Sukses

Potret Ignasius Jonan Memanen Sayuran Hidroponik di Rumah

2 dari 5 halaman

Menikmati Hobi

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Ignasius Jonan sejak beberapa waktu lalu terlihat asyik menyalurkan hobi mengurus tanaman hidroponik di rumah. Ia pun tak jarang membagikan momen itu lewat akun Instagram pribadi.

Salah satu potret teranyar yang diunggah Ignasius Jonan adalah ketika momen panen sayuran hidroponik. Pria berusia 57 tahun ini terlihat santai berdiri tepat di sebelah hijaunya deretan sayuran yang siap dipanen.

"Pagi ini saya memanen #sawihidroponik yang berumur sekitar 25 hari sejak disemai dan #bayamhidroponik yang berumur sekitar 20 hari sejak disemai," tulis Jonan dalam kolom keterangan unggahan pada 29 November 2020.

Selain sawi dan bayam, Jonan berharap selada hidroponiknya yang berumur sekitar 18 hari dapat dipanen seminggu ke depan. Ia menyampaikan bercocok tanam hidroponik ini sebagai hobi yang menyenangkan.

"Hobi yang terjangkau dan menggembirakan, serta bermanfaat untuk keluarga dan #lingkungansehat," tambahnya.

Sebelumnya, Jonan juga sempat memanen sayuran organik, termasuk selada, sawi, dan sedikit bayam yang dibagikannya dalam unggahan pada 26 Oktober lalu. "Lumayanlah bagi seorang amatir yang sekadar menyalurkan hobi di masa pandemi," jelas Ignasius Jonan.

 

3 dari 5 halaman

Hikmah Pandemi Corona Covid-19

Ada sederet potret keseruan Ignasius Jonan tengah bercocok tanam hingga memanen sayuran hidroponik yang begitu dinikmatinya. Hobi ini dibagikannya sejak akhir Maret lalu.

Kala itu pandemi corona Covid-19 baru saja melanda Indonesia yang membuat masyarakat diimbau untuk di rumah saja. Momen ini pula yang dimanfaatkan Jonan untuk menyalurkan hobi bercocok tanam hidroponik.

"Ah tidak terasa sudah hampir sebulan sejak panenan hidroponik yang lalu, minggu depan saya akan mulai panen kangkung dan dua minggu lagi akan panen sawi dan bayam. Senang juga work from home yang sudah berlangsung lebih dari sebulan ini sambil menunggu mengurus sayuran hidroponik di rumah," tulisnya pada unggahan 16 April lalu.

4 dari 5 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: