Sukses

Dokter Sepatu Bagikan Cara Menyetrika Sepatu Bekas agar Terlihat Seperti Baru

Liputan6.com, Jakarta - Setrika tak ternyata tak selalu untuk merapikan pakaian. Sebuah video TikTok yang beredar, menyetrika juga merupakan cara agar sepatu seperti baru.

Hal itu diperlihatkan lelaki bernama Miguel Solo. Bagi dia, setrika membuat seperti sepatu baru, ia juga bisa menghemat alas sepatu, seperti dilansir dari The Sun, Selasa, 9 Februari 2021.

Keahlian Miguel memulihkan sepatu hingga seperti baru, membuat dirinya disebut sebagai dokter sepatu. Baru-baru ini, dia membagikan serangkaian video yang mengungkapkan bagaimana dia memulihkan sepasang sepatu Nike Air Force One bekas. Rahasianya adalah setrika.

Miguel mengungkapkan itu melalui video yang diunggah lewat TikTok. Ia meletakkan sepasang sepatu mahalnya di toko barang bekas.

"Dokter baru saja menemukan Air Force Ones. Mereka pasti membutuhkan pembersihan menyeluruh. Dan juga sepatu itu diperbaiki," kata dia.

Dia mulai dari sepatu kiri yang edisi barunya seharga 90 pounds sterling atau Rp1,7 juta dan mulai dengan melepas tali sepatunya. "Lepas talinya, pasang shoe tree (sebuah alat yang diletakan di dalam sepatu yang menyerupai bentuk kaki), siapkan pembersih dan tuangkan ke sendok saya. Tidak ada yang bilang itu akan mudah. Gosok ke bawah, keluarkan semua yang menguning," kata dia.

Setelah itu, bersihkan bagian dalam dan pelapis sepatu tali sepatunya. Dia menggosok semuanya dengan spons dan kuas, dan mencuci tali dengan tangan. "Selanjutnya waktunya untuk menyetrika," kata dia, sambil meletakkan kain di atas sepatu lalu merapikan lipatannya.

2 dari 4 halaman

Hemat Uang

Dia membandingkan sepatu kiri dan kanan, seperti siang dan malam. Ia baru saja menghemat 109 pound sterling atau Rp2,1 juta. Dia membagikan tutorial langkah demi langkah terpisah di Instagram yang menjelaskan cara menghilangkan kusut dari sepatu - dan air dingin adalah kuncinya.

Jika Anda tidak memiliki 'shoe tree' atau pengatur jarak, jangan khawatir. Menurut dia, Anda bisa mengisi jari kaki dengan kain atau kemeja.

Ia melanjutkan, ambil kain lap atau sesuatu yang bisa orang masukan ke dalam sepatu dan pastikan memberikan banyak tekanan pada pada bagian sepatu. Setelah itu periksa kembali semua bagian sepatu. 

"Ambil handuk dan basahi, setelah Anda selesai meletakkannya di atas sepatu. Sekarang tiba bagian menyenangkan. Anda menyetrika," katanya.

Lebih dari tiga juta orang telah menyaksikan prosesnya merestorasi sepatu bekas, mencapnya sebagai 'jenius'.  "Jangan bilang kamu baru saja menguranginya dengan menyetrika mereka, omg jenius". "Saya belum pernah melihat orang menghidupkan kembali sepatu seperti ini!"

"Itu benar-benar baru, 100 dolar (Rp1,9 juta) di toko tempat saya bekerja."  "Sangat terkesan," kata warganet yang lain.

3 dari 4 halaman

7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: