Sukses

Kumpulkan Sampah Botol Plastik Jernih Bisa Ikut Berdonasi Kacamata

Botol plastik jernih bekas pakai dapat memiliki nilai lebih dan dibuat menjadi beragam hal, termasuk kacamata yang bisa didonasikan kepada yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Jalinan kolaborasi dapat kian memperkuat ragam inisiasi bahkan melancarkan aksi donasi. Semangat ini pula yang dibawa oleh Sprite yang meluncurkan kemasan botol plastik jernih terbaru, usai mengubah desain kemasan ikonik botol hijau jadi botol PET jernih yang lebih mudah didaur ulang.

Senior Brand Manager PT Coca-Cola Indonesia Fitriana Adhisti, menyampaikan lewat project bertajuk "Lihat Dengan Jernih" ini, pihaknya ingin menginspirasi masyarakat untuk mulai bertindak demi melestarikan Bumi dan membantu sesama. Inisiatif mengumpulkan sampah botol plastik jernih ini jadi bagian dari visi mewujudkan ekonomi sirkular di Indonesia.

"Mengajak masyarakat untuk mengelola dan mengumpulkan botol plastik jernih bekas pakai yang kemudian didaur ulang menjadi benda yang bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan," kata Fitriana dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/2/2021).

Pihaknya turut berkolaborasi dengan sejumlah mitra, seperti Waste4Change, PlusTik, dan Yayasan Sejuta Kacamata Untuk Indonesia. Program ini dijalankan untuk mendorong para konsumen untuk berpartisipasi sebagai penggerak perubahan.

Untuk mengikutinya, konsumen dapat mengumpulkan botol plastik jernih bekas pakai dan mendaftarkan diri. Nantinya, botol tersebut akan diproses produksi dan konsumen dapat ikut ambil bagian dalam berdonasi.

"Konsumen yang berpartisipasi bisa mendonasikan kacamata tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan, di mana untuk mereka mengalami kekurangan penglihatan," tambahnya.

Project "Lihat Dengan Jernih" dengan mengumpulkan sampah botol plastik jernih ini akan berlangsung selama dua bulan, yakni dari Maret hingga April 2021. "500 konsumen pertama yang berpartisipasi mendapat kesempatan untuk berkontribusi untuk project ini" jelas Fitriana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan PET Daur Ulang

Managing Director Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, menjelaskan bagi yang ingin mengikuti program ini dapat masuk melalui situs web Waste4Change.com. Di sana, terdapat halaman khusus untuk project Sprite ini.

"Teman-teman bisa daftar, setelah daftar nanti akan dapat akun, kemudian dapat mengumpulkan delapan sampah botol plastik PET jernih ke bank sampah terdekat. Di sana sudah ada daftarnya nanti tinggal difoto," kata Sano dalam kesempatan yang sama.

Ia melanjutkan, untuk setiap botol PET bekas yang dikirim, tim daur ulang Waste4Change akan melaksanakan pengolahan data. "Setelah dikumpulkan akan diproses ke mitra daur ulang supaya prosesnya bisa berjalan secara optimal, jadilah kacamata," tambahnya.

"Dalam rantai daur ulang plastik, PET ini sebenarnya sudah memiliki sifat yang mudah dibentuk, mudah didaur ulang, sehingga dia tidak mudah pecah," tutur Sano.

Ia mencontohkan, PET berwarna jernih yang sudah dikumpulkan, didaur ulang dengan baik dan dapat dikonversi berulang kali menjadi botol recycle PET. "Jadi sebenarnya kualitasnya tinggi, beragam produk bermanfaat lainnya bisa dibuat dari PET daur ulang," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.