Sukses

Cerita Akhir Pekan: Hal-Hal Dianggap Sepele tapi Mengganggu Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta - Terganggungya penerbangan jadi salah satu hal yang paling menyebalkan saat memilih moda transportasi pesawat terbang. Delay atau penundaan bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari ramainya lalu lintas udara, kendala teknis, sampai cuacaburuk.

Tiga hal di atas juga jadi alasan umum sebuah penerbangan ditunda, bahkan dibatalkan. Biasanya, para penumpang bisa menerima alasan tersebut karena berdasar pada keselamatan. Meski begitu, ada beberapa situasi tak biasa yang jadi alasan penerbangan harus ditunda.

Dihimpun dari berbagai sumber, ada sejumlah kejadian tak terduga yang menghambat penerbangan. Mungkin terkesan konyol dan lucu, tapi hal ini memang benar-benar terjadi. Dari sejumlah kejadian, berikut sembilan hal sepele yang membuat penerbangan tertunda dan terganggu yang dirangkum Sabtu, 16 Januari 2021.

1. Penumpang lempar koin

Seorang pria di China harus membayar biaya ganti rugi pada maskapai penerbangan karena melempar koin ke sebuah pesawat. Dilansir dari South China Morning Post, Lu Chao yang baru pertama kali naik pesawat pada Februari 2019 mengaku melempar koin ke pesawat agar mendapat keberuntungan.

Akibatnya, penerbangan dari Anqing ke Kunming, Provinsi Yunnan dibatalkan karena staf maskapai menemukan dua koin bernilai 1 yuan dekat salah satu mesin pesawat. Semua penumpang harus meninggalkan pesawat dan menjalani pemeriksaan keamanan.

Lucky Air juga harus mengatur ulang akomodasi bagi penumpang yang terlantar dan mengganti penerbangan akibat insiden lempar koin tersebut. Sementara Lu dibawa polisi dan ditahan selama 10 hari dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum.

2. Pilot pesan sandwich

Pada 2013, seorang pilot di Pakistan menunda penerbangan lebih dari dua jam karena menunggu pesanan sandwich atau roti isinya datang. Kejadian konyol ini bermula dari permintaan pilot yang berencana akan menerbangkan pesawat Pakistan International Airlines. Namun, saat tahu tak ada sandwich di bandara atau menu penerbangan, ia bersikeras mendapatkan apa yang ia mau.

Pihak maskapai penerbangan memenuhi permintaan pilot dan memesan sandwich dari hotel bintang lima terdekat. Namun, sandwich yang diminta sang pilot baru tiba dua jam setelah pemesanan. Akibatnya, penerbangan dari Lahore menuju New York harus tertunda sampai sandwich pesanan pilot datang.

3. Kadal di landasan pacu

Sebuah pesawat di Al Qassem, Arab Saudi pada 2016 lalu terpaksa gagal lepas landas akibat gangguan seekor kadal gurun. Kala itu, pilot berjalan ke belakang pesawat dan menemukan kadal tengah tersesat di landasan pacu.

Ia membatalkan penerbangan sampai sebuah mobil polisi datang dan mengamankan reptil yang awalnya dilihat seorang penumpang wanita tersebut. Ia menangkap foto kadal tersebut dan menunjukkan pada pramugari untuk diberitahukan pada pilot. Namun, tidak diketahui bagaimana bisa kadal gurun berada di area landasan pacu.

2 dari 5 halaman

4. Panjat sayap pesawat

Akibat ulah pria yang naik sayap pesawat saat hendak lepas landas, penerbangan Alaska Airlines terpaksa ditunda lebih dari empat jam. Peristiwa tersebut terjadi di Bandara Internasional McCarran di Las Vegas, Amerika Serikat, pada Desember 2020.

Entah bagaimana awalnya, pria itu tiba-tiba sudah memanjat sayap pesawat jenis Boeing 737 tersebut. Ia kemudian berusaha memanjat sirip di ujung sayap pesawat, namun terpeleset dan akhirnya jatuh di atas permukaan landasan dengan cukup keras. Sejumlah polisi pun langsung mengurung dan meringkus pria nekat itu.

5. Gara-gara kotak makan

Kotak makan menyebabkan penerbangan Air India delay hingga dua jam. Kejadian itu berlangsung pada Juni 2019 dengan rute penerbangan Bangalore--Kalkota. Ketika seluruh penumpang sudah naik pesawat, terjadi adu mulut antara pilot dan seorang awak kabin.

Perseteruan dipicu setelah awak kabin menolak permintaan pilot mencuci kotak bekal makanan yang dibawa dari rumah. Mereka berdua bahkan hampir berkelahi sebelum akhirnya dipisahkan dan dibawa turun pesawat oleh awak kabin lainnya.

6. Rombongan kura-kura menyeberang

Sebanyak 50 kura-kura diamondback terrapin pada Juni 2011 menyeberangi landasan pacu Bandra JFK di Queens, New York, AS. Sebuah pesawat yang akan lepas landas pun membiarkan hewan tersebut lewat, dan penerbangan tertunda sekitar 15 menit. Para staf dan petugas bandara meraup kura-kura itu dan membantu hewan tersebut melewati landasan pacu.

3 dari 5 halaman

7. Buka Pintu darurat

Menurut laporan CNN Travel, pada September 2020, seorang penumpang pesawat di Ukraina nekat membuka pintu darurat untuk turun dari sayap pesawat Boeing 737. Kejadian tersebut terekam dalam video yang kemudian viral di media sosial.  Penumpang itu sempat duduk di sayap pesawat sebelum diminta turun oleh petugas bandara.

Saat membuka pintu darurat pesawat, saksi mata mengatakan, penumpang perempuan yang tak diketahui identitasnya itu mengaku bahwa dirinya "kepanasan" dan "perlu menenangkan diri." 

Kejadian tersebut membuat sang penumpang telah dilarang terbang dari semua penerbangan Ukraine International Airlines di masa depan. Menurut pernyataan maskapai penerbangan, keamanan bandara, polisi, dan dokter, penumpang tersebut "tak dalam pengaruh alkohol dan atau obat-obatan" saat melakukan aksi nekatnya.

8. Toilet mampet

Baru mengudara sekitar 20 menit, sebuah penerbangan Norwegian Airlines dari Oslo, Norwegia, menuju Munich, Jerman, harus dibatalkan. Penyebabnya karena toilet mampet. Yang lucu sekaligus ironi, di dalam pesawat tersebut, ada 84 tukang ledeng dan pipa dari perusahaan Rorkjop yang sedang liburan. Namun, mereka tak bisa berkutik.

Menurut pihak Norwegian Airlines, seperti dilansir dari Dagbladet, masalah toilet memang harus diperbaiki dari luar pesawat sehingga pesawat harus dalam keadaan berhenti di darat.

8. Ribut karena ponsel

Pada Desember 2012, pesawat Jestar 3K161 terpaksa kembali ke Bandara Changi Singapura karena tiga penumpang adu mulut gara-gara permasalahan ponsel. Saat keributan terjadi, pesawat tujuan Darwin, Australia, itu sudah meluncur ke landasan pacu dan siap lepas landas.

Meski pesawat sudah berjalan, ada seorang penumpang yang masih mengaktifkan ponselnya. Ia pun ditegur oleh penumpang lain hingga mereka akhirnya adu mulut. Situasi semakin memanas setelah seorang penumpang mendengar ada teriakan "bom."

Pilot memutuskan kembali ke pintu keberangkatan dan memanggil polisi. Akibat penundaan penerbangan, pihak Jetstar menanggung makan seluruh penumpang.

4 dari 5 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: