Sukses

Jadi Langganan Banjir, Kampung di Kota Tangerang ini Justru Penghasil Sayuran Organik

Liputan6.com, Jakarta Kampung langganan banjir di Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, disulap menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari atau KRPL. Kawasan tersebut menjadi lestari dan rajin panen sayur mayur yang diolah secara organik.

"Dulunya jadi lokasi yang langganan banjir, sekarang sudah jadi lokasi yang lebih asri, indah bahkan bisa menghasilkan," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, dalam kunjungannya di Perumahan Pondok Arum RT. 06 RW. 03 Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, Kamis (24/10/2019).

Bukan hanya berkunjung, warga pun berkesempatan merasakan panen raya bersama wali kota. Memetik langsung, kemudian langsung diolah oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Anthrium.

Selain bercocok tanam, warga juga mengolah hasil panen menjadi makanan siap saji, dan kudapan yang dapat dijual kembali. 

Arief menambahkan salah satu hal yang menjadi nilai positif dari KWT Anthurium, dimana selain bercocok tanam, warga juga mampu mengolah hasil panen menjadi makanan siap saji dan kudapan yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

"Habis dipanen, diolah, kemudian dijual. Kita juga bisa liat tuh proses masaknya di dapur, selain fresh udah pasti sehat karena tidak pakai pengawet," ujar Arief.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: