Sukses

8 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking 2021, Mana Paling Unggul?

Liputan6.com, Jakarta - QS World University Ranking (QS WUR) kembali meluncurkan daftar universitas terbaik di dunia tahun ini. Pada tahun ini sebanyak 51 bidang keilmuan dicatat dengan empat indikator, yakni reputasi akademis, reputasi pekerja, sitasi, dan h-index. Sistem pemeringkatan universitas dunia itu menjadi rujukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dari 5.500 universitas dari 80 lokasi berbeda yang dikaji, QS World University Ranking 2021 memasukkan sejumlah universitas di Indonesia ke dalam 1000 teratas. Universitas Gadjah Mada menempati urutan pertama di Indonesia dengan ranking 254 dunia dan skor keseluruhan 37,4.

Berikutnya menyusul Universitas Indonesia yang menduduki ranking 305 dunia dengan total skor 34. Di urutan ketiga teratas di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung yang menempati ranking 313 dengan total skor 33,3. Posisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Airlangga yang menempati ranking antara 520--530, disusul dengan IPB University dengan ranking antara 530--540. 

Di posisi keenam adalah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang menempati ranking 751--800. Posisi ke-7 adalah Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Padjadjaran dengan ranking di rentang 801--1000.

Sementara itu, Massachusetts Institute for Technology melanjutkan tradisi pemecahan rekor dengan menduduki peringkat 1 dunia selama sembilan tahun berturut-turut. Pihak QS WUR juga mengungkapkan sejumlah universitas di Asia juga menunjukkan peningkatan yang mengagumkan setahun terakhir. 

Di sisi lain, IPB University tercatat menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara dan urutan 62 dunia dalam bidang pertanian dan kehutanan. Posisi itu lebih tinggi dibandingkan kampus negeri tetangga, seperti Kasetsart University urutan 63, Nanyang Technological Singapore urutan 71, University Putra Malaysia urutan 80.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua yang telah berjuang. Ini bukan akhir melainkan awal perjuangan baru!" tulis di akun media sosial resmi Institut Pertanian Bogor, Kamis (4/3/2021).

Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengucapkan terima kasihnya atas kerja keras seluruh pihak kampus. "Saya berharap kita semua terus bersemangat meningkatkan prestasi dan reputasi, sehingga peringkat IPB semakin meningkat. Growth mindset kita perkuat agar terus optimis untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," ucapnya, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

Tahun ini, skor IPB University di bidang Pertanian dan Kehutanan adalah 71.3. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yakni 70,8. Kenaikan itu atas adanya peningkatan signifikan dari skor reputasi pekerja dari 81.3 menjadi 86.1 dan juga skor citasi dari 62.5 menjadi 72.0.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Prof Dodik R Nurrochmat menambahkan bahwa tahun ini, IPB University memasukkan satu bidang keilmuan dalam pemeringkatan, yakni Ekonomi & Ekonometrika. Total saat ini ada empat bidang yang masuk pemeringkatan QS World University, yaitu Pertanian & Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, dan Ekonomi & Ekonometrika.

IPB University memperoleh peringkat bidang ilmu lingkungan menjadi yang terbaik di Indonesia dalam peringkat 351-400. Sedangkan, bidang Economics and Econometrics terbaik ketiga di Indonesia dengan peringkat 351-400. Terakhir, bidang ilmu biologi mendapat peringkat ke 601-620. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Pro Kontra Pembukaan Kembali Sekolah

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: