yang baik merupakan cara paling mudah menjaga kesehatan landak. Di alam liar, makanan landak terdiri dari serangga, tumbuhan, dan akar.  Landak juga bisa diberi makanan kering, seperti jangkrik dan ulat bambu, dan camilan. Berikan makanan tersebut setiap hari untuk kesehatan dan keseimbangan gizi, termasuk air dalam mangkuk kecil.

6. Perawatan Lain untuk Landak

Landak sangat pandai merawat diri. Jika Anda memandikan hewan ini, sebaiknya jangan lebih dari dua minggu sambil memotong kuku-kukunya. Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk manikur, atau memotong sendiri kukunya menggunakan gunting kuku. Saat memotong kukunya, perlu hati-hati dan biarkan landak tenang lebih dulu dan jangan memotong terlalu dekat dagingnya karena bisa menyebabkan pendarahan dan membahayakannya. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.