Sukses

Konsumsi 5 Biji-bijian Ini Jika Anda Ingin Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya sayur, buah, maupun kacang-kacangan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Anda juga bisa memasukkan ragam biji-bijian sehat dalam menu makanan demi menjaga bobot tubuh ideal.

Kendati berukuran kecil, melansir laman Times of India, Kamis, 17 Desember 2020, biji-bijian sehat ini kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin, serat, zat besi, dan omega-3. Konsumsinya juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain, seperti susu rendah lemak maupun yogurt.

Anda tinggal memilih mana yang secara rasa maupun tekstur paling disukai. Bisa juga dengan mengonsumsinya secara bergantian supaya rutinitas makan tetap menyenangkan. Dari sekian banyak, berikut beberapa rekomendasinya.

1. Flax Seed

Flax seeds atau biji rami punya kandungan serat, protein, dan sangat rendah kalori. Biji-bijian ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang sangat baik, mungkin yang terkaya. Asam lemak ini juga disebut asam alfa-linolenat.

Manfaat konsumsi biji rami termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengatur kadar insulin dalam tubuh, meningkatkan thermogenesis uintuk membantu membakar lemak, dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Biji-bijian ini mempromosikan fungsi usus yang sehat dan dapat menurunkan kadar kolesterol. Biji rami bisa jadi pelengkap salad maupun sup. Bisa juga ditambahkan sebagai hiasan pada buttermilk atau makanan penutup.

2 dari 6 halaman

2. Pumpkin Seed

Pumpkin seed alias biji labu adalah sumber zinc yang sangat baik. Zinc diketahui memicu dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini juga dapat membantu Anda meningkatkan dan membangun otot.

Biji labu juga dikenal efektif dalam mengatur kadar gula darah. Alhasil, Anda dapat menghindari masalah, seperti kembung, sembelit, menjaga kesehatan pencernaan, serta menetralkan keasaman. Mereka bisa dimakan dengan cara dipanggang atau bisa ditambahkan ke camilan sehat Anda.

3 dari 6 halaman

3. Quinoa Seed

Biji quinoa sarat kandungan asam lemak omega-3, protein, kalium, magnesium, zinc, zat besi, bebas gluten, dan sangat rendah kalori, serta lemak. Mereka memberi rasa kenyang yang baik dan merupakan cara sangat sehat untuk menurunkan berat badan.

4. Chia Seed

Jadi biji terkecil tak membuat kandungan chia seed kalah dari biji-bijian lain. Mereka adalah gudang zat besi, magnesium, asam lemak omega 3, dan kalium, selain mengandung banyak zat gizi mikro lain.

Biji-bijian ini sarat serat makanan dan dapat membantu tubuh Anda menyerap air. Mereka juga sangat membantu dalam meningkatkan energi. Mereka bisa didapat setelah direndam dalam air semalaman atau selama beberapa jam.

Hiasi dalam makanan penutup atau buat roti oles dan menggabungkannya dengan buah-buahan. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam susu bersama dengan biji-bijian dan kacang-kacangan lain.

4 dari 6 halaman

5. Sesame Seed

Sesame seed atau biji wijen diketahui memiliki lima nutrisi utama, yakni zinc, magnesium, kalsium, serat, dan vitamin E. Biji wijen juga kaya akan mineral.

Mereka memiliki rasa yang sangat kaya dan dapat ditambahkan ke hidangan apa pun untuk menyempurnakan rasa. Taburkan sedikit biji hitam di atas nasi, mi, sereal, atau hidangan lain. Anda tentu juga bisa menambahkannya ke smoothie buah.

5 dari 6 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: