Sukses

Bikin Haru, Istri Pilot Videokan Kegiatan Suami Sebelum Terbang

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa yang menimpa Sriwijaya Air di awal tahun ini meninggalkan duka mendalam bagi Indonesia, terutama bagi para keluarga korban. Salah satu yang banyak dibicarakan adalah sosok Kapten Afwan yang menjadi pilot yang bertugas di penerbangan tersebut.

Banyak yang merasa kehilangan sosok Kapten Afwan yang disebut semasa hidupnya selalu berbuat kebaikan dan dikenal taat beribadah. Sebagai anak yang juga mempunyai ayah pilot, seorang warganet bernama Ayell ikut merasakan kesedihan yang sama.

Melalui akun TikTok-nya, ia mengunggah aktivitas sang ayah yang berprofesi seorang pilot pesawat terbang sebelum berangkat bekerja. Unggahannya itu kemudian viral dan diunggah kembali oleh akun Instagram @viralinbos pada 14 Januari 2021.

"Rutinitas ayah sebelum berangkat. Ini bunda yang bikin wkwkwk ala-ala video bucin cenah," tulis Ayell sambil menuliskan kalau ibunyalah yang merekam video tersebut.

Di video, Ayell terlihat merekam rutinitas ayahnya sebelum pergi bekerja. Di pagi hari, sang ayah selalu memantau ramalan cuaca. Setelah memantau, sang ayah pun berpamitan dengan anak-anaknya, termasuk mencium seorang anaknya yang masih kecil dan tertidur.

"Sampai pergi [berangkat] harus dilihatin dan jangan lupa saling mendoakan," demikian bunyi tulisan di dalam video tersebut. Saat sampai bandara, sang ayah juga rutin memberi kabar pada keluarganya.

"Anak yang paling kecil suka pesawat. Jadi selalu bikin video kayak gini. Minta ditemenin lewat video call dan ini ngabarin mau pulang," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Ikut Baper

Warganet banyak yang ikut baper melihat video ini. Mereka terharu ketika pilot itu pamit kepada keluarganya. "Apapun kerjaannya mau di udara, laut, ataupun darat kalau kerja lapangan pasti was-was ya bun. Semoga ayahku dan ayahmu dilindungi Allah selalu aamiin," komentar seorang warganet .

"Terharuuu sampai menitikkan air mata..sehat selalu para pilot dan kru yg bertugas di udara," komentar warganet lainnya. Ada juga yang berkomentar kalau sang pemilik akun TikTok tidak mau video tersebar luas, tapi ternyata sudah beredar di Instagram.

Tentunya banyak juga warganet yang teringat akan sosok Kapten Afwan. Namanya sempat menjadi trending topic di media sosial. Tak sedikit warganet yang mengenalnya menyebut jika almarhum adalah orang yang sangat baik dan ramah. Menurut Ketua RT di tempat tinggalnya, sang kapten dikenal sebagai orang yang baik, santun, rajin salat dan kalau libur pasti selalu ke masjid.

Kapten Afwan juga sempat menjadi bendahara masjid dan mantan ketua RT setempat. Pilot Sriwijaya Air SJ182 ini juga sering memberi tausiah dalam setiap kegiatan keagamaan di lingkungan kompleks.

3 dari 4 halaman

Infografis Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: