Sukses

4 Biji-Bijian Super untuk Melawan Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Biji-bijian tidak hanya menjadi topping lezat untuk makanan, namun juga memiliki manfaat bagi kulit terutama untuk membantu melawan jerawat, yang umumnya diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon dan pencernaan. Biji merupakan makanan super untuk menyeimbangkan hormon dan pencernaan kita.

Nutrisi bermanfaat dalam biji yaitu serat, asam lemak esensial, dan antioksidan. Berikut uraiannya berdasarkan pendapat Joslynn Bay bersama Sisley Killam yang merupakan praktisi nutrisi di The Pure Life, dilansir dari Welldaily.

Serat

Serat adalah nutrisi utama untuk kulit yang bersih. Serat membantu mengatur pergerakan usus dan mendorong jalur detoksifikasi yang sehat.

Serat juga berperan penting dalam keseimbangan hormon, membantu menghilangkan kelebihan estrogen dari tubuh kita.

Estrogen berlebih diekskresikan dengan gerakan usus kita. Jika Anda mengalami konstipasi, kelebihan estrogen tidak dapat dihilangkan dengan baik dan justru dapat diserap kembali oleh saluran pencernaan.

Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Asam Lemak Esensial

Biji-bijian adalah sumber asam lemak Omega-3 yang bagus, yang merupakan asam lemak esensial dengan manfaat anti-inflamasi.

Konsumsi asam lemak omega-3 secara teratur dapat mengurangi efek jerawat dan mendukung produksi hormon yang sehat.

Antioksidan

Antioksidan yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti Vitamin E dan Karotenoid membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Faktanya, radikal bebas ini dihasilkan dari sinar UV dan racun lingkungan.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dapat membantu meregenerasi kulit dan mengurangi efek jerawat dan jaringan parut.

 

2 dari 3 halaman

Adapun biji-bijian yang direkomendasikan adalah:

- Biji rami, mengandung fitoestrogen, yang disebut lignan. Lignan mendorong keseimbangan yang sehat antara estrogen dan progesteron, dua hormon seks utama yang mengendalikan siklus menstruasi dan kesehatan kulit kita.

- Biji chia, tinggi serat. Karenanya, mereka membantu mengatur pergerakan usus dan menghilangkan racun. Asam lemak esensial omega-3 yang ditemukan di chia dapat membantu menenangkan kulit.

- Biji labu, kaya vitamin E dan seng. Oleh karena itu, ini membuatnya bagus untuk mencegah berjerawat dan melindungi kulit.

- Biji Rami, mengandung semua 9 asam amino esensial. Hasilnya, rami adalah sumber protein nabati yang bagus, yang membantu mendukung struktur kulit yang sehat. Mereka juga kaya akan antioksidan.

Secara keseluruhan, biji-bijian adalah makanan super luar biasa yang dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam rutinitas harian Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas itu penting. Oleh karena itu, cobalah membeli benih yang organik dan mentah, jika memungkinkan. Meskipun tidak perlu, tapi sebaiknya Anda menyimpan benih di lemari es agar setiap pemakaian dalam keadaan segar selalu.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: