Sukses

Manfaat 5 Rempah Asli Indonesia yang Wajib Diketahui

Indonesia memiliki beragam rempah yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut lima manfaat rempah asli Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia salah satu negara yang memiliki beragam jenis rempah. Melihat betapa kayanya Indonesia akan rempah sejuta manfaat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia siap menghadirkan program Jalur Rempah.

Program tersebut dibuat untuk merekonstruksi perdagangan rempah yang telah berlangsung sejak berabad-abad silam. Selain itu, dengan adanya program Jalur Rempah ini diharapkan dapat menjadi platform untuk menumbuhkan kebanggaan akan jati diri daerah di Indonesia, dan memperkuat jejaring interaksi budaya antardaerah, pulau dan bangsa.

Program ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya Jalur Rempah untuk pembangunan berkelanjutan. Setidaknya ada 20 titik awal rekonstruksi Jalur Rempah yang tersebar dari Raja Ampat hingga Pesisir Selatan (Mandeh).

Jalur Rempah rencananya akan diajukan kepada UNESCO agar bisa menjadi warisan dunia.  Dengan mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia, maka dapat memperkuat diplomasi Indonesia, sekaligus meneguhkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Di luar program tersebut, hal yang paling dirasakan adalah rempah memiliki khasiat kesehatan, salah satunya satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut lima rempah asli Indonesia yang dapat dijadikan bahan untuk wedang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lima Rempah

Budaya minum wedang rempah bisa menjadi bukti jika Indonesia sangat kaya rempah. Wedang jahe salah satu yang sangat populer. Minuman ini dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh bagi mereka yang mengonsumsinya secara rutin.

Kayu Manis

Rempah ini manis mengandung astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah, sehingga membuat wajah lebih halus. Selain itu sifat antiseptiknya juga dapat menangkal jerawat. Saat diseduh wedang kayu manis juga dapat memperlancar aliran darah pada permukaan kulit, sekaligus membantu kulit untuk bernapas. Biasanya wedang kayu manis dibuat dengan menambahkan beberapa rempah lain, seperti jahe, gula batu, serai maupun sesuai selera.

3 dari 4 halaman

Cengkih

Wedang cengkih bisa dibuat dengan merebus cengkeh, jahe, dan gula pasir.  Cengkih sendiri mengandung eugenol yang dapat menangkal jerawat pada wajah. Zat tersebut juga dapat berperan sebagai pelembap, sehingga dapat membantu kulit wajah menjadi terhidrasi dengan baik. 

Pala

Pala bukan saja dikenal sebagai salah satu ikon rempah Indonesia, tetapi juga kaya manfaat. Salah satunya dapat menjaga kesehatan kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat hingga noda hitam akibat sengatan matahari. Wedang pala dapat dibuat dari manisan pala basah dan bunga pala. Cukup rebus dengan gula pasir sesuai selera, lalu sajikan. Wedang pala cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin, karena menghangatkan.

4 dari 4 halaman

Kapulaga

Kapulaga juga sering dijadikan campuran wedang rempah. Biasanya, wedang kapulaga dicampur dengan beberapa rempah lain, seperti cengkih, jahe, kayu manis hingga secang, agar rasanya lebih mantap dan manfaatnya lebih maksimal bagi kesehatan. Aromanya begitu khas dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, karena memilki kandungan anti-bakteri dan antioksidan. Kandungan vitamin C dalam kapulaga juga dapat melancarkan peredarah darah ke seluruh tubuh, sehingga bagus untuk kesehatan kulit. 

Serai

Rempah lain yang juga bisa dijadikan bahan wedang jahe adalah serai. Wedang serai dapat dibuat dari seduhan jahe merah dan batang serai, yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk nipis atau lemon Serai dipercaya mampu menghilangkan noda hitam, menutup pori-pori, hingga menjaga keseimbangan kadar minyak pada wajah. Kandungan vitamin A dan C pada serai juga mampu menghidrasi kulit, serta membuat kulit lebih cerah. (adv).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.