Sukses

Konten-Konten Teratas TikTok Selama 2020, dari Komedi hingga Edukasi

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas TikTok telah berhasil memikat banyak pengguna media sosial, terkhusus di Indonesia. Menjelang pergantian tahun, aplikasi video singkat ini telah merangkum lima kategori konten teratas yang paling diminati di TikTok sepanjang 2020.

"Top five content TikTok, ada comedy, education, fashion and beauty, talent, dan food. Kalau over all rata-rata urutannya seperti itu," kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Angga mengungkapkan, di Indonesia rata-rata pengguna telah menonton lebih dari 100 video dan membuka TikTok lima kali sehari. Jika merujuk soal angka, TikTok Indonesia per bulannya telah bisa mendulang lebih dari 10 miliar views.

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19, ada banyak perubahan yang terjadi di tatanan kehidupan, namun yang tidak berubah adalah kreativitas di TikTok. Kreativitas ditambah kemudaha mendorong kreator baru.

"Komunitas, pemilik bisnis, atau pelaku industri lainnya untuk menggunakan TikTok dan mengamplifikasinya di kebutuhan mereka. Akhirnya ini pun menambah keanekaragaman di TikTok juga," lanjutnya.

Angga juga menjabarkan, bahwa komedi masih mendominasi konten TikTok di 2020. Namun, ada banyak sub-kategori komedi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

2 dari 4 halaman

Edukasi hingga Talent

"Sekarang mulai banyak terkombinasi juga sama viral content akhirnya viral content berbalut berkontribusi ke komedi ini. Elemen suara akhirnya menambah kaya konten-konten komedi," kata Angga.

Berlanjut dengan konten education, seperti konten yang disuguhkan vocal coach Indra Aziz. "Lebih banyak contoh education seperti sama-sama belajar hashtag-nya yang sudah ditonton lebih dari 40 miliar views. Setiap bulannya tetap ada untuk menjaga konsistensi di kategori ini," tambahnya.

Ada pula konten fashion and beauty seperti viral challenge transition yang telah sering dilihat di 2020. Selain itu, TikTok juga berkolaborasi dengan pekan mode bergengsi Jakarta Fashion Week yang menjadi katalis perkembangan 2020 di TikTok.

"Lalu ada talent yang mencakup music dan dancing. Terakhir food, sempat populer banget dan tadinya di luar lima besar dan sekarang benar-benar masuk untuk food," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: