Sukses

Sosok Gembala Sapi dan Anak Petani yang Sukses Jadi Miss Vietnam 2020

Liputan6.com, Jakarta -  Ajang Miss World 2020 yang rencananya akan digelar akhir tahun ini kemungkinan akan diundur karena pandemi corona Covid-19. Meski begitu, sejumlah negara sudah siap mengirimkan wakil mereka, salah satunya Vietnam.

Pihaknya sudah menggelar ajang pemilihan Miss Vietnam 2020 pada 21 November 2020. Dari ajang kontes kecantikan tersebut, kontestan bernama Do Thi Ha terpilih sebagai pemenang sekaligus wakil resmi Vietnam di ajang Miss World 2020.

Dilansir dari laman Xinhua, Jumat (27/11/2020), wanita 19 tahun itu berhasil meraih posisi pertama dan mengalahkan dua finalis lain, yaitu Pham Ngoc Phuong Anh dan Le Ngoc Thao. Tak hanya karena wajahnya yang rupawan, Thi Ha juga berhasil memenangkan kontes kecantikan itu karena kepintarannya.

Cerita kehidupannya juga menarik dan inspiratif. Thi Ha, perempuan asal kota Thanh Hoa, Vietnam, datang dari latar belakang keluarga yang sangat sederhana. Meski begitu, mahasiswi tahun kedua di National Economics University yang bekerja di bidang fesyen ini punya tekad kuat untuk meraih cita-cita dan mimpinya.

Ia mengaku ingin jadi anak baik dan kebanggaan orangtuanya. Hal ini sepertinya sudah terwujud, karena kabar kemenangan di ajang Miss Vietnam 2020 membuat pihak keluarga sangat bangga terhadap Thi Ha.

Dalam sebuah sesi wawancara, sang ayah yang seorang petani menyebut Thi Ha sebagai anak yang baik dan berprestasi sejak kecil. "Saya tak peduli seberapa baik atau tinggi pendidikannya, tapi yang terpenting adalah moralitas. Saya selalu menekankan hal itu pada anak-anak saya," ucapnya.

Sebelum berkiprah di bidang fesyen, Do Thi Ha sudah melakoni banyak profesi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ia pernah bekerja sebagai penggembala anak-anak sapi, kurir, hingga pelayan. Semua itu dijalani anak seorang petani ini dengan semangat dan antusias.

2 dari 4 halaman

Ingin Jadi Panutan

Ada satu fakta lain tentang kiprah Do Thi Ha di ajang Miss Vietnam 2020. Menurut laporan Nextshark, Thi Ha ternyata menggunakan uang tabungan dari hasil pekerjaannya untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut. 

Pengorbanannya tak sia-sia karena berhasil menang dan berhak mendapat hadiah sebesar 350 juta dong Vietnam atau sekitar Rp210 juta. Saat kontes Miss Vietnam 2020, Thi Ha pernah ditanya mengenai hal apa yang ingin ia lakukan ketika memenangkan Miss Vietnam 2020.

Ia pun menjawab dengan singkat, yaitu ingin jadi panutan untuk gadis-gadis muda.

"Saya pikir apakah saya akan jadi panutan untuk orang-orang muda atau tidak, saya harus selalu menginspirasi orang-orang muda. Saya akan melakukannya," tutur Do Thi Ha.

Sepanjang perjalanannya sebagai kontestan Miss Vietnam 2020, orangtua dan masyarakat di kampung halaman Thi Ha dikabarkan sangat mendukung kiprah dan antusias dengan kemenangannya. 

3 dari 4 halaman

Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: