Sukses

Eksklusif, Masker Berbahan Tenun Tanimbar Dihargai Ratusan Ribu Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Inovasi dan eksplorasi kembali dihadirkan Svarna by IKAT Indonesia dengan memperkenalkan koleksi dari tenun Tanimbar yang mengusung tajuk Romansa Tanimbar. Karya ini tak lepas dari kolaborasi dengan komunitas penenun di Tanimbar, Maluku Tenggara.

"Romansa Tanimbar, bentuk sebuah cinta dari penuh keromantisan di antara keberagaman banyak sekali cinta yang ada asal kita mau melihatnya," kata Didiet Maulana, Creative Director IKAT Indonesia dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/11/2020).

Sinergi apik ini turut melahirkan karya terbaik dari penenun Tanimbar yang dikemas dalam desain yang mengikuti zaman. Koleksi ke-12 busana ini terinspirasi pula dari sosok perempuan tangguh dan pesan itu pula yang disematkan lewat siluet kuat juga anggun.

 

"Melalui karya seni kami mengharapkan tidak hanya membantu para mama perajin tapi juga mengingatkan Indonesia dengan adanya keberagaman, kita harus saling bertoleransi dan mengerti satu sama lain," tambahnya.

Selain eksplorasi visual dan busana, koleksi ini juga menghadirkan suguhan teranyar, yakni masker premium yang diluncurkan, Kamis (26/11/2020). Masker tersebut dihiasi aplikasi bordir tangan bermotif geometris khas Tanimbar.

Koleksi masker ini dirilis dengan jumlah terbatas. Ada pula beberapa pilihan motif, yakni Gelfara mask, Latuihamallo mask, Kaihulu mask, Akerina mask dan Laberi mask.

"Keragaman motif tenun Tanimbar dengan makna filosofinya yang mendalam sangat berkaitan erat dengan adat istiadat, kebudayaan, kepercayaan, flora dan fauna di lingkungan masyarakat setempat," kata Zahra selaku tim desain IKAT Indonesia.

 
2 dari 4 halaman

Di Balik Motif dan Warna

Zahra melanjutkan, ada motif seperti anak panah yang merefleksikan masyarakat Tanimbar yang selalu memiliki kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi setiap tantangan. Ada pula sentuhan motif berbentuk garis panjang menyerupai ulat-ulat kecil yang berbaris mengandung filosofi kecintaan masyarakat Tanimbar pada lingkungan.

"Apresiasi mereka terhadap metamorfosa ulat sebagai bagian dari proses alam. Kekayaan alam Indonesia juga ditunjukkan melalui warna-warna yang hangat dan sejuk yang kita hadirkan dalam koleksi desain masker ini," tambahnya.

Terdapat sentuhan merah dan putih melambangkan warna Indonesia, merah berarti keberanian dan putih berarti suci. Warna ini juga bisa menunjukkan sisi para perempuan Tanimbar yang berani tapi memiliki sisi kelembutan.

"Warna biru melambangkan potensi sumber daya laut yang luas dan indah. Aksen warna cokelat dan hitam yang identik dengan unsur alam merepresentasikan kesuburan tanah Indonesia," kata Zahra.

Kelima masker premium ini bisa didapatkan di situs web resmi IKAT Indonesia. Masing-masing masker dibanderol dengan harga Rp749 ribu.

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: