Sukses

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui soal Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah umumnya teridentifikasi dari kondisi bibir yang kering dengaan permukaan kasar.

Liputan6.com, Jakarta - Bibir pecah-pecah jadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada setiap orang. Kondisi tersebut biasanya membuat tak nyaman, apalagi ketika bersama orang-orang tercinta.

Terkait hal itu, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Di sisi lain, ketika mengalaminya, Anda juga harus tahu bagaimana cara menangani situasi ini.

Lantas, apa saja yang perlu Anda ketahui soal bibir pecah-pecah? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu, 15 November 2020.

1. Apa itu bibir pecah-pecah?

Bagi yang belum tahu, kondisi ini adalah istilah non-medis yang menggambarkan bibir kering dan pecah-pecah. Hal tersebut juga bisa termasuk scaling, kemerahan, bengkak, gatal, terbakar, dan perih.

2. Penyebab

Cuaca dingin dan kering adalah salah satu penyebab paling umum bibir pecah-pecah. Penyebab lainnya termasuk paparan sinar matahari berlebihan, dermatitis alergi, serta penyakit metabolik seperti ketidakseimbangan tiroid atau bahkan kekurangan vitamin B kompleks.

Iritasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Hal itu dapat jadi karena kebiasaan seperti menjilat bibir, mencabut lapisan kulit, atau menggigit bibir. Bisa juga karena reaksi alergi yang disebabkan kosmetik bibir atau makanan seperti mangga hingga kayu manis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cara Mencegah

Menjaga kelembapan merupakan salah satu cara mencegah bibir pecah-pecah dan kering. Anda dapat melembapkan bibir dengan emolien bebas pewangi. Perlu juga memiliki pelembap bibir dan gunakan secara berkala sepanjang hari.

Anda juga disarankan menggunakan sun-protection saat pergi ke luar ruangan. Lalu, aplikasikan kembali setiap beberapa jam. Terakhir, tetap terhidrasi dengan minum banyak air.

4. Kesalahan saat menghadapi bibir pecah-pecah

Ada beberapa bahan yang harus Anda hindari saat menyembuhkan dan mencegah bibir pecah-pecah. Beberapa di antaranya adalah kayu putih, lanolin, asam salisilat, dan tambahan perasa, juga wewangian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.